Rekomendasi Stiker Lantai Motif Kayu Terbaik Untuk Hunian

 

stiker motif lantai kayu

Stiker Lantai Motif Kayu – Sebenarnya ada banyak sekali elemen yang dapat dimodifikasi untuk meningkatkan keindahan serta kenyamanan dalam rumah. Ya, salah satu elemen tersebut berupa lantai.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini telah hadir stiker lantai motif kayu yang diklaim sebagai alternatif pengganti parket solid. Hal itu pun terbukti, dimana produk stiker lantai motif kayu tersebut menawarkan harga murah dan proses pemasangan yang lebih praktis lho.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan merekomendasikan beberapa jenis stiker lantai motif kayu terbaik untuk hunian. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasan dibawah ini.

3 Jenis Stiker Lantai Motif Kayu

1. Vinyl Plank

Pada dasarnya, tipe stiker lantai motif kayu yang satu ini biasa disebut dengan istilah parket vinyl karena tampilannya yang berbentuk persegi panjang. Itu artinya, tampilan Vinyl Plank menyerupai parket kayu.

Vinyl Plank

Tak hanya dari bentuknya saja, bahkan pemasangan Vinyl Plank juga tidak berbeda jauh dengan cara pemasangan parket kayu. Mengenai cara pemasangannya, Vinyl Plank ini biasa menggunakan system susun bata.

Salah satu ciri khas dari Vinyl Plank yang berbeda dari jenis vinyl roll, yakni memiliki motif timbul (embossed). Hal itu bertujuan agar bagian permukaan Vinyl Plank dapat memberikan sensasi yang lebih berbeda saat dipijak.

Disamping itu, Vinyl Plank juga sudah dilengkapi dengan permukaan bertekstur halus (non embossed) sehingga dapat memudahkan kita saat membersihkannya. Pada umumnya, sticker lantai Vinyl Plank ini tersedia ke dalam ukuran lebar sekitar 10 – 20 cm, panjang 90 – 100 cm, dan ketebalan yang berkisar antara 2 hingga 3 cm.

Baca Selengkapnya : Daftar Harga Lantai Vinyl Dari Berbagai Merk Terbaik

2. Vinyl Roll

Vinyl Roll alias karpet vinyl merupakan salah satu jenis sticker lantai yang tampil dengan mengusung motif kayu. Biasanya Vinyl Roll menghadirkan beragam ukuran.

Vinyl Roll

Namun, ukuran Vinyl Roll yang paling umum dijumpai itu memiliki lebar 2 meter dan panjang berkisar 20 – 25 meter untuk setiap gulungannya. Adapun mengenai ukuran ketebalannya yang mencapai 0,5 mm hingga 2,2 mm.

Disamping itu, terdapat pula lapisan anti gores dengan ketebalan sekitar 0,1 mm hingga 1,5 mm. Selain motif kayu, jenis Vinyl Roll juga menghadirkan varian motif lainnya seperti granit, marmer, polos, dan masih banyak lagi.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, Vinyl Roll ini sudah dilengkapi dengan lapisan anti kimia dan anti bakteri sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri serta hal-hal yang bisa memicu kerusakan.

3. Vinyl Tile

Jika dilihat dari tampilan bentuknya, ternyata jenis Vinyl Tile ini sangat mirip dengan keramik. Vinyl Tile menyediakan berbagai ukuran sehingga dapat kita pilih sesuai kebutuhan.

Vinyl Tile

Kendati demikian, stiker lantai Vinyl Tile juga menyediakan motif kayu dengan tekstur halus dan motif timbul (embossed). Terdapat pula motif Vinyl Tile lainnya yang dapat anda pilih, mulai dari motif keramik, marmer, karpet, granit, batu-batuan, polos, dan sebagainya.

Dari segi pemasangan, Vinyl Tile ini memang lebih mudah ketimbang jenis Vinyl plank. Bagaimana tidak? sebab proses pemasangannya hanya membutuhkan lem sebagai media perekatnya.

Akan tetapi, Vinyl Tile harus dipasang di atas permukaan lantai yang rata. Apabila permukaan lantai dasarnya tidak rata, maka Vinyl Tile akan terlihat bergelombang.

Adapun mengenai beberapa teknik pemasangan Vinyl Tile yang umum digunakan, seperti teknik susun model bata, model lurus, susunan vertical dan horizontal.

Artikel Serupa : Ternyata Ini Perbandingan Lantai Keramik Vs Lantai Vinyl

Itulah beberapa jenis stiker lantai motif kayu terbaik yang paling recommended. Selain itu, masih ada lagi beragam jenis lantai kayu tempel pilihan yang tentunya jangan sampai kamu lewatkan seperti berikut:

3 Tipe Pilihan Lantai Kayu Tempel

1. SPC Flooring

Istilah SPC merupakan singkatan dari Stone Plastic Composite, yang mana ia adalah produk lantai dengan menggabungkan senyawa kalsium karbonat, serbuk PVC, dan stabilizer. Dengan kata lain, lantai SPC adalah bentuk pengembangan dari lantai vinyl.

SPC Flooring

Mengingat akan hal itu, sudah pasti lantai SPC ini memiliki sifat tidak mudah rusak dan tidak mudah penyok. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, lantai SPC juga mempunyai sifat 100% anti air lho. Lantai SPC juga terdiri dari beberapa lapisan, yakni Lapisan Wear Layer, Lapisan Vinyl Top Coat, Lapisan Inti, dan Lapisan Tambahan yang berfungsi sebagai peredam suara.  

Terdapat beberapa tipe material lantai yang umumnya bisa dengan mudah mengalami penyusutan dan pemuaian, akibat perubahan cuaca. Bahkan, ada pula jenis material lantai yang tak lama mengalami kerusakan karena rembesan air ketika musim penghujan tiba.

2. Lamianted Flooring

Material lantai laminated terbuat dari bahan serbuk kayu dengan campuran resin. Pada umumnya lantai laminate tampil dengan ketebalan sekitar 8 mm hingga 12 mm, sedangkan ukuran panjangnya mencapai 1,28 m – 1,3 m. 

Lamianted Flooring

Bukan hanya itu, lantai laminated juga udah dibekali dengan sistem interlocking pada samping kanan dan kirinya.Tentu saja keberadaan sistem interlocking tersebut akan mempermudah kita saat proses pemasangan.

Lantai laminated terdiri dari 4 lapis material. Pada lapisan paling bawah berupa lapisan pelindung berbahan melamin, yang berfungsi untuk melindunginya dari kelembapan.

Adapun lapisan di atasnya yang terbuat dari bahan HDF (high density fiber), dan diatasnya lagi terdapat material dekoratif motif kayu sehingga tampilannya seperti kayu solid. Sedangkan pada lapisan paling atas, yakni berupa lapisan film transparan yang berfungsi sebagai anti gores dan anti air.

3. Parket Solid Coating

Parket Solid Coating

Dari namanya saja sudah jelas, yang mana Parket Solid Coating ini terbuat dari bahan kayu solid alias kayu asli. Tentu saja tingkat kekuatannya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Tak hanya kuat, bahkan Parket Solid Coating memiliki tampilan yang tampak lebih mewah, elegan, dan natural.

Hal tersebut dikarenakan permukaan atasnya sudah diberi lapisan coating, sehingga ia memiliki tampilan yang mengkilap. Lantas, bagaimana dengan harganya?

Baca Selengkapnya : Daftar Harga Lantai Kayu Terbaru 2022

Demikianlah ulasan singkat mengenai rekomendasi jenis stiker lantai motif kayu beserta tipe lantai kayu tempel, yang mungkin saja kamu tertarik untuk menggunakan salah satunya.