Mengenal Berbagai Jenis Genteng Metal Untuk Hunian

 

Jenis genteng metal

Jenis genteng metal – Genteng merupakan salah satu elemen yang memang tak dapat dipisahkan dari sebuah bangunan. Hal itu bukan tanpa alasan, karena genteng berperan sebagai penutup rangka atap untuk melindungi penghuninya dari berbagai factor cuaca seperti hujan dan paparan sinar matahari.

Tak hanya itu, bahkan genteng juga dapat meningkatkan nilai estetika pada hunian. Berbicara soal genteng, mungkin masih ada Sebagian dari masyarakat yang belum kenal seputar genteng metal.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seluk beluk genteng metal. Oleh karena itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Pengertian Genteng Metal

Material Genteng metal terbuat dari bahan logam sehingga diyakini memiliki tingkat kekuatan  yang lebih bagus ketimbang jenis genteng lainnya. Menurut informasi yang di dapat, kekuatan pada genteng metal ini mampu bertahan hingga puluhan tahun lamanya.

Namun, tingkat kekuatannya tergantung pada jenis bahan logam yang digunakan. Bukan hanya itu, risiko kemungkinan gentengnya bergeser juga lebih kecil karena desainnya yang menciptakan rangkaian stabil.

Selain fungsi utamanya sebagai atap, penggunaan genteng metal ini juga tentunya akan mempermanis tampilan rumah. Genteng metal tersedia kedalam beberapa jenis berbeda dengan spesifikasi yang berbeda-beda pula

Jenis-jenis Genteng Metal

1. Genteng Metal Pasir

Bahan dasar dari Genteng Metal pasir ini terbuat dari serbuk bebatuan yang kemudian dicampur dengan berbagai jenis bahan lainnya, seperti zincalume, zinc phospat, dan campuran coralfex. Pada umumnya, jenis genteng metal yang satu ini kerap digunakan untuk rumah-rumah komersil.

Genteng Metal Pasir

Sebab Genteng Metal Berpasir ini memiliki sifat yang anti pecah, tahan benturan, tahan goresan, serta dapat meredam hawa panas. Hasilnya, ruangan di dalam rumah kamu pun tidak akan terasa panas.

Belum lagi dengan teknologi warnanya yang cukup baik, sehingga warna pada gentengnya tidak akan mudah luntur meski diterpa perubahan cuaca. Ukuran pada Genteng Metal Berpasir ini cukup bervariasi, yakni mulai dari 0,2 mm hingga 0,4 mm.

Baca juga : Ingin Bangun Rumah Bergaya Eropa? Ini Dia Rekomendasinya

2. Genteng Metal Galvalume Steel

Bahan dasar Genteng Metal Galvalume Steel terbuat dari besi yang kemudian dilapisi dengan alumunium dan seng. Hasilnya, genteng metal yang satu ini tampak lebih tebal dan kuat.

Genteng Metal Galvalume Steel

Biasanya Genteng Metal Galvalume Steel memiliki bentuk berupa lembaran yang ditanam pada balok rangka atau direkatkan dengan menggunakan skrup. Meski ukurannya tebal, ternyata Genteng Metal Galvalume Steel ini memiliki bobot ringan.

Bahkan, teksturnya pun tergolong cukup lentur sehingga akan lebih mudah lagi saat proses pemasangannya. Menariknya lagi, Genteng Metal Galvalume Steel ini tidak mudah berkarat.

3. Genteng Metal Stainless Steel

Lain halnya dengan Genteng Metal Stainless Steel yang terbuat dari bahan ultra permanen sehingga menjadi perlindungan paling sempurna untuk sebuah bangunan. Mengingat akan hal itu, maka wajar saja jika bobot dari jenis genteng metal stainless steel memang lebih berat dari bahan alumunium.

Genteng Metal Stainless Steel

Itu sebabnya, mengapa Genteng Metal Stainless Steel ini sangat populer bagi rumah-rumah yang tinggal di wilayah dengan cuaca ekstrim.

Bahkan, Genteng Metal Stainless Steel kerap diaplikasikan pada bangunan-bangunan besar untuk fasilitas umum seperti stadion sepak bola, perhotelan, pabrik, dan perkantoran.

Baca Juga : Promo Atap Sirap dan Decking Kayu Ulin Kalimantan

4. Genteng Metal standing steam

Jenis genteng metal yang satu ini memiliki ciri khas berupa garis lurus yang berjajar di bagian atasnya. Tak hanya itu, genteng metal standing steam juga mengusung warna yang cenderung mengkilap dan mulus sehingga dapat membuat tampilan rumah menjadi lebih menarik.

Genteng Metal standing steam

Inilah yang menjadi alasan, mengapa jenis genteng metal standing steam sering diaplikasikan pada rumah-rumah komersil. Standing steam menghadirkan system interlock, dimana bagian rangka atapnya sudah menyatu langsung dengan genteng. 

Tentu saja hal tersebut akan membuat gentengnya tahan terhadap goncangan dan tidak mudah merosot.

5. Genteng Metal Millenium

Jenis genteng metal selanjutnya yang akan dibahas, yakni bernama Genteng Metal Millenium. Meski tergolong sebagai jenis genteng metal yang baru, namun penjualan Genteng Metal Millenium ini sudah terbukti cukup laris dipasaran.

Genteng Metal Millenium

Pasalnya, genteng tersebut memiliki tampilan dengan mengusung warna metalik yang membuatnya lebih mengkilap dan menarik saat terkena paparan sinar matahari seperti atap seng. Materialnya terbuat dari bahan stainless steel berkualitas premium ASTMA 240, yang sudah dilengkapi dengan interlock system (rangka menyatu dengan genteng).

Meski bobotnya lebih ringan, namun Genteng Metal Millenium ini memiliki daya tahan yang sangat mumpuni. Bahkan, warnanya juga tidak akan memudar meski terkena hujan maupun panas.

6. Genteng Metal Spandek

Genteng Metal Spandek terbuat dari bahan galvalume yang dicampur dengan bahan alumunium dan seng. Tak hanya itu, ia juga diberi tambahan silicon sehingga membuat teksturnya menjadi lentur.

Genteng Metal Spandek

Meksipun bertekstur lentur, namun Genteng Metal Spandek ini sudah terbukti kuat dan tahan lama. Pada umumnya, Genteng Metal Spandek kerap dipasangkan pada bangunan-bangunan besar seperti pabrik, ruko, mall, gudang, dan lain sebagainya.

Ciri khas dari genteng metal yang satu ini, yaitu bagian permukaannya yang bergelombang sehingga dapat memudahkan proses pengecatan. Namun, harga Genteng Metal Spandek dipasaran tergolong mahal serta proses pemasangannya pun tergolong cukup lama.

Baca juga : Jenis Lantai Terbaik Untuk Bangunan Rumah

7. Genteng Metal Tembaga

Sesuai dengan julukannya, dimana jenis genteng yang satu ini terbuat dari bahan tembaga sehingga tampilannya tampak memang dapat memberikan kesan lebih nyentrik. Tak hanya itu, material tembaga pada genteng metal juga memiliki daya tahan yang begitu mumpuni.

Genteng Metal Tembaga

Bagaimana tidak? sebab genteng metal berbahan tembaga ini mampu bertahan hingga 100 tahun lamanya lho. Berkat kekokohannya, genteng metal tembaga pun kerap dipakai pada bangunan-bangunan kuno bersejarah yang masih eksis hingga sekarang ini.

Akan tetapi, harga genteng metal berbahan tembaga lebih mahal ketimbang jenis lainnya.

Nah, itulah beberapa jenis genteng metal yang dapat kamu jumpai dipasaran. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menggunakan salah satu jenis genteng metal tersebut?