Begini Tips Membersihkan Lantai Sesuai Materialnya

Tips membersihkan lantai

Tips membersihkan lantai – Seperti yang diketahui, bahwa lantai menjadi salah satu elemen di dalam rumah yang berfungsi untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Mengingat akan hal itu, sudah menjadi kewajiban bagi setiap pemilik rumah untuk senantiasa menjaga dan memeliara kebersihan lantai. Pasalnya, kondisi lantai yang bersih tentunya sangat berpengaruh terhadap tingkat keindahan dan kenyamanan dalam hunian.

Selain itu, kebersihan lantai juga dapat meminimalisir perkembangan kuman serta bakteri yang menjadi pemicu timbulnya berbagai jenis penyakit.

Akan tetapi, cara membersihkan pada setiap jenis material lantai itu berbeda-beda lho. Lalu, bagaimana cara membersihkan lantai yang berdasarkan materialnya?

Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Cara Bersihkan Lantai Berdasarkan Bahannya

1. Membersihkan Lantai Parket Kayu

Sudah tidak diragukan lagi bahwa penggunaan lantai parket kayu dapat mempertegas kesan mewah, elegan, dan natural. Sehingga tak heran jika jenis material lantai yang satu ini semakin diminati.

Membersihkan Lantai Parket Kayu

Namun, lantai parket itu sendiri terdiri dari dua tipe yang berbeda. Ya, ada lantai parket kayu solid dan kayu sintetis.

Khusus untuk lantai parket solid memang memerlukan perhatian ekstra, karena material dasarnya yang terbuat dari kayu asli. Dengan kata lain, cara membersihkan lantai parket solid cukup berbeda dengan parket sintetis maupun jenis material lantai lainnya.

Baca selengkapnya: Tips Dan Cara Merawat Lantai Kayu

2. Membersihkan Lantai Granit

Selain lantai parket kayu, lantai granit juga dapat menonjolkan kesan mewah dan elegan pada hunian. Pasalnya, material lantai granit mempunyai kilauan indah yang begitu serasi dengan motifnya.

membersihkan Lantai Granit

Berbicara soal perawatannya, sebenarnya lantai granit ini tidak berbeda jauh dengan jenis lantai keramik. Pasalnya, kamu hanya perlu mengepel dan menyapunya secara rutin. Meski demikian, cara mengepel pada lantai granit ini tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Oleh karena itu, pastikan lantai granit dalam keadaan kering setelah di pel dengan cara mengelapnya menggunakan kain yang berbahan micro fiber. Mengapa demikian?

Apabila lantai granit dibiarkan basah dan mengering dengan sendirinya, maka air sisanya bisa menimbulkan noda yang akan sulit dihilangkan. Jika noda tersebut sudah muncul, tentu saja kamu harus memoles ulang kembali lantai granit tersebut.

3. Membersihkan Lantai Marmer

Dilihat dari wujudnya, lantai marmer ini memang tidak berbeda jauh dengan jenis lantai granit. Ya, lantai marmer juga tampil dengan kilauan serta beragam motif yang begitu cantik.

Membersihkan Lantai Marmer

Ketika kamu akan mengepel lantai marmer, sebaiknya gunakan kain yang bertekstur lembut. Hal tersebut bertujuan agar tidak menimbulkan goresan pada permukaan antai marmer.

Selain itu, dianjurkan juga bagi kamu untuk menggunakan cairan pembersih khusus lantai marmer agar hasilnya lebih maksimal. Jika tidak memiliki cairan pembersih khusus tersebut, kamu bisa memanfaatkan baking soda untuk membersihkan bagian-bagian lantai marmer yang sulit dibersihkan.

Untuk caranya, campurkan baking soda dengan air secukupnya, lalu aduk-aduk hingga membentuk seperti pasta. Setelah itu, celupkan lap kain yang bertekstur kedalam pasta tersebut, kemudian pel permukaan lantai marmernya.

Tahap selanjutnya, segera bilas dengan menggunakan lap kain lembut yang bersih. Dengan begitu, maka tampilan lantai marmernya akan tampak seperti baru lagi.

Artikel Serupa: Nilai Plus & Minus Lantai Marmer yang Menarik Untuk Dibahas

4. Membersihkan Lantai Karpet

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa karpet menjadi salah satu pelapis lantai yang hampir semua orang menggunakannya di dalam rumah.

membersihkan Lantai Karpet

Selain menawarkan harga yang relative murah, karpet juga menghadirkan banyak motif sehingga dapat kamu pilih sesuai selera. Biasanya, karpet sering diaplikasikan pada area ruang tamu dan ruang keluarga. Bahkan, tak sedikit juga dari mereka yang menempatkan karpet di kamar tidurnya.

Akan tetapi, lantai karpet rawan terhadap berbagai permasalahan yang mudah menyerap kotoran, noda, bulu hewan, dan lain sebagainya. 

Jika tidak dirawat dengan baik, tentu saja lantai karpet dirumah anda akan menjadi sarang kuman dan bakteri. Adapun mengenai beberapa cara perawatan pada lantai karpet seperti berikut:

  • Sedot menggunakan vacuum cleaner beberapa kali dalam seminggu
  • Lindungi bagian karpet yang sering dilewati menggunakan pelapis lantai
  • Membersihkan karpet menggunakan sapu lidi untuk mengangkat kotoran disela-selanya
  • Segera bersihkan karpet dari tumpahan noda cairan
  • Bersihkan karpet dengan menggunakan mesin pembersih uap.

5. Membersihkan Lantai Keramik

Membersihkan Lantai Keramik

Pada dasarnya, cara perawatan lantai keramik tidaklah seribet pada jenis-jenis material lantai lainnya. Saat ada kotoran maupun debu, anda hanya perlu menyapu dan mengepelnya seperti biasa saja.

Bahkan ketika ada noda yang cukup membandel, kamu bisa membersihkannya menggunakan bahan-bahan alami seperti berikut:

* Membersihkan Lantai Keramik Menggunakan Pasta Gigi

Tak banyak orang yang tahu, bahwa pasta gigi bisa digunakan untuk membersihkan lantai keramik. Caranya pun sangat mudah, yang mana kamu hanya tinggal mengoleskan pasta gigi pada lantai keramik, diamkan beberapa saat, lalu sikat perlahan menggunakan sikat.

Baca juga: Ini Dia Beberapa Motif Lantai Keramik Terpopuler

* Membersihkan Lantai Keramik Menggunakan Lemon

Kabarnya, buah lemon mempunyai kandungan zat antibakteri yang dapat membunuh kuman dalam sekejap serta mengusir bau tak sedap. Siapkan beberap buah lemon, peras airnya lalu campurkan kedalam air hangat dengan perbandingan 1:3.

Setelah itu masukkan kedalam botol spray, kemudian semprotkan pada permukaan lantai keramik, dan diamkan beberapa saat. Setelah itu pel menggunakan kain bersih, sehingga lantai keramik akan tampak lebih mengkilap.

* Membersihkan Lantai Keramik Menggunakan Cuka

Tak hanya lemon, kamu juga bisa menggunakan cuka untuk membersihkan lantai keramik. Untuk cara kerjanya, kamu bisa melihat seperti pada yang cara lemon tadi.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai cara membersihkan lantai yang berdasarkan materialnya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan penambah wawasan.