Sedang Membangun Dermaga ?, Cobalah Dengan Kayu Terbaik Ini.

kayu terbaik untuk dermaga

Kayu terbaik untuk dermaga — membangun sebuah dermaga, bisa dikatakan bukan perkara yang mudah. Apalagi lingkungan dermaga mempunyai cuaca yang sering berubah dan terkadang mengalami cuaca yang buruk.

Sehingga dalam membangun dermaga di butuhkan perhitungan yang matang dan memilih bahan material terbaik yang dipergunakan untuk dermaga.

Dalam menggunakan bahan material, biasanya yang sering di aplikasikan untuk dermaga terdapat 2 bahan yaitu dari beton dan juga dari kayu.

Kedua bahan tersebut sama-sama memiliki kualitas yang sangat baik, namun bedanya jika di lihat dari tampilnya untuk bahan kayu mempunyai ciri khas tersendiri, bahkan memang awalnya kayu lah yang sering dipergunakan.

Menggunakan bahan kayu untuk membangun sebuah dermaga dibutuhkan keteliatian esktra, sebab tidak semua jenis kayu dapat di aplikasikan untuk dermaga. Hanya jenis-jensi tertentu lah yang dapat di pergunakan, dengan memilih produk decking kayu sebagai bahan materialnya.

Penasaran informasi apa yang dapat kita ketahui mengenai decking ?. untuk lebih jelas dan memahami lebih lanjutnya. Ikuti terus ulasan ini hingga tuntas, agar anda tidak ketinggalan setiap informasi di bawah ini, berikut penjelasaannya.

Informasi Seputar Decking Kayu

Informasi Seputar Decking Kayu

Decking Kayu merupakan bahan material yang biasa dipasangkan pada area outdoor.

Menggunakan decking kayu yang ditempatkan pada area dermaga memiliki nilai estetika dan kenyamanan.

Mengapa demikian ?. 

Prihal ini karena di dapat dari beberapa jenis kayu yang memiliki kualitas yang tinggi dari warna, motif, dan daya tahan yang dimilikinya. 

Baca Selengkapnya : Mengenal Decking Sebagai Lantai Kayu Outdoor

Terlebih dalam pembuatan decking memiliki fitur anti slip, yang bertujuan untuk permukaan menjadi kesat atau tidak licin, apalagi memang dermaga tidak jauh apa yang dinamakan air sehingga aman saat mempergunakanya

Dengan kualitas tinggi yang dimiliki decking kayu, terdapat jenis kayu yang tentunya mempunyai kualitas yang mampu menyesuaikan cuaca dan lingkungan dermaga. Lalu jenis kayu apakah itu ? yuk kita simak penjelasan di bawah ini.

Jenis - Jenis Kayu Terbaik Untuk Membangun Dermaga

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa tidak semua jenis kayu dapat dipergunakan dan ditempatkan untuk dermaga, hanya beberapa pilihan yang benar-benar dapat menyesuaikan lingkungan dan suhu yang ada pada dermaga.

Oleh sebab itu kualitas kayu memang perlu kita ketahui satu persatunya dan jenis apa yang terbaik dan cocok di aplikasikan untuk dermaga. Sepeti beberapa jensi kayu di bawah ini dengan kualitas yang sangat baik.

1. Kayu Ulin, Si Kayu Besi Asal Kalimantan

Kayu Ulin Si Kayu Besi Asal Kalimantan

Tahukah anda bahwa jenis kayu yang satu ini terbaik ?. Kayu ulin termasuk salah satu dari sekian kayu terbaik dan terkeras. Terdapat sebuah informasi bahwa kayu ulin termasuk 10 kategori jenis kayu keras terbaik di dunia. Cukup menarik bukan ?.

Kayu ulin, bisa digunakan di kondisi lembab sekalipun dan meskipun terkena air. Kayu ulin justru akan semakin padat dan kuat. Sehingga menjadikan kayu ulin salah satu bahan material yang pas untuk dermaga.

Karena kayu ulin memiliki kualitas dan kekerasan yang sangat baik dan bagus membuatnya banyak dicari, namun tidak sebanding dengan pertumbuhan kayu ulin yang lambat. Saat ini kayu ulin dikategorikan kayu dilindungi, sehingga untuk mendapatkan kayu ini harus mempunyai izin yang sah dan tentu dengan biaya yang mahal.

Baca Juga : Kayu Ulin Penghasil Kayu Keras Dan Produk Pemanfaatannya

Hanya saja, untuk mendapatkan kayu ulin terbilang sulit  dan juga memiliki harga yang cukup tinggi sehingga bila anda minat dengan kayu ini. Anda harus memesannya terlebih dahulu, beberapa minggu atau bulan untuk mendapatkannya.

Meskipun memiliki harga yang lumayan cukup tinggi akan tetapi bagi sebagian orang tidak menjadi alasan untuk menggunakannya sebab rata-rata mereka menginginkan dalam penggunaannya memiliki daya tahan yang berkualitas baik dan tentunya juga dapat dipergunakan dalam kurung waktu yang cukup lama.

2. Kayu Bengkirai Atau Yellow Balau

Kayu Bengkirai Atau Yellow Balau

Yang kedua ada pada kayu bengkirai atau sebutan lainnya yaitu yellow balau. Untuk pohon bengkirai banyak ditemukan di hutan hujan tropis seperti Kalimantan.

Kayu Bengkirai termasuk jenis kayu yang cukup awet dan kuat. kayu bengkirai termasuk kayu yang memiliki daya tahan terhadap cuaca buruk dan serangga seperti rayap.

Pada umunya kayu bengkirai digunakan sebagai bahan baku kontruksi dan bantalan rel kereta api. Inilah mengapa kayu bengkirai di rekomendasikan dalam penempatan di dermaga.

Informasi Lebih Lanjut : Promo Decking Bengkirai Polos

Kegunaan kayu bengkirai dengan serat pada kayutersebut yang padat dan warna lebih dominan ke kuning terang dan terkesan mewah sehingga kayu ini banyak diminati juga sebagai bahan penambah hiasan interior di suatu bangunan.

Akan tetapi ada juga lho jenis kayu dengan tampilan yang tidak kalah indahnya. Penasaran ? kayu apakah itu, simak ulasan di bawah ini.

3. Kayu Merbau Dengan Tampilan Elegan

Kayu Merbau Tampilan Elegan

Jika kita telah mengetahu kayu bengkirai memiliki tampilan berkesan mewah, beda halnya dengan kayu merbau yang memiliki tampilan terkesan elegan.

Mungkin bagi anda yang belum tahu. Kayu Merbau ini sangat banyak kegunaannya dan sering juga untuk dimanfaatkan oleh para kontruksi untuk penempatan area outdoor.

Jika dilihat dari kualitas kayu ini memiliki tingkat kekuatan tingkat I, kekerasan tingkat I dan keawetan tingkat II. Kayu Merbau ini tahan terhadap perubahan iklim dan pertumbuhan jamur. Kayu merbau memiliki kualitas yang sangat menjanjikan dengan warna kuning kecoklatan, coklat kemerahan hingga sedikit kemerahan. 

Baca Juga : Harga Lantai Kayu Merbau Dengan Jenis-Jenis Yang Dimilikinya

Akan tetapi perlu anda ketahui bahwa kayu merbau, jika terkena air, dapat mengeluarkan cairan berwarna merah yang di hasilkan dari getah pada bagian dalam kayu merbau. 

Namun jangan berkecil hati kerena di tempatkan pada area dermaga sehingga hal ini tidak terlalu berpengaruh, apalagi cairan tersebut tidak berbahaya bagi lingkungan sekitar terlebih dengan seiring berjalannya waktu lama kelamaan cairan tersebut dapat hilang dengan sendirinya.

Setelah kita mengetahui kayu merbau, sehingga tipe ini bisa menjadi rekomendasi untuk anda, yang ingin dermaga terlihat kokoh juga memiliki tampilan yang elegan.

Itulah penjelasan mengenai jenis - jenis kayu terbaik yang bisa menjadi rekomendasi anda dalam membangun sebuah dermaga. Dengan demikian penggunaan kayu memang masih banyak dilirik sebagai bahan baku yang memiliki sipat kokoh dan awet.