Perhatikan ! Cara Dan Tips Memperbaiki Lantai Kayu Indoor Yang Rusak

memperbaiki lantai kayu

Cara memperbaiki lantai kayu — Seperti diketahui, lantai kayu mungkin tidak lepas dari nilai keindahan dan rasa nyaman saat anda menggunakannya. Didukung dari tampilan warna yang natural dan kualitas yang tinggi, serta berasal dari kayu-kayu pilihan.

Menggunakan lantai kayu pada hunian anda, tentu memiliki banyak keuntungan yang bisa anda dapati, mulai dari tampilan rumah yang mempunyai keunikan tersendiri dan rasa nyaman ketikan menggunakannya.

Namun bagaimana jika lantai kayu pada hunian anda mengalami kerusakan ?. Ya hal tersebut pastinya membuat anda risih atau pun di buat repot.

Sama hal-nya seperti jenis lantai yang lain, bahwa lantai kayu pun dapat mengalami kerusakan dan perlu di garis bawahi, kerusakan pada lantai kayu biasanya di sebabkan oleh beberapa faktor. Untuk lebih jelasnya lagi, simak penjelasan di bawah ini.

Alasan Mengapa Lantai Kayu Mengalami Kerusakan

kerusakan pada lantai kayu

Prihal mengapa lantai kayu mengalami kerusakan ?. Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan lantai kayu mengalami kerusakan, diantaranya yaitu :

  • Kurangnya perawatan.
  • Kerusakan diakibatkan benda-benda, yang menyebabkan goresan.
  • Paparan sinar matahari yang terus menerus, sehingga warna pada permukaan lantai menjadi kusam.
  • Tumbuhnya jamur, di akibatkan seringnya terkena air.

Akan tetapi meskipun sumber kerusakannya diakibatkan dari beberapa faktor seperti penjelasan di atas. Tentunya hal tersebut, ada solusi untuk memperbaiki kerusakan pada lantai kayu pada hunian anda.

Sebelum melangkah lebih jauh, perlu dibedakan terlebih dahulu dalam memperbaiki lantai kayu, sebab lantai kayu memiliki 2 tipe produk yang beda secara penempatannya, yaitu Indoor dan outdoor.

Untuk memperbaiki lantai kayu indoor, sebenarnya bisa dikatakan gampang-gampang susah, sebab kita perlu mengetahui penyebab dan kerusakan seperti apa. Agar lebih jelasnya simak pada penjelasan di bawah ini.

Cara Memperbaiki Lantai Kayu Indoor Yang Rusak

Pada saat anda membeli lantai kayu terutama di Toko Lantai Kayu Surabaya, tentu akan ada pertanyaan oleh team marketing kami contohnya seperti, "penempatan area manakah yang akan diaplikasikan ?". Hal itulah yang nantinya produk lantai kayu indoor atau lantai kayu outdoor yang akan dipergunakan.

Dari kedua produk tersebut dalam pembuatannya terdapat perbedaannya sehingga jika terjadi kerusakan pun untuk memperbaikinya mengalami sedikit perbedaan.


Untuk kesempatan kali ini kami akan menjelaskan, bagaimana cara memperbaiki lantai kayu indoor berdasarkan tipe produknya, berikut ulasannya.

Memperbaiki Kerusakan Pada Lantai kayu Solid

memperbaiki lantai kayu solid

Kerusakan yang terjadi pada lantai kayu solid hal pertama yang perlu diperhatikan terlebih dahulu yaitu dilihat seperti apa tingkat kerusakan yang dialaminya.

Salah satu contoh kerusakan, jika terjadi goresan pada permukaan lantai, maka cara memperbaikinya, seperti penjelasan dibawah ini.

Terjadinya Goresan Pada Lantai Kayu Solid

Kerusakan pada lantai kayu solid biasanya, akan muncul suatu goresan yang di akibatkan pada saat anda memindahkan barang atau menggeser barang tanpa memperhatikan lantai kayu, sehingga menyebabkan goresan pada permukaan lantai.

pengamplasan lantai kayu solid
Jika timbul goresan pada lantai kayu anda, maka langkah untuk memperbaikinya cukup dengan diamplas di bagian yang tergoresnay saja, setelah itu barulah di finishing ulang dengan menggunakan bahan finishing lantai. 

Untuk proses penghamplasan lantai kayu, perlu anda perhatikan penggunaan amplasnya, sebisa mungkin pergunakanlah amplas yang tidak terlalu kasar dan juga jangan menggosok terlalu menekan karena bisa menyebabkan lantai kayu menjadi cekung sehingga nantinya permukaan lantai menjadi tidak rata.

Setelah proses pengamplasan sekiranya selesai, barulah ke tahap finishing dengan cara mengoleskan cairan varnish, tujuannya agar warna pada permukaan menjadi kinclong bahkan terlihat seperti baru kembali. 

Memperbaiki Kerusakan Pada Lantai Kayu Laminate 

memperbaiki lantai laminate

Yang kedua yaitu kerusakan apa lantai kayu laminate, berbeda dengan lantai kayu solid. Untuk laminate dari segi bahan dasarnya terbuat dari serbuk berjenis HDF, yang dimana permukaannya hanya di lapisi plastik printing motif kayu yang di laminating.

Terjadinya Pelapukan Pada Lantai Kayu Laminate

Biasanya kasus yang sering ditemukan jika mengalami kerusakan yaitu terjadinya pelapukan pada lapisan HDF karena lantai laminate diaplikasikan di suhu yang terlalu lembab atau sering terkena air. 

Selain itu kerusakan mungkin terjadi karena mengelupasnya lapisan laminating yang disebabkan gesekan-gesekan benda.

Mengganti Lantai Kayu Laminate

Jika mengalami kerusakan seperti penjelasan tersebut, maka yang perlu anda harus lakukan yaitu mengganti dengan yang baru. Mengapa demikian ?.Karena sipat lantai laminate yang tidak menggunakan bahan kayu seutuhnya.

penggantian lantai kayu laminate
Sebelum anda membeli yang baru, cobalah memperhatikan apakah kerusakannya cukup fatal. Hal ini sangat di anjurkan karena anda tidak perlu menggantinya secara menyeluruh, anda hanya perlu mengganti pada bagian kerusakannya saja.

Saat ingin membeli lantai kayu laminated perhatikan juga ya, tipe kode yang anda pergunakan, sebab dalam membelinya anda perlu menyesuaikan kesamaan motif dan warna pada lantai kayu laminate yang telah terpasang di hunian anda sehingga kesamaan warna tampilan akan terjaga nilai keindahannya.


Seperti yang sudah dijelaskan, dalam hal memperbaiki lantai kayu bisa dikatakan mudah-mudah susah, maka untuk melakukan pembongkaran dan memasang lantai kayu laminated perlu berhati-hati dan perhitungan yang matang agar permukaan lantai laminated tidak mengalami kerusakan yang lebih fatal. 

Menjaga kondisi lantai dengan baik juga merupakan salah satu cara supaya tampilan hunian anda akan selalu terjaga nilai keindahannya dan yang terpenting membuat anda nyaman saat menggunakannya.

Bagaimana agar kerusakan tidak terjadi pada lantai kayu anda ?.....

Kerusakan pada lantai kayu, tentu ada penyebab mengapa hal itu bisa terjadi. Oleh sebab itu, anda dapat mengikut terus penjelasan dibawah ini mengenai tips agar terhindar dari kerusakan pada lantai kayu, simak ulasannya.

#Tips Agar Terhindar Dari Kerusakan Pada Lantai Kayu Indoor

tips menghindari kerusakan pada lantai kayu

1. Menjaga Kebersihan Lantai Kayu

Menjaga lantai kayu agar terhindar terjadinya kerusakan, hal pertama yang bisa anda lakukan dengan cara menjaga kebersihannya. Tujuannya untuk membersihkan debu-debu atau pun noda yang menempel pada permukaan lantai kayu agar tetap menjaga keindahannya

2. Memilih Barang-Barang Yang Sekiranya Tidak Menyebabkan Kerusakan

Perhatikan dalam penggunaan barang-barang yang ditempatkan pada permukaan lantai kayu
Biasanya dalam mempergunakan lantai kayu, kita akan terlupakan oleh penempatan barang-barang, mengapa demikian ?. karena terdapat barang-barang yang dapat menyebabkan kerusakan pada lantai kayu. 

Nah jika terjadi seperti itu, dapat merepotkan bagi anda. Oleh sebab itu bagi anda yang menggunakan lantai kayu perhatikan juga hal ini, agar terhindar dari kerusakan.


Itulah cara memperbaiki kerusakan pada lantai kayu dan tips agar menghindari dari kerusakan, dengan mengetahui hal tersebut, sehingga anda tidak perlu lagi dibuat kerepotan jika mengalami kerusakan pada lantai kayu.

Terlebih akan semakin nyaman di saat anda sedang menggunakannya, sebab anda telah mengetahui cara mengantisipasi sebelum terjadinya kerusakan pada lantai kayu.

Terimakasih telah mengikuti ulasan ini hingga selesai dan semoga bermanfaat untuk anda.