Lantai Terbaik Untuk Bangunan Rumah

 

jenis lantai terbaik

Lantai terbaik untuk bangunan rumah— Bagi anda yang sedang atau merencanakan untuk membangun rumah pastinya yang terpikirkan di benak kepala anda adalah penggunaan bahan baku bangunan, nah selain itu juga anda perlu memperhatikan akan kebutuhan lain seperti penambahan interior pada bangunan rumah anda karena dapat membuat tampilan rumah anda lebih estetika dan nyaman untuk ditempati.

Oke, disini saya akan menjelaskan tentang penambahan interor pada bangunan rumah anda salah satunya penggunaan lantai pada bangunan rumah untuk lantai dibilang yang terpenting pada sebuah bangunan rumah, ya jelas saja karena lantai dipergunakan sebagai pijakan kaki atau permukaan pada bangunan rumah.

Untuk lantai memiliki beragam jenis dan bahan yang digunakan dari masing-masing jenisnya oleh karena itu pada saat anda memilih lantai pastikan memiliki ketahanan yang baik untuk dipergunakan dalam waktu jangka panjang selain itu juga pastikan jenis lantai yang anda pilih dapat menyesuaikan pada bangunan rumah anda terlebihnya dapat menciptakan nilai-nilai keindahan, estetika , dan nyaman pada saat mempergunakannya.

Oke langsung saja untuk lebih mengetahui jenis-jenis lantai yang terbaik untuk dipergunakan pada bangunan rumah anda, berikut penjelasannya.

Lantai keramik

lantai keramik

Lantai keramik merupakan jenis lantai yang menggunakan bahan materialnya dari tanah liat dengan melalui proses pencetakan dan pembakaran untuk jenis lantai keramik ini sering sekali dipergunakan pada banugnan rumah karena dalam proses pemasangannya yang relatif  praktis selain itu juga untuk jenis lantai keramik memiliki berbagai macam ukuran dan warna. 

Lantai Granit

lantai granit

Lantai granit merupakan salah satu jenis lantai yang diproduksi dari batuan alam yaitu granit. Batuan granit ini biasanya diperoleh dari bukit atau gunung granit.

Jenis lantai granit memiliki Pori-pori yang rapat sehingga hampir tidak mempunyai daya resap pada permukaannya dan untuk permukaan lantai granit terlihat mengkilap bahkan memberikan kesan mewah dan sejuk jadi untuk penggunaan lantai granit dapat membuat tampilan rumah anda terkesan mewah dan elegan.

Lantai Marmer

lantai marmer

Lantai marmer merupakan salah satu jenis lantai yang sering digunakan baik untuk bangunan rumah, hotel dan perkantoran karena memiliki daya pikat terhadap bangunan dan dapat menampilkan kesan mewah.

Marmer sendiri merupakan batuan alami yang terbentuk dari metamorfosa batu gamping dan lantai murmer memiliki guratan serta motifnya yang indah. Dalam proses pembuatan lantai marmer ditambang dalam potongan yang besar kemudian dipotong menjadi lempengan sesuai kebutuhan. Selanjutnya marmer diasah dan dipoles agar mengkilap barulah dapat dipergunakan sebagai lantai pada bangunan rumah.

Lantai Trazzo

lantai trazzo

Lantai terrazzo atau lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan lantai teraso adalah lantai yang dibuat dari campuran pecahan batu marmer, semen, dan pasir. untuk jenis lantai teraso sebetulnya menggunakan pecahan limbah dari batu marmer lalu diolah dengan dicampurkan semen dan pasir.

Untuk jenis lantai teraso memiliki ciri khas pada permukaannya yaitu banyaknya partikel-partikel batu dan terlihat mengkilap sehingga untuk jenis lantai teraso cocok juga dipergunakan pada bangunan rumah anda.

Lantai Vinyl

lantai vinyl

Lantai vinyl merupakan jenis lantai sintetis yang berbahan dasar  PVC ( polyvinyl cholaride ). Untuk Lantai vinyl mempunyai karakteristik yang elastis dan tahan terhadap air. selain itu juga untuk jenis lantai vinyl memiliki motif dan warna yang hampir sama menyerupai jenis lantai kayu karena dalam proses pencetakannya menggunakan alat yang berteknologi canggih jadi tidak heran lantai vinyl dapat diolah seperti lantai kayu untuk motif dan warnanya.

Baca Juga : Harga Lantai Vinyl 

Disamping itu juga jenis vinyl mempunyai beragam jenis seperti :

  • Vinyl roll mempunyai ketebalan yang lebih tipis dibandingkan jenis tile dan mempunyai harga yang lebih terjangkau dibandingkan vinyl tile. 
  • Vinyl tile mempunyai kualitas yang lebih bagus dengan memiliki fisik yang lebih keras untuk dari segi keawetan juga mempunyai kualitas yang baik dan tentu saja mempunyai harga di atas dari jenis vinyl roll.

Lantai Kayu

lantai kayu

Lantai kayu merupakan jenis olahan yang berbahan dasarnya menggunakan jenis kayu keras dan memiliki tingkat kekerasan kelas I sehingga untuk lantai kayu dapat dipergunakan dalam waktu jangka panjang pada bangunan rumah anda. 

Selain itu juga lantai kayu memiliki aroma khas yang didapat dari jenis-jenis kayunya terlebih lantai kayu dapat menciptakan nilai estetika, kesan natural dan tampilan yang elegan sehingga untuk jenis lantai kayu sangat cocok juga dipergunakan pada bangunan rumah anda dan memiliki point yaitu dapat membuat nyaman bagi yang menggunakan lantai kayu pada bangunan rumah.

Ternayata selain dari penjelasan diatas lantai kayu memiliki beberapa jenisnya, ya tidak diherankan lagi karena penggunaan bahannya sendiri menggunakan jenis-jenis kayu keras, berikut penjelasan jenis-jenis lantai kayu berdasarkan jenis kayunya salah satunya yaitu :

Lantai kayu jati


Lantai kayu jati merupakan jenis olahan lantai yang menggunakan bahan dasarnya yaitu kayu jati, untuk kayu jati sendiri memiliki tingkat kualitas yang baik dari segi kekerasannya memiliki kelas I dan keawetannya kelas II juga lantai kayu jati memiliki jenisnya berdasarkan kualitasnya seperti Grade A, Grade B, dan Grade C dari semua jenis tersebut yang memeiliki kualitas paling baik ialah jenis lantai kayu jati Grade A.

Lantai kayu merbau

lantai kayu merbau memiliki warna coklat kemerahan dan untuk jenis lantai kayu merbau juga memiliki tingkat kekerasan kelas I dan keawetannya kelas II disamping itu juga untuk penggunaan lantai kayu sudah memenuhi syarat SNI untuk dipergunakan pada bangunan rumah.

Lantai kayu sonokeling


Lantai kayu sonokeling memiliki ciri khas dari warna dan coraknya pada permukaannya memiliki corak garis bergelombang dan memiliki warna yang gelap, nah bagi anda yang menyukai atau memiliki selera yang bertemakan gelap untuk jenis lantai kayu sonokeling sangat cocok dipergunakan pada bangunan rumah anda.

Baca Juga : Daftar Harga Lantai Kayu

Itulah penjelasan mengenai lantai terbaik untuk digunakan pada bangunan rumah, nah bagi anda yang akan menggunakan jenis-jenis lantai seperti diatas pastikan jenis lantai yang akan digunakan apakah sesuai selera anda dan yang terpenting pastikan memilih jenis lantai yang dapat membuat bangunan rumah anda tampil lebih estetika, mewah, elegan dan nyaman pada saat anda mempergunakannya.