Jenis Plafon Rumah Minimalis Ini, Bisa Menjadi Rekomendasi Untuk Anda

Plafon Rumah Minimalis — Memperindah desain interior dalam sebuah ruangan dapat dilakukan dengan banyak cara, mulai dari cat dinding hingga penambahan ornamen-ornamen yang dapat menciptakan nilai estetik terhadap ruangan tersebut, atau juga pada rumah itu sendiri.

Namun, tidak hanya sampai disitu saja, dalam memperindah tampilan rumah pun dapat dilakukan dengan cara menghias dan memilih plafon rumah.

Ketika ingin melakuka pemasang plafon rumah, ada banyak hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan karena keberadaan plafon juga dapat memberikan nilai artistik pada rumah dan membuat penghuni dapat merasa lebih nyaman.

Untuk lebih jelasnya lagi, mengenai jenis plafon rumah minimalis yang dapat memberikan keindahan dan juga nyaman saat mempergunakannya, ikuti terus ulasan yang satu ini.

Fungsi Dari Plafon Terhadap Rumah

Plafon memiliki peran penting terhadap bangunan rumah yaitu untuk mencegah suhu yang masuk kedalam rumah ketika cuaca dingin atau juga panas.

Dalam penempatan plafon pun harus disesuaikan dengan ukuran ruangannya karena jika tidak diimbangi dengan plafon yang tinggi, maka ruangan besar akan tampak seperti dan terkesan pengap.

Oleh karena dalam mendekorasi plafon rumah diperlukan juga perhitungan yang matang. Contoh hal dalam mendekorasi plafon yaitu jika sebuah ruangan yang memiliki ukuran yang luas maka penempatan plafon pun harus tinggi dan sebaliknya. 

Baca Juga : Inpirasi Desain Rumah Minimalis Nyaman Dan Natural

Fungsi plafon terhadap bangunan rumah, memang hal yang penting dengan berbagai macam tujuan. Bagi anda yang ingin menggunakan plafon, perhatikan jenis yang nantinya akan dipergunakan. Seperti penjelasan dibawah ini yang bisa menjadi rekomendasi anda dalam memilih jenis plafon rumah minimalis.

Jenis-Jenis Plafon Yang Dapat Menghiasi Rumah Minimalis

Pada dasarnya plafon hanya dipergunakan sebagai mana mestinya, namun dengan seiringnya waktu dan inovasi yang sering ditampilkan dari setiap bangunan, sehingga plafon pun memiliki nilai tersendiri.

Untuk menambah nilai tersendiri terhadap bangunan rumah yang didapat dari plafon, kita perlu memilih jenis plafon mana yang akan dipergunakan.


Dalam memilih plafon rumah, banyak cara yang bisa anda lakukan. Mulai dari tampilan plafon tersebut dan kualitas yang dimilikinya.

Lalu bagaimana cara tersebut dapat terwujud ?....

Dengan cara memilih plafon yang dapat menyesuaikan desain rumah anda dan selera yang anda milik sehingga hal tersebut nantinya dapat terlealisasi dengan mudah.
Agar memudahkan anda dalam memilih jenis plafon mana yang harus dipergunakan pada hunian anda. "Perhatikan dalam setiap ulasan ini.

1. Plafon Gypsum


Yang pertama ada pada plafon gypsum. jenis ini mungkin sering kita jumpai hampir di setiap bangunan rumah menggunakan material plafon gypsum. Ya, ini karena salah satu plafon yang memiliki kemudahan dalam menemukannya.

Tampilan yang indah dan dapat dibentuk sesuai keinginan anda dalam mendesain rumah serta memiliki bobot yang ringan.

Pada saat proses pengaplikasiannya tidak membutuhkan proses yang panjang. Akan tetapi jika anda ingin menggunakan plafon ini, mungkin ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan pada saat melakukan pemasangannya.

Plafon gypsum memiliki bobot yang ringan juga memiliki tingkat resiko rusak yang tinggi karena sifatnya yang mudah rapuh apalagi jika terkena benturan ataupun terjatuh dari ketinggian tertentu, dapat mengalami kerusakan.

Selain itu bila anda ingin menggunakan jenis ini, perhatikan juga dari atap rumah anda. Mengapa demikian ?. jika mengalami kebocoran dan meneteskan air pada plafon gypsum tentunya dapat meruk, sebab plafon gypsum tidak memiliki daya tahan terhadap air.

Hanya saja nilai unggul dari palfon gypsum yaitu ada pada harganya, yang memiliki harga terjangkau.

2. Plafon GRC


Plafon GRC merupakan kepanjangan dari Glassfiber Reinforced Cement Board. Plafon GRC terbuat dari bahan campuran semen. 

Pada umunya plafon grc dipilih memang karena daya tahan nya yang kuat terhadap cuaca panas dan air serta awet dan tahan lama karena sifatnya yang tahan dalam suhu cuaca yang lembab. Juga banyak dipilih karena sebagian orang bisa menentukan sendiri variasi atau motif yang diingin diaplikasikan pada plafon nya.

Proses pemasangan plafon GRC agak rumit dibandingkan jenis plafon lainnya. Dalam proses pemasangannya harus membutuhkan tenaga ahli yang khusus menguasai bahan tersebut. Dengan demikian pula jenis ini bisa menajdi rekomendasi lain dalam menggunakan plafon rumah.

3. Plafon PVC


Plafon PVC saat ini sudah menjadi bahan material yang digunakan pada langit-langit rumah. Dimana keunggulan bahan yang awet digunakan membuat banyak orang menjadikan material ini sebagai pilihan yang tepat. 

Tidak mengherankan jika banyak orang yang menyukai plafon jenis ini, pasalnya saat ini sering kali bukan lagi kemewahan yang utamakan tetapi bicara tentang apa yang diperlukan. Keberadaanya telah menggantikan banyak material yang ada sebelumnya, hal ini terjadi karena desain dari perangkat ini juga memikat hati. 


Kehadirannya mampu meningkatkan gaya hidup pemiliknya, selain itu belum lagi dengan adanya pemasangan yang mudah membuat material plafon pvc menjadi solusi pilihan lain dalam penggunaan plafon rumah. 

Salah satu keunggulan dari material Polyvinyl Chloride adalah sifatnya yang tahan air, karena hal inilah membuat banyak orang menggunakannya pada tempat yang lembab seperti dapur dan kamar mandi. Baik itu sebagai plafon maupun penempatan pada dinding. Tahan terhadap air sehingga baik digunakan untuk waktu yang lama, terutama jika dipasang dengan cara yang benar.

Hanya saja bagi anda yang ingin menggunaka plafon yang berbahan PVC, terutama bagi yang memiliki si buah hati, agar mempertimbangkan terlebih dahulu, sebab jenis ini memiliki kandungan zat kimia yang tidak baik bagi kesehatan.

Lalu apakah ada bahan yang aman ?.....

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, jawabanya ada pada nomor 4 yang tertera pada ulasan dibawah ini. Simak penjelasannya.

4. Plafon Kayu 


Plafon kayu atau biasa disebut juga lumber ceiling, sebenarnya bukan hal yang baru lagi. Banyak orang yang tertarik menggunakan konsep yang satu ini karena berbagai macam hal yang menguntungkan.

Kayu merupakan bahan material yang memiliki kualitas yang baik, dapat dilihatnay dari tingkat daya tahan lama pada kondisi kering dan tahan terhadap rayap. Kayu berkualitas tidak akan berubah pada perbuahan suhu ruangan dari kondisi panas ke dingin. 

Seperti jenis kayu ulin, kayu bengkirai, kayu keruing dan lain sebagainya merupakan salah satu bahan plafon yang cukup diminati bagi kalangan masyarakat karena dengan adanya kulalitas yang dimilikinya.


.Plafon kayu memberikan tampilan yang estetik dan bagi yang menggunakannya pun akan terlihat beda dari biasanya. Itu semua di dapat dari warna dan motif kayu yang dimilikinya.

Nyaman, ini yang sering dipikirkan bagi setiap orang. Sebab bahan baku dengan adanya fitur kenyamanan pastinya bahan tersebut memiliki kualitas yang tinggi. Ya ini lah mengapa plafon kayu banyak peminatnya.


Interior yang berkualitas tinggi seharusnya tidak hanya terlihat indah, tetapi juga memiliki tingkat efektivitas yang tinggi, ramah lingkungan, dan juga tentunya aman untuk digunakan. Kualitas interior pun tentunya penting untuk mendukung penggunaan dalam jangka waktu yang lebih panjang (durabilitas). Selain itu, kemudahan dan efisiensi juga harus dipertimbangkan ketika membicarakan mengenai kualitas tinggi.

Sehingga dengan begitu pastikan, bagi anda yang ingin mempergunakan plafn pada hunian anda hal-hal tersebut ada pada bahan material plafonya.