Referensi Jenis Lantai yang Tepat Untuk Lapang Voli Indoor

 

Jenis Lantai yang Tepat Untuk Lapang Voli Indoor

Lantai untuk lapang voli – Meski tidak sepopuler sepak bola, namun voli juga merupakan salah satu jenis olahraga yang memang cukup diminati di Indonesia.

Hal itu terbukti, yang mana setiap laga voli digelar mampu menyedot perhatian banyak masyarakat, entah itu skala nasional maupun yang internasional.

Lapangan olahraga voli dibedakan kedalam dua tipe berbeda, yakni yang berbasis indoor dan outdoor. Pada umumnya, lapang voli yang berbasis outdoor menggunakan material tanah atau pasir sebagai media lantai.

Lain halnya dengan lapangan voli indoor, dimana ada beragam jenis material lantai yang bisa digunakan. Lalu, jenis material lantai manakah yang cocok untuk lapangan voli indoor?

Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

5 Pilihan Material Lantai Untuk Lapangan Voli Indoor

1. Lantai Parket Solid

Dikarenakan materialnya yang terbuat dari bahan kayu solid (kayu utuh), tentu saja tingkat kekuatan dan keawetan lantai parquet sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Tak hanya kokoh dan kuat, penggunaan lantai kayu solid juga tentunya dapat meningkatkan nilai estetika pada lapangan futsal itu sendiri.

Lantai Parket Solid

Terlebih untuk jenis parket jati dan merbau yang memang terkenal dengan keindahan dan keawetannya. Bukan hanya itu, lantai kayu solid memiliki permukaan dengan tekstur kesat sehingga tidak akan licin.

Tentunya hal tersebut akan memberikan rasa nyaman dan aman bagi para pemain, karena dapat meminimalisir risiko terpeleset. Seandainya terjatuh, kamu pun tidak akan terlalu merasa sakit karena tekstur lantai parket yang tergolong cukup empuk.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, lantai parket memiliki kemampuan yang dapat menghantarkan suhu hangat sehingga akan berdampak bagus untuk kesehatan.

Baca selengkapnya: Seperti Inilah Perbedaan Lantai Kayu Jati Dengan Lantai Kayu Merbau

2. Lantai Interlock

Biasanya lantai interlock sering diaplikasikan pada lapangan futsal indoor, dikarenakan materialnya terbuat dari bahan polypropylene sehingga memiliki daya tahan yang tinggi.

Lantai Interlock

Seiring berjalannya waktu, kini lantai interlock juga bisa diaplikasikan pada lapangan berbasis indoor lainnya, seperti voli, badminton, squash, hingga fitness center.

Selain awet, lantai yang satu ini juga sudah terbukti tahan terhadap serangan hama serangga, anti jamur, hingga anti bakteri. Adapun mengenai beragam varian warna yang tersedia, mulai dari yang gelap, terang, dan netral.

Dari segi pemasangan, lantai interlock ini terbilang cukup mudah. Pasalnya, lantai interlock sudah dilengkapi dengan fitur knock down sehingga kamu hanya tinggal membongkar pasang saja.

Menariknya lagi, pada setiap sudutnya terdapat kuncian yang akan mempermudah kita saat memindahkan atau memasangnya kembali.

Namun, cara perawatan lantai interlock tersebut tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Saat hendak mengepelnya, sebaiknya anda menggunakan pel yang bertekstur lembut agar terhindar dari goresan.

3. Lantai Vinyl

Selintas tampilan lantai vinyl memang tampak seperti parket solid. Hal itu bukan tanpa alasan, sebab ada beberapa produk lantai vinyl yang dibuat dengan motif kayu.

Lantai Vinyl

Padahal, sebenarnya lantai vinyl bukan bagian dari jenis lantai kayu parket, melainkan sejenis lantai sintetis. Hal itu terbukti, yang mana tekstur lantai vinyl lebih lentur dan elastis.

Pasalnya, material lantai vinyl terbuat dari pahan Polyvinyl Chloride (PVC) yang biasa digunakan untuk bahan baku pembuatan paralon atau pipa air. Dari sisi kekuatan, tentunya lantai vinyl tidak sekuat lantai parket solid.

Secara kualitas, tentu saja lantai vinyl ini berada jauh dibawah lantai kayu solid. Meski demikian, lantai vinyl masih tetap ideal digunakan untuk lapangan voli maupun lapangan indoor lainnya.

Artikel Serupa: Rekomendasi Stiker Lantai Motif Kayu Terbaik Untuk Hunian

4. Lantai Atletik Poliuretan

Berbicara soal jenis lantai yang kuat dan mampu menahan beban berat, maka lantai Atletik Poliuretan ini adalah jawabannya. Disamping kuat dan kokoh, jenis lantai tersebut juga memiliki tekstur permukaan yang mulus.

Lantai Atletik Poliuretan

Dari segi fungsi, mungkin lantai Atletik Poliuretan ini bisa dibilang multifungsi alias serba guna. Sebab Atletik Poliuretan dapat diaplikasikan pada hampir semua gelanggang olahraga, seperti basket, badminton, futsal, voli, dan sarana olahraga indoor lainnya.

5. Lantai SPC

Dinilai dari strukturnya, lantai SPC terbagi menjadi 4 bagian lapisan. Untuk lapisan pertama adalah wear layer yang berfungsi sebagai pelindung dari goresan dan noda pada permukaan lantai SPC, sedangkan lapisan kedua berupa printing film yang berperan sebagai warna atau pola dari lantainya.

Lantai SPC

Dengan kata lain, ada tipe produk lantai SPC yang menggunakan underlayment dan ada juga yang tidak menggunakan underlayment. Lantai SPC pun menjadi salah satu alternatif terbaik untuk menggantikan peran lantai kayu solid, karena harga yang ditawarkannya memang lebih murah.

Baca selengkapnya: Kenali Plus Minus Lantai SPC Sebelum Membeli

Nah, seperti itulah deretan jenis material yang paling tepat untuk lapangan voli indoor.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menggunakan salah satu jenis material lantai tersebut?