Perbedaan Kayu Jati Dan Kayu Merbau Sebagai Lantai

Perbedaan Kayu Jati Dan Kayu Merbau — Indonesia dengan kekayaan alam yang cukup melimpah, salah satunya yaitu, terdaptnya hutan-hutan yang masih terjaga akan kelestarian lingkungan hidup. Oleh karena berbagai macam tumbahan dapat kita jumpai dengan mudah, contohnya seperti kayu jati dan kayu merbau.

Kayu jati dan kayu merbau kerap dipergunakan berbagai macam olahan kayu, salah satu contohnya sebagai penutup lantai. Tampilan yang indah, dengan adanya rahasia dibalik kualitas yang dimilikinya.

Pada umunya lantai kayu dalam belakangan ini sering di pergunakan sebagai material lantai yang dapat menambah hiasan interior rumah, tak heran lantai kayu telah menjadi tren kekinian dalam mendesain sebuah bangunan.

Namun apakah anda sudah mengetahui perbedaan antara kayu jati dan kayu merbau ?. jika anda belum mengetahui hal tersebut, mungkin  dapat mengikuti terus ulasan yang kami berikan kepada anda.

Memilih produk lantai kayu yang terbaik untuk dijadikan bahan material penutup lantai di rumah tentu hal yang dapat membingungkan untuk sebagian orang. Seperti halnya lantai kayu jati dan juga lantai kayu merbau.

Kedua tipe tersebut sama-sama memiliki tingkat kulaitas yang tinggi dan tampilan yang dapat memberikan keindahan tersendiri terhadap banguan rumah.

Baca Juga : Mengenal # Produk Lantai Kayu Tempel

Untuk lebih jelasnya lagi apa sajakah yang membedakan dari kedua tipe lantai kayu tersebut. Anda dapat melihatnya pada ulasan dibawah ini, dengan point-point penting yang dimilikinya, berikut penjelasannya.

Karakteristik Lantai kayu jati

Lantai kayu jati merupakan sebuah produk bahan material penutup lantai yang cukup populer, bahkan penggunaan kayu jenis ini meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun, itu karena kualitas yang dimilikinya pun sudah dipercaya bagi para pengolah kayu.

Maka tak heran jika kayu jati ini menjadi primadona pilihan para pengrajin furniture dan para ahli kontruksi yang menhasilkan benda atau barang berkualitas tinggi.

Lantai kayu jati memiliki durabilitas stabil dan kuat, hal ini karena sifat kayu jati yang memiliki daya tahan terhadap perubahan cuaca yang buruk serta terdapatnya varian motif dan warna disesuaikan dengan Garde yang dimilikinya, seperti Grade A, Grade B, Dan Grade C. 

Baca Juga : Harga yang Dimiliki Lantai Kayu Jati

Dibalik kualitas yang baik dan cukup digemari bagi sebagian orang, tentunya tidak dilewatkan pula mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, yaitu.

Kelebihan pada lantai kayu jati :

  • Memiliki tampilan corak dan motif yang unik dengan nilai estetik.
  • Dapat memberikan kesan natural terhadap bangunan.
  • Tahan terhadap rayap, dengan adanya kandungan minyak yang dimilikinya.
  • Durability cukup stabil, sehingga penggunaann dapat bertahan hingga puluhan tahun lamannya.

Kekurangan pada lantai kayu jati :

  • Sensitif terhadap air.
  • Memiliki gundal yang cukup besar terdapat titik serat yang terlihat pada permukaannya.
  • Pemasangan perlu menyesuaikan setiap potongaa lantai kayu, agar memiliki tampilan estetik.
Itulah beberapa karakteristik yang dimiliki oleh lantai kayu jati, namun tidak sampai di situ saja. Ikuti terus mengenai pemabahasan lantai kayu merbau, seperti penjelasan dibawah ini.

Karakteristik Lantai kayu merbau

Untuk lantai kayu merbau, walaupun tidak sepopuler kayu lantai kayu jati, akan tetapi tipe lantai ini cukup banyak peminatnya, sebab di Toko Lantai Kayu Surabaya. Lantai kayu merbau salah satu produk best seller.

Kayu merbau yang berasal dari Irian jaya ini memiliki kualitas yang cukup baik dan memiliki kualitas yang hampir persis dengan kayu jati. Maka dari itu, jenis kayu ini selain dimanfaatkan sebagai lantai kayu tak jarang juga dimanfaatkan sebagai bahan baku kontruksi berat.

Baca Juga : Harga Yang Dimiliki Lantai Kayu Merbau

Lantai kayu merbau memiliki tampilan warna coklat kemerahan serta terdapat pori-pori yang cukup besar pada permukaan lantai tersebut. Corak dan motif pada permukaan lantai merbau cukup kompak, sehingga dalam pemasangannya memberikan tampilan elegan dan terkesan mewah.

Dibalik keindahan dari lantai kayu merbau, terdapat pula kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, seperti.

Kelebihan pada lantai kayu merbau :

  • Durbalitiy cukup stabil dengan adanya tingkat kepadaatan yang merata.
  • Motif dan corak yang cukup kompak, sehingga memudahkan bagi para tenaga pasangnya.
  • Dapat diaplikasikan pada dua tempat, yaitu indoor dan outdoor.
  • Daya tahan terhadap serangan rayap hingga jamur sekalipun.

Kekurangan pada lantai kayu merbau :

  • Memiliki pori-pori yang cukup besar, sehingag dibutuhkan pengamplasan yang merata dan bahan yang lebih banyak.
  • Jika terkena air secara terus menerus akan mengeluarkan getah berwarna merah.
  • Biaya produksi yang tinggi

Untuk kayu merbau sendiri memang memiliki kesamaan dengan lantai kayu jati, dapat kita lihat dari segi durability yang cukup setabil, sehingga kualitas-nya pun tidak perlu kita ragukan lagi. Akan tetapi selain dari itu, ada pun perbedaan yang lebih mencolok, seperti penjelasan dibawah ini.

Perbedaan antara lantai kayu jati dan lantai kayu merbau

Dilihat Dari Tampilan Kedua Lantai Kayu

Lantai kayu jati, Produk dari kayu jati terbagi menjadi beberapa bagian yang terpecah menjadi 3 bagian yaitu grade A, B dan C yang dimana setiap grade memiliki tampilan motif dan warna yang berbeda-beda, serta kualitas dari masing-masing bagian tersebut.

Namun lantai kayu jati memiliki warna yang cerah dan motif cukup beragam, hal ini lah lantai kayu jati cukup populer dengan tampilan yang khas.

Lantai kayu merbau, memiliki warna coklat kemerah-merahan dan terkadang disertai highlight warna kuning yang terkesan elegan.

Dilihat Dari Tingkat Kesulitan Dalam Pemasangannya

Lantai kayu jati, untuk pemasangan lantai kayu jati dibutuhkan ketelitian yang matang serta tenaga profesional, karena memiliki corak tak seragam, menjadikan hal ini membutuhkan penyesuain dari masing-masing potongan lantai kayu jati.

Lantai kayu merbau, untuk pemasangan terbilang lebih mudah, sebab corak pada permukaan yang cukup kompak, namun disisi lain terdapatnya pori-pori yang besar sehingga membutuhkan pengerjaan lebih dalam pengamplasannya.

Baca Juga : Cara Memilih Lantai Kayu Berdasarkan Ruangan-nya

Hanya saja dalam pemasangan lantai kayu merbau dapat di aplikasikan pada dua tempat yaitu indoor dan outdoor, menjadikan nilai kaunggulan yang dimiliki lantai kayu merbau.

Apakah Kedua Lantai Kayu Dapat Bertahan Lama ?..

Karena kedua tipe lantai kayu tersebut sama-sama memiliki durability yang stabil dan kualitas yang dimilikinya pun tinggi sehingga dalam penerapannya dapat dipergunakan hingga puluhan tahun lamanya. Akan tetapi perlu anda ketahui juga dalam perwatanya agar hal tersebut daapt terlealisasi

Baca Juga : Tips Dan Cara Merawat Lantai Kayu

Bagi anda yang ingin menggunakan produk lantai kayu, pilihlah tipe kayu yang memiliki kualitas seperi penjelasan di atas tadi, dan yang terlebih sesuaikan juga dengan ukuran, tema, dan selera yang anda miliki, dengan begitu tampilan lantai kayu pada hunian anda, dapat memberikan keindahan serta ciri khas tersendiri.