Kenali Plus Minus Lantai SPC Sebelum Membeli

Ada banyak sekali jenis lantai yang bisa digunakan untuk digunakan sebaagi penutup lantai pada bangunan seperti lantai kayu, lantai vinyl, lantai keramik, dan lantai lainnya. Namun apakah anda sudah mengetahui, ternyata terdapat juga loh sejenis lantai vinyl yaitu lantai spc.

Lantai spc mungkin masih belum banyak diketahui bagi masyarakat Indonesia. Lantai SPC dibuat dari pengembangan material luxury vinyl tiles (LVT) yang merupakan jenis lantai vinyl yang telah ada sebelumnya. Bagi anda yang belum mengetahui ataupun ingin menggunakan jenis lantai yang satu ini ikuti terus penjelasan dibawah ini, berikut ulasannya.

Mengenal Lantai SPC

Lantai SPC adalah sebuah singkatan dari stone plastic composite, jika jenis lantai vinyl LVT menggunakan PVC sebagai bahan utamanya sehingga membuat hasil akhir yang lebih lunak dan elastis. 

Bahan utama dari jenis lantai SPC terbuat dari stone plastic composite yang membuatnya memberikan hasil akhir yang lebih kokoh dan kuat. 

Sehingga membuat lantai yang telah dilapisi lantai SPC tidak mudah rusak. Lantai SPC dibuat dengan penyusunan beberapa lapisan sekaligus. Susunan lapisan tersebut biasanya terdiri dari lapisan luar, lapisan vinyl, material SPC, lapisan tambahan lainnya.

Lantai SPC menjadi semakin populer berkat semua sifat dan fiturnya yang sangat diinginkan. Namun,  apakah anda sudah mengetahui plus minus yang dimiliki lantai spc ?.  

Bagi anda yang ingin menggunakan lantai spc alangkah baiknya untuk terlebih dahulu kenali mengenai kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada lantai spc. Simak penjelasan berikut ini.

Kelebihan Yang Dimiliki Lantai SPC


Hampir semua jenis penutup lantai pada umumnya pasti tidak terlewatkan dari segi kelebihan dan kekurangannya, berikut juga lantai spc yang memiliki hal tersebut. Seperti :

Memiliki Varian Tipe, Motif Dan Warna Yang Dimilikinya

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh lantai spc yaitu terdapat waran dan motif kayu pada bagian permukaannya, yang menjadikan tampilan dalam penerapan dapat memberikan kesan keindahan terhadap ruangan.

Selain itu juga dalam hal anda ingin mempergunakan lantai spc terdapat juga tipe-tipe yang dimilikinya, sehingga dalam hal memilih lantai spc sangat direkomendasikan bagi anda.

Mempunyai Harga Yang Cukup Terjangkau

Lantai SPC jauh lebih terjangkau dari segi harga yang dimilikinya karena tidak dipungkiri jenis ini masih tergolong lantai vinyl. Biaya pemasangannya juga tidak mahal, bahkan dapat menghemat biaya tenaga kerja dengan melakukan instalasi sendiri. Lantai spc merupakan alternatif lantai yang anda bisa pergunakan.

Daya Tahan Berkualitas Tinggi

Jangan kaget menemukan lantai SPC sebenarnya bisa bertahan hingga 20 tahun jika dirawat dengan baik. Itu juga mengapa beberapa merek besar lantai SPC mampu memberikan jaminan 15 tahun ke atas. Bicara soal kualitas yang dimiliki oleh SPC dengan fitur awet yaitu padat dan komposit adalah jenis SPC homogen yang memiliki ketahanan tinggi terhadap goresan dan kerusakan permukaan.

Fiber-glass reinforced SPC adalah salah satu jenis yang paling tahan lama karena fiber glass sangat bagus untuk kekuatan dan fleksibilitasnya. Bahan SPC jenis ini sangat tahan lama dan mampu menopang penggunaan tugas berat.

Perawatan Yang Mudah

Bagi anda yang sedikit sekali mempunyai waktu dalam hal membersihkan rumah, lantai SPC mungkin bisa menjadi solusinya Karena lantai spc dalam perawatan dan juga membersihkannya tergolong cukup mudah. Yang harus anda lakukan adalah sesekali menyapu dan membasahi kain pel untuk menjaga kebersihan rumah.

Bahkan jika mengalami kerusakan yang ringan pada bagian permukaan lantainya, anda dapat dengan mudah mengganti setiap bagian tanpa harus melepas seluruh lantai. Dengan menggunakan lantai SPC jauh lebih mudah dibandingkan dengan jenis lantai lainnya.

Memberikan Kenyamanan Saat Mempergunakannya

Lantai SPC tidak sekeras lantai keramik sebab struktur yang empuk ini menambah kelembutan dan kelenturan dan Tingkat kenyamanan saat memijakan kaki yang dapat membuat anda merasa lebih nyaman saat mempergunakannya.

Pemasangan Tergolong Cukup Mudah

Karena sifatnya yang sama dengan lantai vinyl sehingga dalam proses pemasangan pun dapat dikatakan cukup mudah. Bahkan dalam pemasangan dapat dilakukan oleh anda sendiri asalkan peralatan yang memadai.


Bagaimana menurut anda menarik bukan kelebihan yang dimiliki oleh lantai spc ini, akan tetapi tidak sampai disitu saja, anda juga perlu mengetahui dari segi kekurangannya. Agar dalam pengaplikasiannya dapat terlealisasi dengan mudah. Berikut penjelasan yang satu ini.

Kekurangan Yang Dimiliki Lantai SPC

Persiapan Subfloor yang Sulit

Lantai bawah harus rata, halus, bebas debu dan kotoran sebelum pemasangan. Proses ini mengharuskan Anda meluangkan waktu dan upaya untuk mendapatkan hasil yang sempurna.
Jika kondisi subfloor tidak dipersiapkan dengan baik, partikel yang terperangkap di bawahnya akan menimbulkan gumpalan dan benturan pada permukaan SPC. Ini akan menyebabkan masalah lantai yang serius dari waktu ke waktu dan bahkan dapat menyebabkan robek dan robeknya komponen SPC.

Tidak Ada Nilai Tambah Penjualan Kembali Ekstra

Banyak yang mungkin mengira bahwa dengan memasang lantai SPC di properti Anda akan membantu meningkatkan nilai jual kembali. Tapi inilah kebenaran pahit yang dingin… tidak seperti lantai kayu keras, lantai SPC tidak memberikan nilai tambahan jika Anda berencana untuk menjual kembali properti Anda.

Terdapat Kandungan VOC Yang TIdak Baik Bagi Kesehatan

Lantai SPC memiliki kandungan VOC yang dimana hal ini dapat menyebabkan terlepasnya senyawa organik yang mudah menguap ke udara, terutama saat baru dipasang. Anda harus memberi ventilasi pada area tersebut dengan membuka pintu dan jendela setelah pemasangan sebab terdapat aroma yang tidak sedap.

Rentan Terhadap Benda Tajam

Furnitur berat, cakar hewan peliharaan, pasir atau benda tajam lainnya akan meninggalkan goresan dan abrasi pada permukaan lantai SPC.
Perhatian ekstra diperlukan saat bersentuhan dengan benda tajam dan abrasif. Selalu ingat untuk menutupi lantai SPC dengan lapisan kain felt, keset atau permadani agar permukaan lantai Anda tetap halus.

Warna Pada Tampilan Permukaannya Dapat Kusam Lambat Laun

Meskipun lantai SPC dapat menahan sebagian besar noda, namun sebaiknya hindari bahan kimia kuat agar tidak bersentuhan langsung dengan permukaan lantai SPC. Meskipun lantai ini warnanya dapat kusam yang disebabkan oleh banyak faktor..

Perubahan warna biasanya disebabkan oleh paparan sinar UV dalam jangka panjang serta kotoran yang terperangkap di bawah lapisan lilin. Namun tidak semua lantai SPC mengalami perubahan warna, tergantung kualitasnya. SPC berkualitas tinggi akan aman dari perubahan warna.

Mudah Terbakar Dan Mengeluarkan Aroma Yang Tidak Sedap

Karena lantai SPC terbuat dari bahan plastik, maka akan mengeluarkan bau dan bahan kimia beracun ke udara saat terbakar. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk digunakan di area dengan panas tinggi atau bahaya kebakaran seperti dapur komersial.

Jika Terjadi Kerusakan Yang Parah, Akan Sulit Untuk Diperbaiki

Meskipun lantai SPC umumnya dikenal karena daya tahannya yang tinggi, beberapa lantai SPC berkualitas rendah lebih mudah aus atau robek. Setelah rusak, sulit untuk diperbaiki dan yang lebih buruk lagi adalah tidak ada pekerjaan refinish yang dapat dilakukan. Satu-satunya pilihan adalah mengganti bagian lantai yang rusak.

Itulah Pejelasan mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh lantai spc, dengan begitu bagi anad yang ingin mempergunakan jenis lantai yang satu ini dapat mempermudah dalam penggunaannya.

Dimanakah Membeli Lantai SPC ?.....

Saat ini, segala sesuatu tampaknya dengan mudah tersedia melalui internet. Begitu juga dengan lantai SPC. Namun, variasi kualitasnya bisa sangat besar. Pastikan bahwa dalam hal membeli lantai spc memilih penyedia yang terpercaya dengan kualitas tinggi.

Bagi anda yang ingin menggunakan lantai spc lalu bingungn untuk membelinya harus dimana. Jawabannya ada di Toko Lantai Kayu Surabaya yang menyediakan berbagai macam pilihan tipe lantai spc.

Kami memiliki tipe-tipe lantai spc dengan kualitas yang tinggi dan sudah bersertifikat resmi sehingga menghasilkan produk yang berkualitas baik, seperti pada contoh gambar dibawah ini merupakan daftar harga yang dimiliki oleh lantai spc.

lantai spc

Itulah daftar harga lantai spc yang dimiliki oleh Toko Lantai Kayu Surabaya, bila anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu dapat menghubungi call center kami dengan nomor  +62 812-2042-004