Perbandingan lantai keramik dan lantai vinyl, Mana yang lebih unggul ?

Perbandingan lantai keramik dan lantai vinyl, Mana yang lebih unggul ?

Lantai merupakan bahan baku yang dipergunakan sebagai penutup lantai disuatu bangunan seperti rumah dan juga dipergunakan sebagai pijakan kaki untuk terhindar dari benda material yang membahayakan anda.

Untuk lantai sendiri memiliki beberapa jenisnya dan dari masing-masing jenis lantai memiliki perbedaan, memang walapun sama-sama dipergunakan sebagai penutup lantai bangunan.

Oleh karena itu bagi anda yang akan mempergunakan lantai mana yang akan dipergunakan pada bangunan rumah anda diperlukan tetelitan dalam hal memilihnya.

Kita sebut saja salah satu contohnya seperti lantai keramik dan lantai vinyl, dari kedua jenis tersebut sama-sama memiliki kualitas yang baik untuk dipergunakan. Hanya saja dari kedua jenis tersebut memiliki perbedaan dalam hal penggunaan bahan dasarnya.

Nah, bagi anda yang penasaran untuk mengetahui lebih dalam dari kedua jenis lantai tersebut, kita langsung saja ketopik pembahasan mengenai lantai keramik dan lantai vinyl. Simak ulasan yang saya berikan sebagai berikut.

Lantai keramik

Lantai keramik mungkin sudah tidak asing lagi bukan bagi anda mengenai jenis lantai yang satu ini, ya karena dalam penggunaannya sendiri sudah familiar dan cukup dikenal luas oleh bagi kalangan orang. 

Mengapa demikian ?, karena lantai keramik sendiri memiliki varian jenis dan motif sehingga dapat mempermudah dalam hal memilihnya.

Disamping itu juga lantai keramik dalam kebutuhan bahan baku bangunan mudah untuk didapat, hampir setiap toko bangunan pastinya menjual lantai keramik.

Akan tetapi bagi anda, tahu tidak lantai keramik terbuat dari apa ?..

Bagi anda yang belum mengetahui hal tersebut, oke disini saya akan memberikan sedikit tentang lantai keramik yang mungkin belum diketahui banyak orang. Kita langsung saja menuju ulasan sebagai berikut.

Pembuatan lantai keramik

Perbandingan lantai keramik dan lantai vinyl, Mana yang lebih unggul ?
Mungkin bagi sebagian orang lantai keramik terbuat dari tanah liat bukan ?..

Sebenarnya tidak sampai disitu saja, memang dalam hal bahan dasar yang dipergunakan terbuat dari tanah liat akan tetapi melalui beberapa tahap dalam proses pembuatannya.

Lantai keramik merupakan jenis olahan yang menggunakan bahan dasarnya terbuat dari tanah liat, dengan seiringnya waktu dan juga dilengkapi alat yang memadai, lantai keramik dapat dibentuk dan dicetak sesuai dengan kebutuhan pangsa pasar.

Dalam proses pembuatannya lantai keramik yang menggunakan tanah liat dengan diproses pencetakan agar dapat menyesuaikan ukuran yang pas lalu menuju proses pembakaran, yang berguna untuk memadatkan dan juga menghilangkan kadar air sehingga memiliki tingkat kekerasan yang baik.

Disamping itu juga lantai keramik dapat menyerupai jenis lantai lainnya yang didapat dari permukaannya dengan memiliki varian motif dan warna seperti motif kayu, marmer dan jenis lainnya.

Walapun lantai keramik dapat menyerupai jenis lantai lainnya, akan tetapi jika dilihat lebih teliti lagi lantai keramik terkesan kurang natural sebab motif dan warnanya didapat dari alat pencetak bukan dari bahan dasar yang dipergunakan.

Bagaimana cara pemasangannya ?..

Perbandingan lantai keramik dan lantai vinyl, Mana yang lebih unggul ?

Untuk cara pemasangannya sendiri lantai keramik diperlukan mengukur terlebih dahulu ruangan yang akan dipergunakan, barulah menuju tahap pengacian pada permukaan bangunannya, gunanya agar lantai keramik dapat menempel dengan baik dan juga untuk meratakan posisi lantainya agar dapat dipergunakan dengan baik dan nyaman.

Dalam hal proses pemasangannya sendiri perlu anda ketahui juga untuk berhati-hati agar tidak merusak lantai keramiknya, mengapa demikian ?,, walapun lantai keramik memiliki kekerasan yang baik, bukan berarti lantai tersebut memiliki daya tahan yang kuat sebab lantai keramik mudah pecah jika terkena benturan atau pun terjatuh dari ketiungggian tertentu.

Terlepas dari apa yang sudah dijelaskan seperti peroses pembuatan dan pemasangannya perlu anda ketahui juga lantai keramik terdapat nilai kelebihan dan kekurangannya, sepert.

Kelebihan lantai keramik :

  • Memiliki daya tahan yang baik dari segi kekerasannya.
  • Memiliki tampilan jenis-jenis motif dan warna.
  • Mudah dicari.
  • Tahan terhadap api.

kekurangan lantai keramik :

  • Mudah pecah jika terjatuh dan terkena benturan keras.
  • Jika dipijak terasa dingin.
  • Jika terkena air anda perlu berhati-hati karena licin.
  • Walaupun dapat menyerupai jenis lantai lainnya tampilannya terkesan kurang natural.

Lantai vinyl 

Lantai vinyl untuk jenis lantai yang satu ini mungkin bisa dikatakan menjadi tren saat ini dan juga tidak sepi peminatnya sebab lantai vinyl memiliki tampilan yang indah dan terkesan estetik, oleh karena itu lantai ini sering sekali dipergunkan pada bangunan rumah yang ingin memiliki tampilan yang estetika.

Mengapa lantai vinyl memiliki tampilan yang estetik ?..

Dalam hal tersebut lantai vinyl memiliki tampilan yang estetik terdapat pada permukaannya dengan memiliki ragam jenis motif seperti kayu.

Sehingga dengan begitu tampilannya pun dapat menyesuiakan selera dan tempat yang akan diterapkan. 

Untuk lantai vinyl sendiri dapat diaplikasikan disetiap bangunan rumah seperti ruang tamu, kamar tidur dan juga dapat dipergunakan pada kamar mandi.

Disamping itu juga lantai vinyl memiliki harga yang cukup terjangkau karena akan kebutuhan pasar yang mulai meningkat, akan tetapi memiliki harga yang terjangkau bukan berarti kualitas lantai vinyl kurang. Dari segi kualitasnya bisa dikatakan hampir sama dengan jensi-jensi lantai lainnya.

Terlepas dari itu, mungkin jenis yang satu ini belum banyak diketahui bukan dalam hal pembuatan dan pemasangannya, oke bagi anda yang ingin sekali mengenal lebih dalam tentang jenis lantai yang satu ini, simak ulasan yang saya berikan sebagai berikut.

Bagaimana peroses pembuatan lantai vinyl ?....

Perbandingan lantai keramik dan lantai vinyl, Mana yang lebih unggul ?
Lantai vinyl merupakan jenis lantai yang menggunakan bahan dasarnya dari PVC atau poly vinyl chloride yaitu jenis bahan kimia yang memiliki tingkat elastisitas yang stabil dan juga memiliki daya tahan yang kuat.

Untuk pvc sendiri menggunakan cara polimerisasi monomer vinil klorida. Dengan massa sebesar 57 persen yang merupakan klor, bahan PVC pun memakai bahan baku minyak bumi paling rendah.

Dengan begitu pvc memang dianggap mampu untuk dijadikan lantai vinyl. Tidak hanya disitu saja bahan tersebut kerap sekali digunakan untuk bahan dasar jenis material laninya sebab selain memiliki kualitas yang baik juga memiliki harga yang terjangkau apalagi sudah cukup dikenal disetiap penjuru dunia.

Terlepas dari apa yang dijelaskan, dalam hal pembuatan lantai vinyl melalui beberapa tahapan yang pertama bahan pvc dan bahan kimia lainnya dicampurkan lalu diberi panas setelah itu melalui mesin lainnya dengan cara tekanan sehingga meleleh dan berbentuk seperti adonan.

Dari tahapan tersebut menuju proses pengolahan yang dapat berbentuk roll dan tile barulah menuju proses pencetakan dengan memiliki warna dan motif kayu dan yang terakhir menuju peroses pemotongan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Selain itu juga lantai vinyl telah ditambah lapisan anti gores pada permukaannya agar tidak merusak lantai tersebut.

Dengan begitu barulah dapat dipergunakan dengan baik dan juga memiliki varian warna dan motif yang dimilikinya.

Akan tetapi memang tidak dipungkiri juga dari segi kesehatan perlu diperhatikan sebab lantai vinyl menggunakan bahan kimi yang mungkin berbahaya khususnya bagi anak-anak.

Cara pemasangan lantai vinyl

Perbandingan lantai keramik dan lantai vinyl, Mana yang lebih unggul ?

Dalam hal proses pemasangan lantai vinyl mungkin bisa dikatakan cukup mudah bahkan dapat dikerjakan oleh anda sendiri, hanya saja sebelum melakukannya diperlukan juga alat-alat yang mendukung dan juga ketelitan agar dapat memasangnya dengan benar.

Untuk proses pemasangannya yang pertama menyiapkan alat pemotong pisau yang tajam setelah itu mengukur ruangan yang akan diaplikasikan, lalu menyiapkan lantai vinyl yang sudah sesuai dengan ukuran ruangan. 

Sebelum meletakannya lantai vinyl perlu menggunakan lem perekat khusus untuk mengoleskan pada permukaan bawahnya gunannya agar lantai tersebut tidak perpindah posisi saat pemasangannya sebab dengan begitu antara lembaran vinyl lainnya memiliki tingkat kerapatan yang rata.

Itulah cara proses pemasangan lantai vinyl, selain itu juga perlu anda ketahui juga lantai vinyl memiliki kelebihan dan kekurangannya seperti.

Kelebihan yang dimiliki lantai vinyl :

  • Memiliki ragam jenis motif dan warna kayu.
  • Memiliki elastisitas yang stabil.
  • Mudah dalam proses pemasangannya.
  • Tahan terhadap air.
  • Memiliki harga yang cukup terjangkau.

Kekurangan yang dimiliki lantai vinyl :

  • Mudah terkelupas jika proses pengelemannya tidak rata.
  • Walaupun memiliki tampilan seperti kayu tetapi tidak menggunakan bahan kayu sedikitpun.
  • Mudah terbakar.
  • Dari segi kesehatan tidak baik.

Itulah penjelasan mengenai lantai keramik dan lantai vinyl, dari kedua jenis tersebut sama-sama memiliki tampilan yang indah dan juga kualitas yang baik untuk dipergunakan pada bangunan rumah anda.

Lalu mana yang lebih unggul dari kedua jenis lantai tersebut ?...

Dari masing-masing jenis lantai tersebut sama-sama memiliki kualitas yang baik, akan tetapi memiliki perbedaan dari bahan dasar yang dipergunakan selain itu juga untuk lantai keramik memiliki sifat yang keras pada bentuknya dan untuk lantai vinyl memiliki elastis pada bentuknya.

Nah, bagi anda mana yang mamiliki kualitas yang paling baik untuk dipergunakan itu tergantung dari anda sendiri sebab hampir semua orang memiliki seleranya masing-masing oleh karena itulah, anda perlu tepat dalam hal memilihnya.

Hanya saja jika anda bingung yang mana untuk dipilih, saya akan memberikan saran atau solusi terbaik yaitu jika anda melihat dari segi kekerasan ataupun yang biasa orang lain pergunakan, anda dapat memilih jenis lantai keramik. Dan bagi anda juga jika melihatnya dari segi harga yang terjangkau dan juga memiliki tampilan estetik, anda dapat memilih jenis lantai vinyl.

Dengan begitu anda tidak perlu hawatir lagi dalam hal mana yang lebih unggul dan lebih baik dipergunakan pada bangunan rumah anda.

Posting Komentar