Mau Pakai Lantai Kayu Jati Atau Lantai Kayu Merbau ?. Ketahui Perbedaannya

lantai kayu

Perbedaan Lantai Kayu Jati Dan Lantai Kayu Merbau — Lantai kayu pada prinsipnya dipergunakan sebagai penutup lantai di suatau bangunan agar memiliki tampilan yang indah dan membuat nyaman bagi si penggunanya.

Bagi para pelaku bisnis properti atau juga menggunakannya secara pribadi sangat cocok menggunakan lantai kayu sebagai penutup lantainya sebab tampilan yang dihasilkan memberikan kesan keindahan tersendiri dan dapat mengikatkan harga jual bangunan dengan adanya nilai-nilai keunggulan pada lantai kayu.

Dengan meningkatnya penjualan akan kebutuhan penggunaan lantai kayu sehingga bagi sebagian orang ingin menggunakan jenis penutup lantai yang satu ini. Kualitas yang tinggi dengan dilengkapinya jenis-jenis kayu berkualitas baik seperti kayu jati dan kayu merbau.

Lantai kayu jati dan lantai kayu merbau merupakan produk yang best seller pasalnya dalam pengaplikasiannya dapat menyesuaikan setiap ruangan dan memiliki harga yang ramah. Oleh karena itu bagi sebagian orang memilih produk ini untuk dipergunakan pada bangunannya.

Bagi anda yang bingung ingin menggunakan produk lantai kayu jati atau lantai kayu merbau. Disini kami akan memberikan solusi dalam permasalahan tersebut, ikut terus penjelasan dibawah ini sebab terdapat rahasia dibalik kedua jenis lantai kayu tersebut.

Spesifikasi Yang Dimiliki Oleh Lantai Kayu Jati

lantai kayu

Lantai kayu jati salah satu produk yang cukup populer dikalangan masyarakat, produk ini merupakan lantai kayu yang menghasilkan tampilan terhadap bangunan menjadi lebih indah. 

Memang dalam semua produk lantai kayu rata-rata memiliki tampilan yang dapat membuat keindahan bagi bangunan, namun untuk lantai kayu jati terdapat hal yang membuat bagi sebagian orang ingin mempergunakannya. Lalu apakah itu apakah itu ?. Berikut ulasannya.

Motif Dan Warna Yang Dihasilkan Lantai Kayu Jati

lantai kayu

Lantai kayu jati mempunyai hasil tampilan yang dapat memanjakan mata, dalam kontek motif dan warna yang dihasilkan dari lantai kayu jati disesuaikan dengan tipe berdasarkan grade yang dimilikinya. contohnya seperti Grade A, Grade B, dan Grade C.

Pada permukaan lantai kayu jati terdapat corak tak seragam tampilan warna yang cerah terkesan mewah dan natural. Pada dasarnya rata-rata orang yang menyukai produk lantai kayu jati karena dalam penerapan dapat membuat tampilan bangunan manjadi lebih cerah yang dihasilkan dari warna lantainya.

Daya Tahan Yang Dimiliki Oleh Lantai Kayu Jati

Hal yang membuat orang kerap menggunakan lantai kayu karena sifatnya dapat dipergunakan jangka panjang, itu sebabnya lantai kayu menjadi pusat perhatian dalam belakangan ini untuk dijadikan penutup lantai disuatu bangunan.


Lantai kayu pada umumnya terlah bersertifikat SNI untuk dipergunakan, sehingga tidak diragukan lagi akan daya tahan yang dimilikinya.

Agar dapat dipergunakan jangka panjang dalam menggunakan lantai kayu, anda perlu menjaga perawatannya karena lantai kayu jati sensitif terhadap air oleh karena itu pastikan untuk menggunakan produk ini, hindari terkena air agar tidak terjadi pelapukan dan juga warna menjadi kusam.

Penempatan Yang Cocok Untuk Lantai Kayu Jati

lantai kayu
Dengan adanya beberapa jenis seperti parquet, flooring, dan mini flooring yang dalam pengaplikasianya direkomendasikan pada bagian indoor maka hal yang paling cocok dipergunakan oleh lantai kayu jati ialah  kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga dan juga dapat ditempatkan pada trap tangga.

Selain itu juga adapun kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh lantai kayu jati, seperti penjelasan dibawah ini.

Keunggulan Dari Lantai Kayu Jati :

  • Motif dan warna yang cukup beragam berdasarkan grade yang dimiliki lantai kayu jati.
  • Dapat diaplikasikan hampir semua bagian indoor pada suatu bangunan.
  • Terdapat jenis-jenis varian lantai kayu jati sehingga dapat disesuaikan selera yang anda miliki.
  • Mempunyai daya tahan terhadap rayap yang dihasilkan kandungan minyak dari kayu jati.

Kekurangan Dari Lantai Kayu Jati :

  • Terdapat corak yang tidak seragam sehingga dalam proses pemasangannya membutuhkan keteliatian khusus agar tampilan yang dihasilkan memiliki nilai seni dan sempurna.
Bagaimana pendapat anda mengenai lantai kayu jati ?. ingin langsung menggunakannya bukan dengan tampilan dan spefisikasi yang dimilikinya. Akan tetapi tenang dulu karena ketahui juga dibalik rahasia yang dimiliki oleh lantai kayu merbau. Berikut ulasannya.

Spesifikasi Yang Dimiliki Oleh Lantai Kayu Merbau

lantai kayu

Ingin memberikan tampilan berkesan elegan terhadap bangunan anda ?. maka jawabannya dapat anda temukan pada lantai kayu merbau. Lantai kayu merbau merupakan produk yang banyak diminati juga.

Perrmukaan lantai yang membuat suasan ruangan terasa hangat dan nyaman, inilah mengapa lantai kayu merbau cukup digemari. Namun dibalik itu semua terdapat spesifikasi lain dibalik keindahan dari lantai kayu merbau. Berikut penjelasannya.

Motif Dan Warna Yang Dihasilkan Lantai Kayu Merbau

lantai kayu

Lantai kayu merbau mempunyai corak yang hampir seragam pada bagian permukaan lantai, hal ini sangat menguntungkan saat proses pemasangannya sebab tidak perlu lagi memilah potongan lantai agar mempunyai keseragaman motif sehingga dalam proses pemasangan lantai kayu merbau memudahkan bagi tenaga pasangnya.

Daya Tahan Yang Dimiliki Oleh Lantai Kayu Merbau

Daya tahan yang dimiliki oleh lantai kayu merbau sangatlah baik dan cukup stabil dalam penerapannya, masih sekelas dengan lantai kayu jati. dalam penggunaan lantai kayu merbau dapat dipergunakan hingga puluhan tahun lamanya, asalkan untuk perawatan agar diperhatikan guna pemakaian jangka panjang.

Penempatan Yang Cocok Untuk Lantai Kayu Merbau

lantai kayu
Dalam konteks penempatan lantai kayu merbau dapat dipergunakan pada bagian indoor dan outdoor dengan memilih produk yang akan dipergunakan misalanya, jika anda menempatkan pada bagian indoor dapat mempergunakan produk parquet, flooring, lamparquet, dan flooring fjl. produk tersebut memang peruntukannya dipergunakan untuk area indoor.

Jika anda ingin menggunakan pada area outdoor pilihlah produk decking sebab hal ini sangat dianjurkan. Decking merbau merupakan lantai kayu dengan ukuran yang lkebih tebal dan memang peruntukannya pun dipergunakan pada area outdoor.


Namun bila anda ingin menggukana decking merbau untuk ditempatkan pada area tepi kolam renang atau pun penempatannya dekat dengan air kami tidak merekomendasikan pasalnya lantai kayu merbau bila terkena air dapat mengeluarkan cairan merah terlebih jika tercampur ke air kolam, dapat membuat keruh. 

Oleh sebab itu jika ingin menggunakn decking merbau dianjurkan untuk penempatannya pada area halaman, teras bagian luar, dan lain sebagainya. Berikut juga lantai kayu merbau memiliki nilai kelebihan dan kekurangannya seperti ulasan dibawah ini.

Keunggulan Dari Lantai Kayu Merbau :

  • Saat anda memijkan kaki pada permukaan lantai kayu merbau akan terasa empuk bahkan membuat nyaman saat melangkah kan kaki anda.
  • Tahan dari serangga seperti rayap sehingga anda tidak lagi kerepotan dalam hal menangani kasus yang bila menggunakan material kayu.
  • Dengan warna coklat kemerahan dan Corak motif yang seragam membuat tampilan lantai kayu merbau terkesan elegan.
  • Dapat dipergunakan hingga puluhan tahun lamanya.

Kekurangan Dari Lantai Kayu Merbau :

  • Memiliki pori-pori yang besar sehingga dalam proses pemasangan lantai kayu merbau membutuhkan bahan amplas yang cukup banyak.
  • Jika ditempatkan pada area dekat air lalu terkena air makan lantai kayu merbau dapat mengeluarkan carian ayng dapat merepotkan anda.
Itulah penjelasan mengenai perbedaan yang dimiliki oleh lantai kayu jati dan lantai kayu merbau. Menarik bukan dalam ulasan kali ini yang dapat mempermudah anda dalam menggunakan oalahan lantai kayu.

Apakah anda sudah menemukan produk lantai kayu yang akan dipergunakan  ?...

Bila anda sudah menemukan produk lantai kayu mana yang akan dipergunakan barulah anda terapkan pada hunian anda, sehingga tampilan yang dihasilkan pun dapat terlihat lebih indah dan anda pun akan terasa lebih nyaman saat mempergunakannya.
"Informasi Penting " Agar lantai kayu memiliki tampilan yang sesuai dengan bangunan anda dan dapat dipergunakan jangka panjang, konsultasi lah terlebih dahulu pada call center kami dengan Nomor 08122042004