Mengenal 3 jenis lantai kayu tempel berikut cara merawatnya

3 jenis lantai kayu tempel

Mengenal 3 jenis lantai kayu tempel yang bisa menjadi pilihan solusi bagi anda dalam membangun sebuah hunian dengan tampilan yang indah dan terlihat elegan dengan menambah interior di bagian lantai bangunan rumah anda.

Kayu tempel merupakan jenis olahan lantai kayu dengan bahan baku yang dipergunakan jenis kategori kayu keras sehingga memiliki kualitas yang baik disamping itu juga lantai kayu tempel sudah memenuhi syarat SNI untuk dipergunakan.

Disini kami akan menjalaskan 3 jenis lantai kayu tempel yang cocok dipergunakan pada bangunan rumah anda, berikut penejlasannya.

 

1.    1Lantai Vinyl Motif Kayu

lantai vinyl motif kayu

Lantai vinyl yang bermotifkan kayu dapat menjadi pilihan bagi anda untuk diaplikasikan karena jenis lantai vinyl memiliki kualitas yang baik selain itu juga lantai vinyl memiliki sifat yang elastis dan tahan terhadap air sebab lantai vinyl menggunakan bahan dasarnya yaitu jenis PVC ( polyvinyl cholaride ) yang dianggap bahan berkualitas baik dan sudah diakui oleh dunia bahkan untuk bahan pvc sudah banyak dipergunakan berbagai kebutuhan.

Terlepas dari itu lantai vinyl dianggap cocok untuk dipergunakan selain memiliki ragam motif kayu dan sifat elastisnya ternyata memiliki harga yang terjangkau sehingga dapat menjadi pilihan untuk dipergunakan pada bangunan rumah anda.

Keunggulan yang dimiliki lantai vinyl :

  • Memiliki ragam motif-motif kayu sehingga memiliki tampilan yang menarik.
  • Tahan terhadap air karena permukannya tidak memiliki pori-pori sehingga tidak memiliki daya resap.
  • Mudah dalam pemasangannya sebab lantai vinyl memiliki sifat yang elastis sehingga dapat mempermudah dalam proses pemasangannya.
  • Mudah dalam proses pergantiannya sama halnya dengan proses pemasangannya.
  • Memiliki harga yang terjangkau.

 

2.    2. Lantai Kayu Laminate

lantai kayu laminate

Lantai kayu laminate merupakan jenis lantai berbahan dasarnya serbuk kayu yang memakai jenis HDF ( high density diberboar ) yaitu jenis serbuk yang bisa dikatakan memiliki kepadatan dan keawetan yang berkualitas baik dibandingkan jenis serbuk lainnya.

Lantai kayu laminate dapat memberikan tampilan bangunan rumah lebih elegan bahkan terlihat lebih mewah, mengapa demikian ? itu karena lantai laminate memiliki motif dan warna yang terlihat indah.

Keunggulan yang dimiliki lantai laminate :

  • Memiliki corak dan motif yang beragam.
  • Mudah dalam proses pemasangannya sama halnya seperti jenis lantai vinyl.
  • Memiliki tingkat kekuatan dan keawetan yang bisa dikatakan cukup baik.
  • Memiliki harga yang terjangkau.

 

3.    3. Lantai Kayu Solid Coating

lantai kayu solid coating

Dan yang terakhir yaitu jenis lantai kayu solid coating merpukan jenis olahan lantai kayu yang memiliki kualitas yang paling baik dibandingkan jenis lantai kayu tempel lainnya karena penggunaan bahan dasarnya diambil lansung dari potongan-potongan kayu keras sehingga memilik tingkat ketahanan dan keawetannya berkualitas baik.

Keunggulan lantai kayu solid coating :

  • Memiliki tingkat kekuatan dan keawetan yang berkualitas baik itu karena didapat dari jenis-jenis kayu keras dan tanpa menggunakan bahan campuran lain.
  • Memiliki ragam jenisnya dengan disesuaikan jenis kayunya.
  • Memiliki motif dan warna yang menarik atau bisa dikatakan indah untuk dilihat.
  • Dapat meningkatkan harga jual bangunan rumah.

 

Itu lah penjelasan mengenai lantai kayu tempel dari masing-masing jenis memiliki tingkat kualitas yang baik untuk dipergunakan itu karena dengan memilih penggunaan bahan dasarnya yang berkualitas paling baik dari masing-masing jenis bahan yang dipergunakan sehingga dalam penerapannya pun dapat dipergunakan dalam kurung waktu yang cukup lama.

Terlepas dari penjelasan tadi ada juga tips atau cara merawat lantai kayu tempel agar dalam penggunaanya akan awet dan bertahan cukup lama terlebih mejaga kualitas nilai keindahannya, berikut penjelasannya.

3 Cara Merawat Lantai Kayu Tempel Agar Tetap Terjaga Nilai Keindahannya

3 cara merawat lantai kayu tempel

1. Hindari Penggunaan Barang Yang Beresiko Merusak Lantai Kayu Tempel

Dalam merawat lantai kayu tempel anda perlu memperhatikan dari penggunaan barang yang ditempatkan di area ruangan yang menggunakan lantai kayu tempel misalnya seperti barang-barang yang memiliki berat berlebih dan barang yang memiliki permukaan bawahnya tajam atau kasar.

Itu dapat merusak lantai kayu tempel seperti terjadinya goresan pada permukaannya terlebih jika mengalami kerusakan yang parah dapat merepotkan bagi anda karena harus mengganti dengan yang baru.

Nah bagi anda yang mempergunakan lantai kayu tempel hindari barang-barang seperti contoh tadi agar anda dapat mempergunakannya dalam waktu yang lama. 

2. Rajin Untuk Membersihkannya

Jika setiap ruangan bangunan anda jarang sekali untuk dibersihkan terlebih lantai kayu tempel anda yang mengalami tumpukan debu atau noda dapat membuat lantai kayu tempel anda warnanya menjadi kusam dan tidak enak untuk dilihat.

Dengan rajinnya anda membersihkan setiap ruang yang menggunakan lantai kayu tempel maka akan selalu terjaga nilai keindahan dan kebersihannya.

Selain itu juga dengan anda membersihkan setiap sudut ruangan dapat bermanfaat bagi anda dari segi kesehatan karena kuman atau bakteri yang menempal akan hilang dan terjaga juga nilai kebersihan pada bangunan rumah anda.

3. Hindari Air Dari Lantai Kayu Tempel

Jangan sesekali anda membiarkan air tergenang atau tidak langsung dikeringkan pada permukaan lantai kayu tempel maka dapat menyebabkan tumbuhnya jamur, warna lantai akan terlihat kusam, dan hilangnya nilai keindahnnya.

Jadi jika permukaan lantai kayu tempel anda terkena air maka segeralah untuk dibersihkan atau dikeringkan dengan menggunakan kain kering atau kain pel sehingga dengan menjaga dan merawat lantai kayu tempel anda maka kan selalu juga terjaganya nilai keindahan yang didapat dari laintai kayu tempel.


Itulah penjelasan mengenai cara merawat lantai kayu tempel pada bangunan rumah anda, dengan menjaga dan merawat sesaui dengan penjelasan diatas maka akan selalu terjaganya nilai kualitas dan keindahnnya bahkan dapat juga menciptakan nilai lebih terhadap bangunan rumah anda yang akan selalu tampil lebih mewah dan tampil elegan.

Posting Komentar