Lantai Kayu Laminate, Tipe Dan Harga Yang Dimilikinya

harga lantai kayu laminate

Harga Lantai Kayu Laminate — Lantai kayu yang sudah kita ketahui memiliki tampilan yang indah dan memberikan kesan mewah terhadap bangunan. 

Akan tetapi perlu anda ketahui karena lantai kayu mempunyai beberapa produk yang berkualitas baik seperti parket solid, parket laminate dan parket engeered. 

Dari jenis parket tersebut yang dianggap memang berkualitas baik yaitu parket solid dan dari kualitas tersebut pastinya memiliki harga yang cukup tinggi.

Namun, bagi anda yang ingin mempergunakan lantai kayu dengan harga yang cukup terjangkau ada solusi pilihan lain, dengan menggunakan jenis lantai kayu laminate.

Lalu apa bedanya lantai kayu solid dan lantai kayu laminate ?...

Pada dasarnya lantai laminate dikategorikan kedalam tipe lantai kayu menengah, hal ini di karenakan bahan dasar dalam pembuatannya berbeda dengan lantai solid. 

Disisi lain jika dilihat dari cara proses pemasangannya untuk lantai laminate tergolong lebih mudah dibandingkan dengan lantai kayu solid, hal ini lah lantai laminate menjadi alternatif lain selain lantai kayu solid.
Lantai laminate dirancang dan bertujuan agar memudahkan dalam penggunaan lantai kayu yang memiliki harga bervariasi. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih dalam apa itu lantai laminate dan berapa harga yang dimilikinya, simak penjelasan dibawah ini.

Mengenal tentang lantai kayu laminate

laminate wood flooring

Lantai kayu laminate merupakan jenis lantai kayu yang menggunakan jenis bahan serbuk kayu HDF ( hight density fiberboard ). Akan tetapi perlu anda ketahui juga bahwa jenis serbuk kayu memilik macam-macam jenisnya juga seperti :

  • HDF ( hight density fiberboard )
  • MDF ( medium density fiberboard )
  • LDF ( low density fiberboard )
Dari jenis serbuk kayu diatas yang memiliki kualitas yang paling baik yaitu jenis hdf karena jenis tersebut memiliki daya tahan yang kuat dan lebih stabil untuk di jadikan lantai kayu laminate.

Lantai kayu laminate sendiri biasa dipergunakan pada area indoor sebab disesuaikan dengan peruntukannya karena jika sering terkena paparan sinar matahari jenis lantai laminate dapat melenting/memuai oleh karena itu bagi anda yang akan mempergunakan jenis ini perlu diperhatikan juga dari segi penempatannya.

Kelebihan yang dimiliki flooring laminate :

  • Memiliki tampilan yang indah dengan ragam jenis motif dan warna.
  • Mudah dalam proses pemasangannya.
  • Harga yang cukup terjangkau.

Kekurangan yang dimiliki flooring laminate :

  • Mudah kusam pada permukaannya.
  • Jika rusak akan susah untuk diperbaiki.
  • Memiliki daya tahan yang kurang baik.
Disamping itu juga lantai kayu laminate memiliki perbedaan sedikit dengan jenis lainnya dalam hal proses pemasangannya, untuk lebih lanjutnya simak ulasan yang saya berikan sebagai berikut.

Pemasangan lantai kayu laminate

laminate wood flooring

Dalam hal proses pemasangan lantai kayu laminate ini bisa dianggap cukup mudah karena sedikit berbeda dengan jenis lantai kayu solid.

Anda hanya memansangkan lantai laminate pada permukaan lantai bangunan dengan menaruh satu demi satu.
Baca Juga : Lantai Vinyl Efektif Dan Efisien

Disamping itu juga untuk penggunaan peralatan sendiri yang digunakan cukup sederhana yaitu dengan menggunakan palu, paku, benang, gergaji, meteran dan lain sebagainya.

Adapun tahap pemasangan lantai kayu laminate, yaitu :

Yang pertama pastikan lantai rata dan kokoh. Lantai dasar memiliki peranan sangat penting karena baik buruknya pemasangan lantai kayu laminated bergantung dari rata atau tidaknya lantai dasar.

Pengukuran luas lantai dan sesuaikan pembelian lantai kayu laminated dengan luas lantai yang akan digunakan.

Bersihkan lantai bangunan anda dari noda atau debu-debu yang menempel, gunanya agar saat proses pemasangannya dapat rata.

Memasang lembaran penghalang uap, yaitu bahan sejenis aluminium foil atau bahan plastik atau bisa juga dengan menggunakan under layer ( polyFoam ).

Dimulai dengan memasang lembaran kayu pertama sejajar pada dinding dan beri jarak antara lembaran kayu pertama dengan dinding untuk menyesuaikan lembaran kayu lainnya.

Pemasangan lembaran-lembaran laminate harus rapat. Caranya dengan mengunci tiap double click system.

Bagaimana caranya ?...

Caranya adalah anda bisa menekan-nekan dan memukul lembaran yang akan dihubungkan pada lembaran laminate yang sudah terpasang tersebut hingga kunciannya terhubung.

Bagian ini sangat penting karena menentukan kekuatan dan keawetan juga kerapihan dari lantai kayu laminate. Dengan begitu dapat memiliki tampilan yang indah dan juga dapat dipergunakan dengan nyaman.

Bagaimana perawatan lantai kayu laminate ?....

Dari segi perawatannya sendiri lantai kayu laminate hampir sama dengan jenis lantai kayu lainnya, yaitu dengan cara :
  • Hindari air agar tidak merusak lantai kayu tersebut, apabila terkena air sebisa mungkin langsung dikeringkan dengan menggunakan kain kering.
  • Jaga kebersihan dari debu-debu yang menempel. Untuk membersihkan dari debu, anda dapat mempergunakan sapu ataupun vacuum cleaner dengan daya rendah agar tidak merusak permukaan lantai.
  • Hindari paparan langsung sinar matahari agar tidak cepat memuai atau terjadinya pelapukan, oleh karena dalam hal penempatannya lantai kayu laminate perlu anda perhatikan juga.
  • Hidari benda-benda yang memiliki berat berlebih atau memilik benda tajam agar tidak merusak lantai kayu tersebut.
Untuk lebih jelasnya lagi. Baca selengkapnya mengenai : Tips Dan Cara Merawat Lantai Kayu

Itulah cara perawatan lantai kayu laminate, dengan memahami hal tersebut dapat mempermudah bagi anda untuk menggunakan lantai kayu tersebut terlebih dengan begitu dapat dipergunakan dalam kurung waktu yang cukup lama.

Daftar harga lantai kayu laminate

             Brand Produk                                  Ukuran                           Harga /m2        
Kendo0,8 cm x 19,6 cm x 120 cm
Rp. 240.000
Golden Crown8,3 mm x 195 mm x 1215 mm
Rp. 220.000

Harga tersebut cukup bervariasi bukan ?. Pastinya sudah terbayangkan mengenai tampilannya jika lantai kayu laminate ada pada bangunan rumah anda. Namun bagi anda yang ingin langsung menggunakannya, alangkah baiknya kita lihat lagi penjelasan yang satu ini lebih dalam, berikut ulasannya.

Lantai kayu laminate kendo

lantai kayu laminate

Jumlah Pcs /box : 8.

Untuk harga /box : Rp. 456.000.

Ukuran : 0,8 cm x 19,6 cm x 120 cm /pcs.

Tingkat Abrasion Class : AC- 4.

High Density Febreboard : Tipe coklat tua.

Double click sistem.

Lantai kayu laminate golden crown

lantai kayu laminate

Jumlah Pcs /box : 8.

Untuk harga /box : Rp. 418.000

Ukuran : 8,3 mm x 195 mm x 1215 mm / pcs.

1 box = 8 pcs = 1.8954 m2.

Tingkat Abrasion Class : AC- 4.

High Density Febreboard : Tipe coklat tua.

Double click sistem.

Dari kedua jenis brand tersebut masing-masing memiliki kualitas yang sama baiknya, hanya saja yang membedakan dari motif dan warna.

Dari brand tersebut juga memiliki kode tersendiri agar dapat mempermudah bagi anda dalam hal memilih dan mempergunakannya.

Apa itu AC ?...

AC atau Abrasion Class merupakan sistem peringkat lantai kayu laminate yang dinilai dan dikembangkan oleh organisasi persatuan lantai laminated di Eropa. semakin tinggi tingkat AC maka semakin bagus kualitas dari lantai laminated untuk dipergunakan.

AC-1 untuk kebutuhan rumah Pribadi dengan lalu lintas ringan.

AC-2 kebutuhan rumah Pribadi dengan lalu lintas pejalan kaki sedang.

AC-3 kebutuhan rumah lalu lintas pejalan kaki lumayan tinggi seperti di ruang tamu.

AC-4 Kebutuhan Komersial seperti kantor, kafe, dan area yang lumayan aktif.

AC-5 kebutuhan komersial dengan lalu lintas tinggi seperti restoran, sekolah, dan toko ritel.

AC-6 untuk area Publik seperti Terminal, station, dan supermarket.

Itulah penjelasan mengenai lantai kayu laminate dengan harga yang cukup terjangkau, dan tentunya bagi anda dapat menjadi solusi lain dalam hal mempergunakan lantai kayu pada bangunan rumah anda.

Jika ingin menggunakan lantai laminate dan bingun harus membeli dimana. Anda dapat menghubungi call center kami pada tautan dibawah ini. Disana anda dapat menemukan banyak pilihan lain dalam penggunaan lantai kayuu yang bisa anda pergunakan.

Lantai Kayu