Mengenal Decking Sebagai Lantai Kayu Khusus Outdoor

Apakah itu decking kayu — Hampir setiap bangunan rumah memiliki tampilan yang berbeda-beda, dengan dilihatnya dari desain tema, barang-barang interior, bahan dasar material, dan lain sebagainya.

Pada umumnya bangunan rumah di Indonesia terdapat bahan yang menggunakan kayu contohnya seperti pada bagian atap, kusain, pintu, dan lain sebagainya.

Kayu memang sudah dianggap tidak asing bagi masyarakat Indonesia, tentunya dengan kekayaan sumber alam yang melimpah terutama pada hutan-hutannya dan dapat kita jumpai dimasing-masing daerah.

Berbicara soal kayu yang dipergunakan sebagai penambah interior rumah banyak cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan menggunakan lantai kayu sebagai penutup lantai bangunan dan penambah hiasan rumah agar terlihat lebih indah.

Mengenai lantai kayu biasanya yang kita ketahui di peruntukannya pada area indoor bukan ?. Mungkin terdapat opini bahwa kayu sendiri terdapat spefisikasi yang dianggap tidak mampu bertahan pada area luar di suatu bangunan, akan tetapi pernyataan tersebut dinilai salah sebab lantai kayu terdapat jenis lainnya dengan penggunaan bahan dasar kayu yang berbeda dan memiliki kemampuan bertahan pada area luar rumah atau outdoor.

Lalu jenis lantai kayu apakah itu ?

Yaitu dengan menggunakan jenis lantai kayu decking, dimana jenis ini memiliki daya tahan yang kuat dan dapat bertahan di lingkungan yang memiliki perubahan cuaca buruk. Memang decking kayu di buat dan didesai sedemikian rupa agar dapat ditempatkan pada area outdoor.

Decking kayu merupakan jenis lantai kayu solid yaitu dimana dalam proses pembuatannya menggunakan potongan langsung dari kayu-kayu keras tanpa ada bahan campuran lain, sehingga memiliki daya tahan yang setabil dan mampu beradaptasi pada lingkungan outdoor.

Untuk lebih jelasnya lagi apa itu yang dimaksud dengan decking kayu, mari kita simak penjelasan yang akan kami berikan satu ini, berikut penjelsanya.

Apa itu decking kayu

Mengenal Decking Sebagai Lantai Kayu Khusus Outdoor

Mungkin bagi sebagian orang ada yang masih belum mengenal apakah itu Decking Kayu.
Decking adalah salah satu olahan lantai kayu sebagai penutup lantai pada ruangan terbuka (Outdoor).

Berbeda dengan lantai kayu indoor seperti parket ataupun flooring, untuk decking sendiri memiliki ukuran yang lebih tebal dan juga terdapat fitur anti slip yaitu diaman pada permukaan decking kayu terdapat garis-garis lurus.

Apa itu anti slip ?

Anti slip merupakan fitur yang terdapat pada permukaan decking kayu yang berguna agar menjadi kesat atau mengurangi licin. Fitur ini terdapat nilai lebih yaitu dimana dalam penempatan terutama untuk area kolam renang dapat membuat aman bagi si penggunannya.

Dalam penggunaan decking kayu terutama pada saat proses pemasangannya dibutuhkan tenaga prosfesional karena membutuhkan perhitungan yang matang dan ketelitian dalam pemasangannya agar pada saat dipergunakan dapat membuat nyaman terlebih agar tampilannya lebih sempurna.

Teruntuk bagi anda yang ingin menggunakan decking kayu lalu bingung dalam permasalah pemasangannya. Tidak lagi perlu di hawatirkan sebab anda dapat menggunakan tenaga ahli pemasangan lantai kayu yang sudah bekerja profesional dan juga sudah cukup lama untuk pengalaman dalam menangani hal tersebut yaitu dari Prusahaan Lantai Kayu Surabaya, yang telah berdiri cukup lama bahkan belasan tahun lamanya.

Terlepas dari itu kita kembali soal pembahasan decking. dalam proses pembuatannya decking kayu mempergunakan beberapa jenis kayu seperti Kayu Merbau, Kayu Bengkirai, Kayu Ulin, dan Kayu Keruing

Jenis-jenis kayu tersebut merupakan kategori kayu keras sehingga memang dianggap sangat cocok dalam pembuatan decking kayu, terlebih perlu anda ketahui jenis kayu tersebut terdapat kelebihan dan kekurangannya. Apa saja kah itu, mari kita simak ulasan dibawah ini.

Kelebihan yang dimiliki decking kayu :

  • Memiliki fitur anti slip , yaitu dimana dalam pembuatannya dapat membuat aman abgi penggunannya dan tentunya nyaman saat dipergunakan sebab pada saat di pijak akan terasa empuk.
  • Dapat menyesuiakan lingkungan luar, dengan begitu decking kayu mampu bertahan dari perubahan cuaca yang buruk, paparan sinar matahari, dan tahan dari rayap sebab terdapat kandungan zat yang tidak disukai oleh rayap.
  • Ukuran yang tebal, memiliki ukuran yang lebih tebal sehingga sudah bisa anda pastikan daya tahan yang dimilikinya berkualitas baik.
  • Tampilan yang dapat membuat terkesima, terdapat warna dan motif yang indah sehingga memiliki nilai estetiknya.
  • Terdapat beberapa jenis decking,  dengan adanya beberapa jenis decking sehingga anda dapat menyesuiakan selera yang anda sukai.

Kekurangan yang dimiliki decking kayu :

  • Harga yang cukup tinggi, decking kayu memiliki harga yang terbilang dapat merogoh kantong anda sebab akan kualitas yang dimilikinya, namun bagi beberapa orang hal tersebut bukan menjadi suatu alasan untuk mendapatkan decking kayu.
  • Dibutuhkan perawatan khusus, dalam penggunaan decking kayu di butuhkan perawatan khusus seperti menjaga kualitas warna sebab jika warna pada permukaan decking kayu menjadi kusam dapat mengurangi nilai keindahannya.
Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada decking kayu sehingga dalam penggunaan untuk menjadi bahan baku penambah interior rumah yang dipergunakan dalam penempatan area outdoor.

Disamping itu ternyata terdapat hal lainya juga loh yang tidak dimiliki dari mesing-masing decking kayu seperti decking kayu merbau, decking kayu bengkirai, decking kayu ulin, dan decking kayu keruing karena selain perbedaan dari warna dan motifnya, terdapat hal lainnya yang masih belum diketahui banyak orang. 

Masih penasaran apa saja sih yang dimaksud decking kayu itu, yuk kita simak terus penjelasan yang satu ini berikut ulasannya.

Decking kayu merbau

Mengenal Decking Sebagai Lantai Kayu Khusus Outdoor

Decking kayu merbau dengan ciri khas yaitu terdapat pada warna coklat kemerahan membuat tampilannya terkesan lebih elegan.

Dalam penggunaannya banyak orang yang memanfaatkan decking yang satu ini, mungkin dalam penerapannya agar tampilan rumah terlihat lebih indah.

Akan tetapi dibalik warnanya yang terlihat elegan decking kayu merbau terdapat nilai minesnya yaitu dimana decking ini sensitive terhadap air sebab bila terkena air dapat mengeluarkan cairan berwarna merah terlebih jika dalam penempatan pada area kolam renang dapat membuat keruh airnya.


Sehingga bagi anda yang ingin mempergunakan decking kayu merbau khususnya penempatan area tepi kolam renang perlu melakukan beberapa proses sebelum pemasangannya seperti perlu jemur terlebih dahulu sekitar 2 minggu lamanya dan juga di selingin dengan menyiram air pada decking tersebut, agar cairan yang terdapat pada kayunya keluar atau hilang dengan sendirinya dengan begitu barulah dapat dipergunakan.

Decking kayu merbau rata-rata memiliki ukuran dengan tebal 1,9 cm, lebar 9 cm, dan panjang 100-390 untuk harganya sendiri berkisar sekitar Rp. 450.000 harga ini bisa dikatakan cukup menengah dalam jenis olahan decking kayu.

Decking kayu bengkirai

Mengenal Decking Sebagai Lantai Kayu Khusus Outdoor

Yellow balau, ya inilah istilah sebutan lain dari jenis decking bengkirai karena memiliki warna coklat kekuningan sehingga dalam pemakaiannya dapat membuat suasana bangunan rumah terlihat lebih cerah.

Selain itu juga untuk kayunya sendiri kerap sekali dipergunakan oleh bagi para pengrajin kayu sebab dianggap mudah dalam proses pengolahannya.

Decking kayu bengkirai merupakan jenis yang disukai bagi beberapa kalangan orang yang menginginkan tampilan rumahnya menjadi lebih mewah karena warnanya dapat membuat terkesima saat melihatnya.

Untuk decking kayu bengkirai terbilang memiliki ukuran yang bervarian dari standar hingga jumbo yaitu tebal 1,9 cm, lebar 6,9 cm, 100-390cm — tebal 2,5 cm, lebar14,4 cm, dan panjang 100-390 cm juga harga yang dimilikinya yaitu Rp. 295.000 — Rp. 500.000.

Decking kayu ulin

Mengenal Decking Sebagai Lantai Kayu Khusus Outdoor

Decking yang satu ini sudah tidak terdengar asing bukan, dengan kayu sendiri pastinya sudah beranggapan soal si kayu besi.

Mengapa decking yang satu ini dikatakan si kayu besi sebab daya tahan dengan tingkat kekerasannya yaitu kelas I menjadikan decking ini memiliki kualitas yang paling baik diantara lainnya.

Tentunya hal tersebut dengan hal tersebut harga yang dimilikinya dapat merogoh kantong anda dengan kisaran harga yaitu Rp. 790.000 dan memiliki ukuran tebal 1,9 cm, lebar 9 cm, dan panjang 100-390 cm.

Meskipun memiliki harga yang lumayan cukup tinggi akan tetapi bagi sebagian orang tidak menjadi alasan untuk menggunakan decking kayu ulin sebab rata-rata mereka menginginkan dalam penggunaan decking memiliki daya tahan yang berkualitas baik dan tentunya juga dapat dipergunakan dalam kurung waktu yang cukup lama.

Decking kayu keruing

Mengenal Decking Sebagai Lantai Kayu Khusus Outdoor

Jenis decking yang satu ini mungkin dapat menjadi solusi pilihan lain jika anda menginginkan harga yang terjangkau dan memiliki tampilan yang indah yaitu dengan menggunakan decking kayu keruing.

Decking kayu keruing merupakan jenis yang menggunakan bahan dasarnya dari kayu keruing. Mungkin untuk kayunya sendiri masih terdengar asing bukan ?. Akan tetapi banyak juga yang memanfaatkan hasil dari olahan kayu keruing.

Selain harganya yang cukup terjangkau dalam proses pengolahannya pun mudah sehingga bagi para pengrajin kayu tidak melewatkan jenis kayu yang satu ini.


Untuk decking kayu keruing memiliki ukuran dengan tebal 1,9 cm, lebar 9 cm, dan panjang 100-390 cm dengan harga Rp. 390.00.

Jika dilihat dari beberapa jenis decking sebelumnya rata-rata hampir memiliki ukuran yang sama bukan ?, ya itu sebabnya dalam proses pembuatannya agar dapat di sesuaikan setiap ukuran bangunan rumah.

Itulah penjelasan mengenai apa itu decking. nah sekarang anda sudah mengetahuinya bukan dari masing-masing jenis decking tersebut. Dengan begitu dapat mempermudah anda dalam memilih dan mempergunakan olahan lantai kayu outdoor.

Tidak hanya sampai disini saja, saya akan memberikan beberapa informasi yang mungkin penting bagi anda yaitu contoh-contoh gambar penempatan untuk decking kayu pada bangunan rumah.

Contoh gambar penempatan decking kayu untuk bangunan rumah

Banyak cara yang bisa anda lakukan dalam penggunaan decking kayu seperti pada bagian halaman taman rumah, area kolam ikan, teras rumah, dan pada area tepi kolam renang. seperti contoh gambar dibawah ini : 

rekomendasi penempatan decking kayurekomendasi penempatan decking kayu
rekomendasi penempatan decking kayurekomendasi penempatan decking kayu

Dari masing-masing bagian tempat tersebut sudah terbayangkan bukan bagaimana jadinya jika anda mempraktekan pada bangunan rumah anda. Tentunya dapat membuat bangunan rumah anda tekesan lebih mewah dan juga elegan.

Nah bagi anda yang ingin memesan decking kayu bahkan olahan jenis lainnya yang tersedia di Toko Lantai Kayu Surabaya. Anda dapat menghubungi nomer 08122042004.

Posting Komentar