Kupas Tuntas Seputar Lantai Granit

 

Kupas Tuntas Seputar Lantai Granit

Lantai Granit – Dari sekian banyaknya elemen di dalam rumah, lantai pun menjadi salah satu yang tak dapat dipisahkan. Ya, jelas demikian, sebab fungsi dari lantai itu sendiri untuk meningkatkan rasa nyaman sehingga kita bisa lebih leluasa lagi saat beraktivitas didalam rumah. Tak hanya itu, bahkan penggunaan lantai juga dapat meningkatkan nilai keindahan pada sebuah hunian.

Ngomong-ngomong soal lantai, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas tuntas seputar lantai granit. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Asal Usul Material Granit

Sebenarnya material granit terbuat dari batuan alam yang pada umumnya kerap digunakan untuk menunjang berbagai kebutuhan konstruksi. Batu granit diproses melalui pembekuan magma yang berlangsung secara bertahap dan perlahan di dalam bumi.

Asal Usul Material Granit

Adapun mengenai tampilan fisiknya yang tampil dengan warna abu-abu, putih, hingga gabungan dari keduanya. Akan tetapi, ada pula batu granit yang tampil dengan warna merah muda, biru, hitam, dan masih banyak lagi. Lantas, mengapa warnanya bisa berbeda-beda?

Perbedaan warna batu granit ini tergantung pada proses kimiawi yang terjadi serta kandungan mineral yang ada didalamnya. Selain memiliki tampilan yang indah, batu granit juga mempunyai kilauan yang alami.

Pada proses pembuatannya, batu granit yang berukuran besar akan dipecah atau dipotong-potong hingga menghasilkan ukuran yang sesuai kebutuhan.

Keunggulan Lantai Granit

1. Memiliki Tingkat Keawetan yang Mumpuni

lantai granit Memiliki Tingkat Keawetan yang Mumpuni

Sudah bukan rahasia lagi bahwa tingkat ketahanan pada lantai granit ini berada diatas rata-rata. Sehingga tak heran jika lantai granit dapat digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Tak hanya daya tahannya yang baik, ternyata lantai granit juga tidak mudah lecet meski tergores oleh berbagai benda tajam. Mengingat akan hal itu, maka sudah sepantasnya material yang satu ini sangat ideal dijadikan sebagai bahan pelapis lantai.

Baca Juga : Rekomendasi Stiker Lantai Motif Kayu Terbaik Untuk Hunian

2. Bisa Dipasang di Area yang Basah dan Lembab

lantai granit Bisa Dipasang di Area yang Basah dan Lembab

Masih banyak yang beranggapan bahwa lantai granit hanya bisa diaplikasikan pada area yang kering saja. Padahal, buktinya lantai granit juga bisa diaplikasikan di area yang basah dan lembab lho. Seperti halnya di area dapur, teras kamar mandi, hingga garasi.

Dengan menggunakan lantai granit, kamu pun tidak perlu cemas mengenai kelembapan yang merusak bagian subfloor. Hal itu bukan tanpa sebab, karena lantai granit mampu menciptakan permukaan yang praktis serta tidak mudah ditembus oleh cairan.

3. Dapat Mengurangi Alergi

Apakah kamu atau anggota keluarga lainnya ada yang memiliki alergi tertentu? Jika iya, maka penggunaan lantai granit ini merupakan pilihan paling tepat. Pasalnya, lantai granit diyakini memiliki kemampuan untuk mengurangi gejala alergi didalam rumah.

lantai granit Dapat Mengurangi Alergi

Agar mendapatkan manfaat tersebut, maka kondisi kebersihan lantainya harus terjaga dengan baik. Cara membersihkan lantai granit pun terbilang cukup mudah, dimana kamu hanya perlu menyapunya setiap hari agar terbebas dari berbagai kotoran. Disamping itu, kamu juga jangan sampai lupa untuk mengepel lantai granit minimalnya seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kekurangan Lantai Granit

1. Teksturnya yang Licin

Meski bisa diaplikasikan di area yang basah, namun bukan berarti bahwa lantai granit ini bisa diaplikasikan didalam kamar mandi. Ya, lantai granit akan terasa sangat licin saat terkena air, sehingga dapat meningkatkan risiko terpeleset.

Tekstur lantai granit yang Licin

Tak cuma itu, lantai granit juga akan berubah menjadi sangat dingin Ketika memasuki musim penghujan. Oleh karenanya, lantai granit tidak direkomendasikan bagi mereka yang tinggal didaerah dengan tingkat curah hujan tinggi.

Untuk solusinya, kamu bisa menggunakan decking sebagai lantai kayu outdoor.

2. Proses Pemasangan yang Sulit dan Ongkosnya yang Mahal

Proses Pemasangan yang Sulit dan Ongkosnya yang Mahal

Kekurangan brikutnya dari lantai granit yang harus kamu ketahui, yakni proses pemasangannya yang terbilang sulit. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, granit memiliki bobot yang lebih berat dibanding material lainnya sehingga membutuhkan tenaga ekstra saat proses pemasangan.

Itu sebabnya, mengapa proses pemasangan lantai granit bisa memakan waktu lama dan biaya operasional yang cukup mahal. Oleh karena itu, jangan pernah coba-coba untuk memasang lantai granit seorang diri ya!

Daftar Harga Lantai Granit Berdasarkan Merk dan Ukuran

Lantai Granit Merk Garuda

  • Garuda Tile Broken White (Ukuran 60×60) : Rp 115.000
  • Garuda Motif Kayu (ukuran 60×60) : Rp 213.000
  • Garuda GS62001 Madrid (ukuran 60×60) : Rp 118.500
  • Garuda R6515S Huelva (ukuran 60×60) : Rp 193.000

Baca Juga : Harga Lantai Vinyl, Efektif dan Efisien

Lantai Granit Merk Indogress

  • Indogress Granit Foresta Satin (ukuran 60×60) : Rp 478.000
  • Indogress Granit Uni Color Polished (ukuran 60×60) : Rp 410.000
  • Indogress Granit Salt & Pepper Polished (ukuran 60×60) : Rp 406.000
  • Indogress Granit Cristallo Polished (ukuran 60×60) : Rp 517.000
  • Indogress Granit Marmo Polished (ukuran 60×60) : Rp 526.000

Demikianlah pembahasan singkat mengenai seluk beluk lantai granit, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan saat hendak membangun maupun merenovasi rumah.