Ingin Bangun Rumah Bergaya Eropa? Ini Dia Rekomendasinya

 

Desain Rumah Bergaya Eropa

Desain Rumah Bergaya Eropa – Setiap orang pastinya ingin memiliki rumah pribadi yang indah dan nyaman untuk ditempati. Bagi kalangan menengah ke atas, biasanya mereka berani mengeluarkan dana besar untuk mendapatkan hunian yang menjadi impiannya.

Seperti halnya dalam pembangunan desain rumah bergaya Eropa yang memang membutuhkan dana cukup besar.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan merekomendasikan beberapa desain bangunan rumah bergaya Eropa. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

6 Desain Bangunan Rumah Khas Eropa Terpopuler

1. Rumah Bergaya Eropa Dengan Cerobong Asap

Rumah khas Eropa itu tak melulu seputar nuansa modern dan mewah, namun juga bernuansa simple serta sederhana. Slah satunya rumah bergaya Eropa yang sudah dilengkapi dengan cerobong asap.

Rumah Bergaya Eropa Dengan Cerobong Asap

Pada dasarnya, penggunaan cerobong asap tersebut bukan hanya sekedar ornamen saja. Ya, sebab kawasan Eropa memiliki 4 musim sehingga cerobong asap ini berfungsi untuk menghangatkan suhu di dalam ruangan rumah saat musim salju tiba.

Apakah rumah dengan cerobong asap cocok di Indonesia…???

Meskipun Indonesia hanya memiliki dua musim saja, namun rumah khas Eropa dengan cerobong asap juga cocok diaplikasikan pada daerah-daerah yang berada di dataran tinggi seperti Dieng. Hal itu pun terbukti, dimana sebagian besar rumah-rumah di daerah Dieng sudah dilengkapi dengan cerobong asap.

Tak hanya Dieng, rumah-rumah bergaya Eropa dengan cerobong asap juga bisa kita jumpai di daerah-daerah Jawa Barat yang berada didataran tinggi.

Baca Juga : Desain Rumah Dengan Lantai Kayu

2. Rumah Dengan Ornamen Khas Eropa

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa bangunan-bangunan khas Eropa selalu mengedepankan nuansa mewah dan megah. Sehingga tak heran jika sebagian besar bangunan di Eropa memiliki detail ornamen pada setiap eksterior maupun interiornya.

Rumah Dengan Ornamen Khas Eropa

Namun, ada juga beberapa rumah khas Eropa yang lazimnya menggunakan batu bata dan dilapisi cat, kemudian dipercantik oleh ukiran-ukiran indah di area jendela dengan mengusung warna emas.

Masih belum habis, sebagian rumah khas Eropa juga ada yang menggunakan lampu dinding antik yang ditempatkan di dekat jendela. Bahkan yang lebih menariknya lagi, ada pula rumah bergaya Eropa yang menggunakan material batu alam dan diperindah oleh kehadiran berbagai jenis-jenis tanaman hias.

Adapun mengenai interior rumah khas Eropa yang mengusung berbagai macam dekorasi, serta menggunakan bermacam-macam perabotan mewah yang bernilai tinggi, seperti patung, barang antik, lukisan, pajangan marmer, hingga vas bunga.

3. Desain Rumah Bergaya Eropa Dengan Pilar Menjulang

Inilah salah satu ciri khas dari rumah bergaya Eropa yang masih bertahan hingga sampai sekarang. Dikarenakan kebanyakan ukuran bangunannya yang besar-besar, maka tak heran jika rumah khas Eropa kerap dihiasi dengan menara atau pilar pada bagian depan terasnya.

Desain Rumah Bergaya Eropa Dengan Pilar Menjulang

Umumnya pilar rumah khas Eropa terdiri dari 2 buah, yakni di sebalah kanan dan kiri akses pintu masuk. Pilar tersebut benar-benar menjulang tinggi mulai dari permukaan tanah sampai lantai, atau bahkan hingga mencapai atapnya lho.

Adapun mengenai bentuk pilarnya yang menyerupai silinder atau hexa. Namun, bentuk tersebut akan disesuaikan dengan desain rumah khas Eropa itu sendiri. Selain terpampang di area luar, bahkan tak sedikit pula rumah khas Eropa yang menggunakan pilar di dalam rumah sebagai pembatas antar ruangan.

Di negara Indonesia, rumah-rumah dengan desain pilar yang menjulang tinggi ini bisa kita jumpai pada komplek perumahan-perumahan elit.

4. Rumah Eropa Bergaya Khas Victorian

Sesuai dengan namanya, yang mana bangunan Eropa bergaya Victorian ini sangat kental dengan nuansa kemewahan dan kemegahan. Rumah bergaya Victorian itu sendiri sudah ada sejak abad 19 lalu, yang masih bertahan hingga sampai saat ini.

Rumah Eropa Bergaya Khas Victorian

Umumnya Rumah Khas Eropa Bergaya Victorian ini didominasi oleh material batu. Seiring dengan perkembangan zaman, dekorasi rumah tersebut pun sudah mulai menggunakan material kayu sebagai eksteriornya.

Eksterior yang berbahan kayu ini selalu mengusung dekorasi rumit yang asimetris, sehingga tampak memenuhi area depan rumah. Tak hanya pada dekorasi depan rumahnya saja, bahkan bagian atapnya juga dibuat rumit yang menggabungkan bentuk kerucut sampai limas.

Artikel Menarik Lainnya : Tips Dan Desain Partisi Ruangan Minimalis Terbaik

5. Desain Rumah Eropa Bergaya Kontemporer

Pada dasarnya rumah dengan gaya modern kontemporer ini tidak terdapat pilar maupun detail ornamen yang mencolok. Meski demikian, dekorasi rumah yang satu ini menonjolkan pintu dan jendela berukuran lebar sehingga menjadi ciri khasnya tersendiri.

Desain Rumah Eropa Bergaya Kontemporer

Hal itu bukan tanpa alasan, karena penggunaan desain pintu dan jendela yang lebar sangat kental dengan nuansa kemegahan. Pada umumnya, rumah Eropa bergaya modern kontemporer ini terdiri dari dua daun pintu dengan bukaan ke samping.

Sedangkan untuk jendelanya, biasanya mereka menggunakan jendela tinggi yang menjulang dari lantai satu hingga ke lantai atasnya. Selain tampil dalam bentuk persegi, pintu dan jendela tersebut juga memiliki bentuk melingkar atau busur di bagian atasnya.

Seiring dengan berjalannya waktu, bangunan khas Eropa ini pun sudah mulai banyak digunakan pada klaster perumahan-perumahan modern di Indonesia.

6. Desain Rumah Eropa Dengan Balkon

keberadan balkon juga menjadi salah satu ciri khas dari rumah-rumah bergaya Eropa. Balkon tersebut biasanya menjorok ke luar yang terdapat pada lantai atas rumah, serta mengusung berbagai macam bentuk dan ukuran.

Desain Rumah Eropa Dengan Balkon

Pada umumnya, balkon yang berukuran besar tampil dengan bentuk teras dan kerap digunakan untuk bersantai. Berbeda dengan balkon yang berukuran kecil seluas pintu atau jendela, dan pada umumnya digunakan untuk sekedar menghirup udara segar dari luar saja.

Mengingat penempatannya ada di bagian atas, tentu saja area balkon tersebut harus dilengkapi dengan pagar untuk meningkatkan keamanan. Adapun mengenai material balkonnya yang terdiri dari kayu, besi, kawat besi, batu bata, dan lain sebagainya.

Disamping itu, balkon rumah khas Eropa selalu diperkaya dengan dekorasi, mulai dari ornamen, ukiran khas, furniture, tanaman hias, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : 8 Desain Rooftop Garden 

Nah, seperti itulah deretan desain bangunan rumah bergaya Eropa terpopuler, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi saat hendak membangun rumah.