Ini Dia 8 Cara Alami yang Sukses Mengusir Rayap

 

Cara alami mengusir rayap

Cara alami mengusir rayap – Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa rayap menjadi salah satu jenis serangga yang menjadi musuh menakutkan bagi semua furniture berbahan kayu.

Bagaimana tidak? Sebab keberadaan serangga mungil yang satu ini akan menciptakan kerusakan besar terhadap perabotan yang berbahan kayu.

Kebanyakan orang akan menggunakan cairan obat antirayap untuk mengusir dan membasmi kawanan rayap. Padahal, ada beberapa cara alami yang juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir rayap lho.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai cara alami mengusir rayap, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

8 Langkah Mengusir Rayap Secara Alami

1. Cek Kondisi Lantai Rumahmu

Perlu diketahui, kondisi lantai keramik yang telah rusak akan menyebabkan uap air dapat dengan mudah masuk ke rumah. Sehingga suhu dalam rumah akan menjadi lembap.

Cek Kondisi Lantai Rumahmu

Apalagi jika rumahmu itu mengalami kebocoran pada pipa tertentu, yang tentu saja kadar kelembapan di rumah menjadi semakin tinggi. Jika kondisi terebut dibiarkan, tentu saja akan mengundang rombongan rayap untuk masuk kedalam rumah dan menyerang semua perabotan yang berbahan kayu.

Maka dari itu, kamu jangan pernah menganggap remeh kerusakan sedikitpun pada keramik dan pipa. Pasalnya, dengan memperbaiki kerusakan pada keramik terbukti cukup efektif untuk membasmi rayap sebelum mereka membangun koloninya.

Tak hanya keramik, mencegah kebocoran pada pipa rumah juga bertujuan agar tidak terjadi perembesan kemana-mana

Artikel Serupa : Perbandingan Lantai keramik dan Lantai Vinyl, Mana yang Lebih Unggul?

2. Perabotan Kayu Jangan Langsung Bersentuhan Dengan Tanah

Untuk kamu yang rumahnya di dominasi oleh material berbahan kayu, maka perhatikan jarak antara material kayu dengan tanah. Pasalnya, cara ang satu ini sangat membantu dalam membasmi rayap tanah yang umumnya masuk ke dalam bangunan melalui media kayu.

Perabotan Kayu Jangan Langsung Bersentuhan Dengan Tanah

Terlebih jika material kayu yang digunakan bukanlah kayu yang diolah dengan baik, sehingga material kayu tersebut bisa dengan mudah mengumpulkan uap air. Tentu saja kondisi ini sangat disukai oleh kawanan rayap, karena telah tersedia bahan makanan yang cukup dan suhu udara yang mendukung untuk berkembang biak.

Cara membasmi rayap dengan menghindari kontak langsung antara tanah dan kayu ini memang sudah terbukti dukup efektif, karena kamu dapat menutup langsung jalan rayap yang menuju ke rumah.

3. Menjemur Perabotan Kayu

Penjemuran ini bertujuan agar kondisi furniture kayunya tetap kering dan tidak lembap. Maka dari itu, kamu harus menjemur perabotan furniture kayu tersebut di bawah sinar matahari secara rutin.

Menjemur Perabotan Kayu

Selain itu, pastikan juga kamu harus menggunakan pernis secara berkala pada perabotan kayu agar tidak mudah kemasukan uap air. Untuk langkah pencegahannya, silahkan beri jarak antara perabotan kayu dengan dinding agar tidak memicu rayap yang masuk melalui celah dinding untuk bergerak menuju ke perabotan.

4. Segera Perbaiki Kerusakan Dibagian Dinding

Hal penting berikutnya yang jangan sampai kamu lewatkan, yakni memeriksa kondisi dinding rumah secara berkala. Hal ini dikarenakan tidak sedikit dari kita yang tak menyadari adanya keretakan pada dinding rumah.

Segera Perbaiki Kerusakan Dibagian Dinding

Nah, dinding retak inilah yang menjadi jalan masuk bagi gerombolan rayap untuk masuk kedalam rumah, sehingga kamu akan kewalahan dalam mencari cara membasmi rayap saat koloninya sudah terbentuk.

Maka dari itu, kamu wajib memeriksa setiap sisi dinding rumah dengan teliti. Seandainya terdapat celah atau keretakan, segera tutupi dengan semen putih. Jika tidak tahu caranya, kamu pun bisa menggunakan jasa tukang bangunan yang memang lebih ahli dalam bidang tersebut.

Artikel Menarik Lainnya : Ingin Gunakan Wallpaper? Kenali Dulu Jenis-jenis Bahannya

5. Lapisi Dengan Cat Khusus Kayu

Ini dia faktor yang paling berpengaruh dalam menjaga kekuatan dan keawetan material kayu. Tak hanya dapat menjaga daya tahannya saja, bahkan pemberian lapisan cat tersebut juga dapat meningkatkan keindahan pada material kayunya lho.

Lapisi Dengan Cat Khusus Kayu

Ada banyak sekali merk cat khusus kayu yang dapat kamu jumpai dipasaran. Harga yang ditawarkannya pun sangatlah bervariasi, mulai dari yang termurah hingga termahal. Ya, murah dan mahalnya harga cat kayu tersebut tergantung merk dan ukuran volumenya.

6. Pastikan Tidak Ada Genangan Air di Area Halaman

Sebenarnya genangan air merupakan media yang dapat mendukung rayap untuk berkembang biak. Maka dari itu, kamu harus memastikan bahwa area halaman rumah sudah terbebas dari genangan air. Ya entah itu di halaman maupun di selokan.

Pastikan Tidak Ada Genangan Air di Area Halaman

Terlebih jika musim penghujan tiba, sehingga rumahmu harus ada tempat penampungan air hujan seperti kolam agar mudah dibersihkan. Disamping itu, jangan lupa juga untuk membersihkan area selokan secara rutin. Sebab selain dapat membasmi keberadaan rayap, tingkat kebersihan pada selokan juga tentunya dapat membasmi nyamuk.

7. Sediakan Ventilasi

Pada dasarnya rayap itu sangat senang berada di tempat yang lembap dan minim terkena sinar matahari. Jika dirumahmu ada banyak perabotan yang berbahan kayu, maka salah satu cara alami paling tepat untuk membasminya, yakni dengan membangun ventilasi yang memadai.

Sediakan Ventilasi

Dengan demikian, maka sinar matahari bisa masuk ke setiap sudut rumah. Hasilnya, semua furniture dan perabotan kayu yang ada di dalam rumahmu akan aman dari serangan hama rayap. Seandainya ada beberapa perabotan kayu yang sudah termakan rayap, segera jemur perabotan tersebut pada ruang terbuka. Mengapa demikian?

Pasalnya, hal tersebut bertujuan agar perabotannya langsung terkena sinar matahari untuk mengusir semua rayap yang ada di dalamnya.

Baca Juga : Tips dan Cara Merawat Lantai Kayu

8. Manfaatkan Air Cucian Beras

Tak yang tahu bahwa air cucian beras dapat digunakan untuk membasmi rayap. Setelah kamu selesai menuci beras, mulai saat ini bekas air cucian tersebut jangan langsung dibuang. Sebaiknya kamu gunakan air cucian berasnya untuk membasmi rayap.

Manfaatkan Air Cucian Beras

Lantas, bagaimana cara menggunakannya? Dalam hal ini, kamu hanya perlu menyemprotkan air cucian beras tadi ke area-area yang menjadi sarang rayap. Dengan begitu, maka keberadaan rayap akan berangsur-angsur berkuran bahkan bisa hilang untuk selamanya.

Nah, itulah 8 langkah yang bisa kamu lakukan di rumah untuk megusir rayap secara alami. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?