Nilai Plus & Minus Lantai Marmer yang Menarik Untuk Dibahas

Plus minus lantai marmer

Plus minus lantai marmer – Tampaknya marmer sudah bukan hal yang asing lagi dikalangan masyarakat. Hal itu pun terbukti, yang mana material marmer kerap diandalkan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari konstruksi bangunan, furniture, mebel, kerajinan, dan masih banyak lagi.

Dalam bidang konstruksi, umumnya material marmer sering digunakan sebagai pelapis dinding dan lantai. Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi seputar material lantai marmer, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Nilai Plus Lantai Marmer

1. Menghadirkan Nuansa Mewah

Permukaan lantai marmer tampil dengan corak eksotis yang dipercantik oleh kilauan-kilauan bening. Selain itu, bahkan lantai marmer juga mempunyai perpaduan warna-warna yang begitu solid sehingga dapat mempertegas kesan natural.

Menghadirkan Nuansa Mewah

Tentu saja penggunaan lantai marmer merupakan pilihan paling tepat untuk menghadirkan nuansa mewah didalam hunian.

Mengingat materialnya yang berupa batuan alam, maka wajar saja jika penggunaan lantai marmer memberikan efek sejuk didalam ruangan rumah. Tentu saja material lantai yang satu ini sangat cocok diaplikasikan bagi mereka yang tinggal di daerah dengan cuaca panas.

Baca juga: Kupas Tuntas Seputar Lantai Granit

2. Kualitas yang Tinggi dan Mudah Dirawat

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi bahwa marmer terbuat dari bahan batuan alami. Sehingga tak heran jika lantai marmer memiliki tingkat kekuatan dan ketahanan yang sangat bagus.

Kualitas yang Tinggi dan Mudah Dirawat

Bukan hanya itu, ternyata proses perawatan lantai marmer ini terbilang cukup mudah. Pasalnya, ia mempunyai kilauan mineral penyusun yang membuatnya tidak mudah kusam. Untuk cara perawatannya sangat mirip dengan perawatan lantai keramikyakni cukup di pel dan disapu seperti biasa.

3. Dapat Dipasang Di Hampir Semua Ruangan

Kelebihan berikutnya dari lantai marmer yang harus kamu ketahui, yakni bisa dipasang di hampir semua ruangan, mulai dari area teras, ruang tamu, dapur, kamar tidur, dan lain sebagainya.

Dapat Dipasang Di Hampir Semua Ruangan

Terlebih lantai marmer tampil kedalam berbagai varian motif, sehingga dapat kamu pilih sesuai dengan konsep maupun tema rumah. 

Agar tampilan ruangan rumah tidak terkesan membosankan, kamu pun bisa menggabungkannya dengan material lain seperti furniture kayu hingga barang-barang berbahan logam lainnya.

Nilai Minus Lantai Marmer

1. Menjadi Licin Saat Terkena Air

Menjadi Licin Saat Terkena Air

permukaan lantai marmer terasa cukup licin yang pastinya dapat meningkatkan risiko terpeleset. Belum lagi tekstur lantai marmer yang keras, sehingga akan membahayakan keselamatan jika sampai kepalamu terbentur.

Maka dari itu, penggunaan lantai marmer tidak cocok diaplikasikan di area-area yang berair seperti kamar mandi dan pinggiran kolam.

Baca Juga: Ini Dia Beberapa Motif Lantai Keramik Terpopuler

2. Proses Pemasangan yang Tergolong Sulit

Selain permukaannya yang licin saat terkena air, ternyata proses pemasangannya yang tergolog rumit. Maka dari itu, kamu yang tidak memiliki keahlian di bidang ini jangan coba-coba untuk memasang lantai marmer seorang diri.

Proses Pemasangan yang Tergolong Sulit

Hal ini bukan tanpa alasan, karena proses pemasangan lantai marmer harus dilakukan secara hati-hati dan teliti agar pemasangannya presisi. Alhasil, ongkos biaya pemasangan lantai marmer tergolong cukup mahal.

3. Harga yang Relatif Mahal

Harga yang Relatif Mahal

Kualias lantai marmer yang sangat mumpuni tentu saja tidak terlepas dari awal prosesnya, mulai dari pengambilan bahan baku hingga diolah menjadi sebuah material yang bernilai tinggi. Sehingga tak heran jika harga lantai marmer dipasaran relatif mahal.

Itu sebabnya, mengapa lantai marmer hanya bisa kita temui pada rumah orang-orang kalangan menengah ke atas saja.

Berapakah Harga Lantai Marmer?

Perlu diketahui, harga lantai marmer akan dibedakan berdasarkan ukuran serta merknya. Adapun mengenai daftar harga lanta marmer yang terbarunya seperti berikut:

Marmer Merk Statuario

  • Statuario BookMatch: Rp 1 juta (per slab)
  • Statuario Marmer putih / Quartz Stone: Rp 1,4 juta (per slab)
  • Statuario Venato marmer putih import Italy: Rp 1,8 juta (per slab)
  • Statuario Marmer Import: Rp 2,8 juta (per slab)
  • Statuario Marmer: Rp 3,25 juta (per slab)

Baca juga: Harga Decking Kayu Ulin

Marmer Import

  • Saint Laurent: Rp 920 ribu (per slab)          
  • Black Gold: Rp 1,28 juta (per slab)
  • Nero Assoluto: Rp 1,295 juta (per slab)
  • Travertine Cream: Rp 1,895 juta (per slab)
  • Snow White: Rp 2,135 juta (per slab)
  • White Carrara: Rp 1,150 juta (per slab)
  • Dark Emperador: Rp 1,390 juta (per slab)

Itu dia daftar harga lantai terbarunya dari berbagai merk, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.