Tips Dan Cara Merawat Lantai Kayu


Tips Dan Cara Merawat Lantai Kayu — Merawat lantai kayu mudah dilakukan ini diberikan khusus bagi anda pengguna lantai kayu parket atau bagi anda yang hendak memasang lantai kayu parket. 

Bagi sebagian orang yang katanya merawat lantai kayu itu susah-susah gampang, namun hal tersebut tidak berlaku disini. Karena merawat lantai kayu hanya butuh ketelatenan dan kesigapan ketika terjadi sesuatu pada lantai kayu Anda.

Terkadang kita membeli produk lantai kayu parket tidak disertai dengan cara perawatannya, kita harus mencari info di internet yang tidak semua informasi yang didapat bisa diterapkannya. 

Lantai kayu yang terawat akan menambah keindahan,enak dipandang dan semakin betah berlama-lama dirumah. Biasanya untuk daerah panas, kehadiran lantai kayu menambah rasa sejuk disiang hari.

Apakah anda sedang bingung bagaimana cara merawat lantai kayu ? tenang saja, pada kesempatan kali ini kami akan memberi tips-tips beserta tatacara merawat lantai kayu.

Lantai kayu memang sudah seharusnya di rawat dengan baik dan benar, banyak yang bisa kita lakukan atau cara agar lantai kayu tetap terjaga dari keawetan dan ketahanannya. Dan cara tersebut cukup mudah melakukannya, sebab tidak memerlukan alat atau bahan yang merepotkan. Tidak perlu panjang lebar, ini dia simak ulasan berikut.

Tips Menghindari Terjadinya Kerusakan Agar Tetap Menjaga Nilai Keindahannya

Lantai kayu atau istilah kerennya yaitu parket merupakan salah satu jenis bahan penutup lantai yang sudah sampai saat ini penggunaannya cukup banyak. Selain fungsinya sebagai penutup lantai, akan tetapi lantai kayu lebih bertujuan kepada estetika agar rumah tampak lebih alami dan mewah.

Sama halnya dengan lantai keramik, lantai kayu pun memerlukan perawatan yang harus dilakukan dengan rutin. Sebab lantai kayu lambat laun akan memudar dari segi warnanya jika tidak di rawat secara teratur.

Penggunaan barang-barang

Anda perlu memilih benda-benda yang tidak memiliki ketajaman pada permukaan bawahnya dan memilih benda yang mempunyai berat yang ringan untuk ditempatkan di area lantai kayu karena jika salah menempatkan barang-barang maka akan menyebakan kerusakan atau goresan pada permukaan lantai kayu sehingga membuat lantai kayu akan terlihat kurang indah untuk dilihat.

Jika anda memiliki penggunaan barang di ruangan yang menggunakan lantai kayu dan hawatir dapat merusak permukaan lantai kayu, anda dapat menggunakan karpet dan meletakan di benda yang dapat membuat kerusakan pada lantai kayu.

Untuk lantai kayu sendiri dibilang sangat cocok untuk perpaduan dengan karpet karena lantai kayu memiliki nilai artistik tersendiri yang dapat menyesuaikan dengan tema atau benda-benda pada bangunan rumah anda.

Hindari air

Jika lantai kayu pada bangunan rumah anda terkena air segera keringkan menggunakan kain kering agar tidak menyebabkan terjadinya pelapukan atau tumbuhnya jamur karena lantai kayu tidak memiliki sifat ketahanan dari air.

Selain itu juga untuk menjaga pemakaian jangka panjang pada bangunan rumah anda agar tetap menjaga kualitas warna dan motif pada lantai kayu.

Hindari Paparan langsung sinar matahari

Tips yang terakhir yaitu bagi anda yang menggunakan lantai kayu berjenis indoor, sebisa mungkin untuk menghindari paparan secara langsung oleh sinar matahari pada permukaan lantai kayu anda, sebab jika tidak dapat merusak lantai kayu yang menyebabkan warna menjadi kusam bahkan hingga terjadinya pelapukan.

Itulah beberapa tips mengenai lantai kayu yang mungkin bisa anda praktekan pada hunian anda. Selanjutnya yuk kita ikuti terus mengenai cara merawat lantai kayu, berikut penjelasannya.

Cara merawat lantai kayu

Banyak sekali tatacara merawat lantai kayu di rumah, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan alat-alat pembersih yang sudah kami jelaskan di atas dengan di tambah bahan alami sebagai pelengkap agar lantai kayu mudah di bersihkan serta akan terlihat mengkilap.

Membuat jadwal perawatan pada lantai kayu

Maksud dari penjadwalan ini yaitu Anda harus menentukan berapa hari akan merawat atau membersihkan lantai kayu, bisa di lakukan dalam kurun waktu harian, mingguan hingga bulanan. Untuk jadwal harian, Anda bisa merawat lantai kayu dengan cara membersihkannya dari kotoran, debu dan zat tertentu yang tumpah ke lantai kayu

Pada umumnya lantai kayu akan terlihat kusam setelah pemakaian lebih dari 3-4 bulan, akan tetapi jika lantai kayu terawat dengan baik dan benar maka tampilan lantai kayu akan tetap terjaga dan warnanya pun tidak akan cepat terlihat pudar meskipun telah melewati jangka waktu yang cukup lama.

Penggunaan lantai kayu pada bangunan rumah dapat memberi keindahan dan nilai estetika yang didapat terlebih penggunaannnya sendiri memang dijadikan sebagai penambah interior pada bangunan rumah.

Bagi anda yang menggunakan lantai kayu terlebih menginginkan bangunan rumah anda tetap terjaga nilai keindahannya. Perlu anda perhatikan dalam merawat lantai kayu pada bangunan rumah anda.

Agar tetap terjaga nilai keindahan dan estetikanya pada bangunan rumah, berikut kami berikan tips-tips untuk merawat lantai kayu pada bangunan rumah.

Membersihkan menggunakan sapu / vacuum

merawat lantai kayu

Jika lantai kayu terkena noda dan debu anda bisa memebersihkannya dengan menggunakan sapu atau bisa juga menggunakan vacuum yang berdaya rendah.

Dengan membersihkan lantai kayu secara rutin pada bangunan rumah anda akan tetap terjaga nilai-nilai keindahannya.

Selain itu juga dengan membersihkan lantai kayu secara rutin dapat menjaga kesehatan bagi anda karena jika anda tidak membersihkan secara rutin akan munculnya kuman atau bakteri yang menempel pada permukaan lantai kayu dan tidak bagus bagi kesehatan anda.

Membersihkan dengan cairan khusus

Nah, selain memebersihkan noda dan debu yang menempel pada permukaan lantai kayu jika terkena noda yang susah untuk dihilangkan pada permukannya jangan hawatir, anda dapat membersihkannya menggunakan cairan khusus pembersih lantai kayu yang bisa ditemukan di berbagai toko-toko perlengkapan material bangunan rumah.

Bagaimana Jika Warna Lantai Kayu Sudah Mulai Kusam ?..

Biasanya bila penggunaan lantai kayu yang sudah memakan waktu yang lama atau kurangnya untuk memperhatikan perawatan lantai kayu maka akan terjadinya warna pada permukaan lantai kayu menjadi kusam dan tidak begitu enak untuk dilihat.

Bagi anda tidak perlu hawati mengenai warna lantai kayu pada bangunan rumah anda menjadi kusam, caranya anda bisa membeli cairan varnish untuk kayu dan mengoleskan pada permukannya.

Untuk proses mengecatan ulang ini biasanya pengerjaannya membutuhkan waktu yang lama karena harus memindahkan barang-barang terlebih dahulu, memang proses ini dibilang merepotkan akan tetapi bila sudah selesai pemolesan lantai kayu pada bangunan rumah anda akan terlihat seperti baru kembali bahkan nilai-nilai keindahannya pun bertambah.

Dengan merawat lantai kayu pada bangunan rumah anda dan sering untuk memperhatikan kebersihannya maka akan selalu tampil estetika, natural, dan memiliki keindahan tersendiri sehingga dapat membuat nyaman bagi anda pada saat sedang bersantai atau juga beristirahat dengan megunakan lantai kayu yang terjaga kualitasnya.

Cara ini menjadi solusi mengatasi warna permukaan lantai kayu yang sudah benar-benar terlihat kusam. Untuk proses coating atau pembaharuan ulang ini bisa memanggil tenaga kerja ahli yang bisa mengerjakannya.

Itulah penjelasan mengenai tips dan cara merawat lantai kayu, dengan anda mengikuti sampai habis dan mengetahui infromasi ini sehingga dapat mempermudah bagi anda dalam menggunakan lantai kayu pada hunian anda.