Karakteristik Kayu Sungkai & Daftar Harga Terbarunya

 

seluk beluk kayu sungkai

Harga Kayu Sungkai – Sebagai salah satu negara dengan sumber kekayaan hutan terbesar di dunia, tentu saja ada banyak jenis pohon kayu yang tumbuh subur di Indonesia. Sehingga tak heran jika material kayu tidak sulit untuk kita jumpai di pasaran.

Setiap jenis kayu tentunya memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari warna, pola corak, tekstur, hingga tingkat kekuatan dan keawetannya. Begitu pun dengan kayu sungkai yang mempunyai karakteristik berbeda dengan jenis kayu lainnya.

Lantas, kayu sungkai berasal dari daerah mana? Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Asal Usul Pohon Kayu Sungkai

Penyebaran pohon kayu sungkai bisa kita temui pada beberapa daerah di Indonesia, seperti Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Selain di Indonesia, pohon kayu sungkai juga tumbuh subur di beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand.

Sebenarnya kayu sungkai memiliki berbagai nama yang sesuai dengan daerah asalnya, seperti kayu jati sabrang, ki sabrang, kurus, sekai, dan lain sebagainya.

Adapun mengenai pohon kayu sungkai yang dapat tumbuh dengan ketinggian berkisar 20 – 30 meter, sedangkan ukuran diameternya mencapai 60 cm.

Karakteristik Kayu Sungkai

Kabarnya, kayu sungkai diklaim mampu menahan berat yang cukup baik. Untuk berat jenisnya, kayu sungkai memiliki berat sekitar 550 – 650 kg/m3 dan tingkat kelenturan yang mencapai 400 – 900 kg/m3, sementara untuk tingkat kekuatannya berkisar 300 – 650 kg/m3.

Karakteristik Kayu Sungkai

Mengenai tampilan fisiknya, yang mana bagian tengah kayu sungkai ini mengusung warna cokelat muda, sedangkan bagian pinggirannya tampil dengan warna yang lebih terang.

Namun, tekstur kayu sungkai tergolong cukup kasar meskipun sudah di amplas. Meski demikian, kayu sungkai memiliki pola serat yang begitu indah. Itu sebabnya, mengapa kayu sungkai selalu diandalkan dalam bidang furniture.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, kayu sungkai terbagi lagi kedalam beberapa jenis seperti Sungkai serat lurus, Sungkai serat mahkota, Sungkai perpaduan serat lurus dan mata sehat, serta Sungkai perpaduan serat mahkota dan mata sehat.

Kelebihan Kayu Sungkai:

  • Proses pengolahan dan pengerjaan yang cukup mudah
  • Mempunyai serat dan pola yang sangat indah
  • Furniture yang berbahan kayu sungkai cocok dterapkan pada hunian minimalis
  • Bisa diolah menjadi veneer untuk melapisi permukaan kayu lapis
  • Menawarkan harga yang relatif murah dan berbobot ringan.

Baca Juga: Mengenal Kayu Meranti dan Pemanfaatannya

Kelemahan Kayu Sungkai:

  • Tidak terlalu tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim
  • Tidak cocok dijadikan sebagai jenis furniture outdoor
  • Daya tahannya terhadap serangan rayap tergolong rendah
  • Kayu sungkai sulit dibedakan dengan jenis kayu lainnya
  • Teksturnya masih terasa kasar meski sudah diamplas
  • Tidak terlalu kuat jika ditempatkan di area lembap.

Harga Kayu Sungkai Terbaru

Harga kayu sungkai dipasaran cukup bervariasi, karena akan dibedakan berdasarkan ukurannya. Adapun mengenai daftar harga kayu sungkai terbaru yang akan dibahas seperti berikut:

  • Kayu sungkai ukuran 3 x 10 x 200 cm: Rp 9,5 juta (per m3)
  • Kayu sungkai ukuran 3 x 12 x 200 cm: Rp 9,8 juta (per m3)
  • Kayu sungkai ukuran 3 x 15 x 200 cm: Rp 10,3 juta (per m3)
  • Kayu sungkai ukuran 3 x 20 x 200 cm: Rp 10,7 juta (per m3)
  • Kayu sungkai ukuran 3 x 25 x 200 cm: Rp 11,5 juta (per m3)
  • Kayu sungkai ukuran 4 x 10 x 200 cm: Rp 9,8 juta (per m3)
  • Kayu sungkai ukuran 4 x 12 x 200 cm: Rp 10,2 juta (per m3)
  • Kayu sungkai ukuran 4 x 20 x 200 cm: Rp 10,5 juta (per m3)
  • Kayu sungkai ukuran 4 x 25 x 200 cm: Rp 11,8 juta (per m3)

Baca Juga: Merk Cat Kayu yang Bagus

Berbagai Produk Olahan Kayu Sungkai

1. Kursi

kursi kayu sungkai

Berkat tampilan warnanya yang dominan kuning, kayu sungkai kerap dijadikan untuk pembuatan kursi kayu yang cocok diaplikasikan pada hunian tipe minimalis dan klasik. Bahkan yang lebih menariknya lagi, kursi yang berbahan kayu sungkai ini memiliki motif yang begitu sedap dipandang.

2. Meja

meja kayu sungkai

Dengan keindahan meja belajar yang berbahan kayu sungkai, tentu saja hal tersebut dapat menciptakan nuansa kehangatan. Bukan hanya itu, meja dari kayu sungka juga sudah terbukti kuat sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Bahkan, keberadaan meja kayu sungkai juga akan mempercantik tampilan ruangan kerjamu.

3. Partisi (Kisi-kisi)

partisi kayu sungkai

Partisi atau kisi-kisi merupakan sebuah furniture yang kerap diaplikasikan pada hunian dengan tema terbuka. Dengan kata lain, partisi akan difungsikan sebagai sekat antar ruang satu dengan ruangan lainnya.

Artikel Serupa: 4 Rekomendasi Desain Kisi-kisi Terbaik Untuk Hunian

4. Lemari (Kitchen Set)

Selain dijadikan partisi, kayu sungkai juga selalu menjadi pilihan utama dalam pembuatan lemari kayu. Ya, hal ini dikarenakan tingkat kekuatan kayu sungkai yang memang lebih kuat jika dijadikan sebagai furniture indoor.

lemari kayu sungkai

Walaupun teksturnya masih agak kasar, namun lemari yang berbahan kayu sungkai ini cukup banyak peminatnya. Guna tercipta nuansa yang lebih alami dan natural, sebaiknya lemari kayu sungkai tersebut dipadukan dengan dinding yang berwarna putih.

Itu dia penjelasan singkat mengenai karakteristik, daftar harga, hingga pemanfaatan kayu sungkai, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan penambah wawasan.