8 Desain Rooftop Garden Tampil Lebih Indah

8 Desain Rooftop Garden Tampil Lebih Indah

Taman memang dianggap sangat penting pada bangunan rumah, selain penggunaan untuk membuat kesegaran lingkungan rumah namun juga dapat memperindah tampilan rumah. Biasanya taman dalam penempatannya di halaman rumah atau juga bagian indoor sebuah rumah, nah untuk kali ini ada juga tampilan yang lebih menarik yaitu rooftop.
 
Mungkin Anda pernah pergi ke hotel atau pun restoran yang memiliki rooftop garden sebagai tempat untuk bersantai, berenang, hingga berpesta. Pada bangunan komersial, keberadaan rooftop garden tentunya menghasilkan kualitas estetika yang baik sehingga turut meningkatkan nilai komersilnya.
Pasti seru ya rasanya kalau memiliki rooftop garden pada hunian pribadi? Rooftop garden menjadikan area atap hunian dapat digunakan sebagai tempat untuk beraktivitas juga.

Apa itu rooftop garden ?

Rooftop garden atau taman atap adalah ruang hijau yang penempatannya dibagian atap atau balkon dari sebuah bangunan. Taman ini dirancang untuk membudidayakan tanaman, menyediakan ruang beraktifitas, memberi keteduhan dan tempat berlindung, atau sebagai tempat duduk dan area hijau.

Selain itu juga manfaat dari rooftop garden bisa mengembangkan aktivitas bercocok tanam, mengontrol suhu, menambah estetika, habitat atau koridor untuk margasatwa, kegiatan rekreasi, dan dalam skala besar memiliki manfaat ekologis. Seni bercocok tanam di rooftop garden kadangkala disebut sebagai rooftop farming (pertanian atap), yang biasanya menggunakan sistem green roof, hidroponik, aeroponik, atau air-dynaponics atau tanaman pot.

Oke terlepas dari itu, disni saya akan memberikan informasi 8 desain rooftop yang mungkin dapat menajdi solusi bagi anda yang akan membangunnya, simak ulasan sebagai berikut.

8 Desain rooftop garden

1. Desain rooftop garden sederhana

8 Desain Rooftop Garden Tampil Lebih Indah

Mengusung desain sederhana ini memang bisa dikatakan cukup mudah dalam penerapannya disamping itu juga tidak menghilangkan kesan keindahannya.

Dengan begitu desain tersebut bisa menjadi solusi bagi anda untuk penerapkannya, sehingga tampilan bangunannya dapat membuat lebih indah bukan dengan rooftop garden tersebut.

2. Desain rooftop garden dengan perpaduan hiasan lampu-lampu

8 Desain Rooftop Garden Tampil Lebih Indah

Desain rooftop yang memakai hiasan lampu-lampu, dengan tampilan ini pada saat anda pergunakan dimalam hari dapat membuat suasan yang indah dan juga sedikit cerah.

Disamping itu juga jika dilihat dari sudut manapun tampilan bangunan anda di bagian atasnya memiliki pencahayan yang berarti terdapat ciri khas tersendiri pada bangunan lain yang tidak memiliki rofftop garden.

3. Desain rooftop garden konsep romantis

8 Desain Rooftop Garden Tampil Lebih Indah

Desain rooftop yang mengusung konsep romantis bisa menjadi pilihan bagi anda yang memiliki pasangan, sebab tampilannya terlihat indah bukan apa lagi memiliki perapian pada bagian tengahnya.

Dengan begitu anda dan pasangan anda akan terbawa suasana yang romatis dan juga yang terlebih bisa membuat tetap saling menjaganya keharmonisan anda dan pasangannya.

4. Desain yang memiliki area anak-anak

8 Desain Rooftop Garden Tampil Lebih Indah

Nah itu yang satu ini bagi anda yang sudah berkeluarga dan juga sudah memiliki anak bisa juga nih desain ini dipergunakan selain memiliki tampilan yang inda dan juga segar karena masih memakai tumbuhan hijau. Dapat juga membuat anak anda lebih ceria dan juga bahagia saat ia sedang beraktifitas bermain.

Akan tetapi perlu anda ketahui juga ya, dalam konsep ini memikirkan juga pembatas bangunannya pada bagian setiap sisinya agar anak anda aman dan anda juga tidak hawatir lagi memikirkan anak anda yang sedang ceriannya saat bermain.

5. Desain rooftop yang memiliki alat masaknya

8 Desain Rooftop Garden Tampil Lebih Indah

Desain rooftop yang memiliki alat-alat memasak, ingin juga rasanya memasak di area outdoor terlebih memiliki tampilan yang indah dari sudut manapun juga.

Apa lagi pada saat anda sedang bersantap menikmati hidangannya akan terasa nyaman dan lebih menikmati hasil masakannya bukan. Oleh karean itu desain ini cocok sekali bagi anda yang gemar memasak.

6. Desain tampilan lebih luas dengan memiliki perapian

8 Desain Rooftop Garden Tampil Lebih Indah

Mengusung desain tampilan yang lebih luas dan juga memiliki perapian untuk kali ini bagi anda yang memiliki atap bangunan yang luas bisa juga nih desain tersebut dapat menjadi solusi bagi anda dalam menerapkannya.

Apa lagi yang memiliki kawan yang banyak atau juga yang biasa keluarganya sering berkumpul, dengan demikian tempat tersebut bisa menjadi ajang beraktifitas dan berseda gurau. Terlihat asik bukan dalam penerapan hal tersebut.

7. Desain rooftop garden yang menggunakan balkon

8 Desain Rooftop Garden Tampil Lebih Indah

Dalam desain kali ini bagi anda yang hawatir di musim hujan atau juga paparan langsung triknya sinar matahari, penggunaan balkon dapat menjadi solusinya dengan begitu anda akan terasa aman dan dilindungi bukan.

Untuk tampilannya sendiri masih tetap terlihat indah dan juga pada saat mempergunakannya juga anda akan merasa nyaman dengan desai ntersebut.

8. Desain yang menggunakan kanopi kayu

8 Desain Rooftop Garden Tampil Lebih Indah

Desain tersebut memiliki tampilan yang menarik bukan karena terdapat bagian yang memiliki nilai artistik itu karena dalam penerapannya menggunakan unsur kayu, hal tersebut lah yang membuat tampilannya lebih indah bahkan juga memiliki pemanfaatan lain sebagai menghalangi paparan lansung dari triknya sinar matahari.

Dari semua desain diatas hampir semuanya menggunakan unsur kayu dalam penerapannya bukan ?.. hal tersebut lah bisa dikatakan rooftop dapat terlihat lebih mewah dan elegan pada tampilannya.

8 Desain Rooftop Garden Tampil Lebih Indah
Nah dalam penggunaan unsur kayu diatas memakai beberapa jenis seperti lantai kayu, untuk penggunaan lantai kayu yang berjenis decking biasanya memang sering sekali dipergunakan pada area outdoor karena di anggap mampu bertahan dari perubahan cuaca yang buruk dan serangga seperti rayap dengan demikian penggunaan decking bisa menjadi solusi bagi anda jika ingin membangun rooftop garden pada hunian anda.

Disamping itu juga bagi anda yang membangun sebuah rooftop garden dengan menggunakan bahan lantai kayu dapat memebuat tampilannya lebih indah dan juga terlihat estetika bukan ?.. bahkan yang terlebih dapat membedakan dengan bangunan lain yang tidak memiliki rooftop garden dengan begitu bangunan anda memilii ciri khas tersendiri.