4 Rekomendasi Desain Kisi-kisi Kayu Terbaik Untuk Hunian

 

Desain kisi kisi kayu

Desain kisi kisi kayu – Setiap pemilik rumah pastinya akan melakukan berbagai cara untuk meningkatkan kenyamanan maupun keindahan dalam huniannya.

Ada beragam jenis aksesoris yang bisa diaplikasikan untuk mewujudkan hunian yang bernilai tinggi. Ya, salah satunya berupa kisi-kisi kayu. Lantas, kisi-kisi kayu itu apa sih?

Pengertian Kisi-kisi Kayu

Pengertian Kisi-kisi Kayu

Pada dasarnya, kisi-kisi kayu adalah deretan bilah kayu yang ditata dalam pola horizontal maupun bentuk geometris lainnya. Mengenai fungsinya, kisi-kisi kayu ini biasanya digunakan sebagai penghalang sinar matahari secara langsung.

Selain itu, penggunaan kisi-kisi kayu juga berperan sebagai pengatur sirkulasi udara di dalam sebuah ruangan. Dengan menggunakan kisi-kisi kayu, secara otomatis tampilan interior maupun eksterior rumah menjadi lebih berestetika.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena kisi-kisi kayu tampil dengan motif-motif garis yang dapat menciptakan nilai estetik.

Berbagai Desain Kisi-kisi Kayu Terbaik

1. Kisi-kisi Kayu yang Dijadikan Secondary Skin

Kisi-kisi Kayu yang Dijadikan Secondary Skin
foto@IDEA-Grid.ID

Apa yang dimaksud dengan Secondary Skin? Perlu diketahui, Secondary Skin ini merupakan salah satu bagian paling luar dari fasad rumah yang biasanya tidak langsung menempel pada dinding eksterior rumah.

Selain memperindah tampilan rumah, keberadaan Secondary Skin ini juga berguna untuk melindungi rumah dari paparan sinar matahari secara langsung.

Baca juga: Berbagai Ide Desain Interior Kamar Cewek

2. Kisi-kisi Kayu yang Dijadikan Sekat

Kisi-kisi Kayu yang Dijadikan Sekat
foto@Suara.com

Bagi kalian yang menyukai sekat bebahan Kayu, tentu saja ide desain kisi-kisi yang satu ini wajib dicoba. Dengan adanya partisi berbentuk siku yang space-saving dan bergaya Japandi, tentunya akan ada transisi yang jelas antar ruang depan dengan ruang makan.

Tidak harus selalu dengan area yang besar, karena kamu pun bisa membingkai area tersebut lebih pas dengan kehadiran penataan Kisi-kisi Kayu yang unik. S

Bukan hanya itu, jangan lupa juga pada bagian Kisi-kisi Kayu terdapat beberapa lubang kotak yang dapat anda manfaatkan untuk meyimpan aksesoris pajangan.

3. Kisi-kisi Kayu Untuk Gazebo

Kisi-kisi Kayu Untuk Gazebo

Gazebo adalah bangunan outdoor yang biasanya menggunakan material kayu dan bambu. Selain itu, umumnya gazebo tampil dengan bentuk bundar atau heksagonal yang bagian lantai dan atapnya dibuat permanen.

Pada umumnya, keberadaan gazebo selalu ditempatkan di area halaman atau taman rumah untuk kegiatan bersantai bersama keluarga tercinta.

4. Kisi-kisi Kayu Untuk Atap Pergola

Kisi-kisi Kayu Untuk Atap Pergola

Tak berbeda dengan gazebo, pergola juga merupakan bangunan outdoor yang biasanya digunakan untuk menunjang kegiatan bersantai, seperti makan bersama keluarga, bercengkrama, dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, Kisi-kisi Kayu di area taman bisa dibuat dalam bentuk pergola dengan panel yang rapat pada salah satu sisi penyangga maupun sebagai atap yang teduh.

Pilihan Kayu Terbaik Untuk Kisi-kisi

1. kayu Merbau

kisi-kisi kayu Merbau

Kisi-kisi Kayu Merbau memiliki ciri khas, yakni mengusung warna merah kecokelatan yang berpadu dengan pola serat berbentuk lurus. Dengan menggunakan kisi-kisi Kayu Merbau tentunya dapat menghadirkan kesan yang lebih mewah, elegan, namun masih tetap natural.

Hebatnya lagi, bahkan kisi-kisi Kayu Merbau juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap maupun perubahan cuaca ekstrim. Adapun mengenai harga kisi-kisi kayu merbau yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 60 ribuan per meter untuk ukuran 3 x 6 x 100 cm, dan Rp 400 ribu untuk ukuran 3 x 6 x 400 cm.

Artikel Serupa: Harga Lantai Kayu Merbau Dengan Jenis-jenis yang Dimilikinya

2. Kayu Ulin

Kayu ulin tampil dengan tekstur yang agak kasar dan sangat keras. Saking kerasnya, bahkan kayu ulin kerap dijuluki dengan nama “kayu besi“ sehingga proses pemotongannya pun tergolong cukup sulit.

kisi-kisi kayu ulin

Itulah yang menjadi alasan kayu ulin sangat ideal dijadikan sebagai bahan baku untuk kisi-kisi. Adapun tingkat kekuatan kayu ulin yang termasuk kedalam kelas I, begitu juga dengan tingkat keawetannya yang juga masuk ke dalam kelas I.

Dengan teksturnya yang sekeras besi, secara otomatis kisi-kisi kayu ulin tidak akan mudah ditembus oleh rayap maupun hama serangga pemakan kayu lainnya. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kisi-kisi kayu ulin sudah terbukti tahan terhadap kelembapan dan perubahan cuaca ekstrim.

3. Kayu Jati

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kayu jati memiliki kualitas diatas rata-rata jenis kayu lainnya. Pada bagian terasnya, kayu jati ini tampil dengan warna emas gelap sedangkan bagian gubalnya mengusung warna krem atau bahkan putih kecoklatan.

kisi-kisi kayu jati

Pastinya penggunaan kisi-kisi kayu jati ini akan membuat tampilan interior maupun eksterior rumah kita menjadi lebih mewah, elegan, dan natural.Dinilai dari tingkat keawetannya, kayu jati termasuk kedalam kategori kelas I.

Lebih hebatnya lagi, kayu jati mempunyai kandungan minyak pelumas yang berperan sebagai pelindung dari serangan rayap. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika kayu jati tidak mudah ditembus oleh rayap, tidak mudah mengalami pelapukan, hingga tahan terhadap perubahan cuaca.

Baca juga: Lantai Kayu Jati Dengan Harga yang Cukup Terjangkau

Nah, seperti itulah ulasan singkat mengenai berbagai ide desain kisi-kisi kayu beserta jenis kayu terbaiknya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan saat hendak menggunakannya.