Beragam Jenis Triplek Untuk Bahan Bangunan Rumah

jenis triplek bangunan

Jenis triplek bangunan – Belakangan ini penggunaan material kayu olahan tengah digandrungi untuk menunjang kebutuhan konstruksi bangunan.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena material kayu olahan memang menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan kayu asli.

Meski menawarkan harga yang lebih murah, namun tingkat ketahanan dan kekuatan pada material kayu olahan terbilang cukup bagus lho.   

Triplek pun menjadi salah satu jenis material kayu olahan yang selalu di andalkan untuk kebutuhan konstruksi dan bangunan.

Nah, buat kamu yang ingin mengenal lebih jauh lagi seputar material triplek, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Triplek Terbuat Dari Bahan Apa?

Kayu Lapis atau yang lebih dikenal dengan istilah triplek merupakan sebuah produk olahan kayu berupa lembaran-lembaran vinir. Pada umumnya, Kayu Lapis ini terdiri dari 3 sampai 5 lapisan lembar vinir.

proses pembuatan triplek

Tak hanya itu, ia juga memiliki arah serat sebagai face dan core yang saling tegak lurus, sementara antar lembaran vinirnya berperan sebagai face saling sejajar.

Apabila dinilai dari penempatannya, maka produk triplek akan dibedakan menjadi dua tipe berbeda, yakni triplek interior dan triplek eksterior. Adapun mengenai perbedaannya seperti berikut:

Tripek Interior

Sesuai dengan namanya, triplek interior kerap digunakan untuk kebutuhan dekorasi di dalam ruangan. Jadi, triplek interior tidak boleh bersentuhan dengan berbagai faktor cuaca, seperti paparan sinar matahari, guyuran air hujan, dan terpaan angin.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena faktor cuaca akan menurunkan kualitas hingga merusak struktur Kayu Lapis tersebut.

Adapun jenis perekat yang kerap digunakan untuk merekatkan Kayu Lapis interior, seperti MF, UF, dan MUF.

Baca juga: Berikut Daftar PRoduk Lantai Kayu yang Tahan Air

Triplek Eksterior

Jika triplek interior hanya diaplikasikan di dalam ruangan, maka triplek eksterior bisa digunakan di area outdoor alias luar ruangan.

Pasalnya, jenis triplek eksterior ini sudah terbukti tahan terhadap faktor cuaca. Sedangkan jenis perekat yang digunakannya adalah tipe PF.

Terdapat beragam pemanfaatan triplek eksterior, seperti dijadikan, pelapis plafon, bahan pelapis lantai, dijadikan sekat untuk ruang, pintu, jendela, hingga panel dinding.

5 Jenis Triplek Paling Umum

1. Multiplex

Multiplex alias triplek merupakan produk kayu olahan yang terbuat dari kumpulan lembaran veneer kayu. Pada umumnya, papan veneer kayu tersebut akan ditekan dan diikat menjadi satu bagian solid.

jenis Multiplex

Biasanya, proses penempelan Multiplex akan dilakukan dengan melawan arah serat, yang bertujuan untuk membentuk ikatan.

Spesifikasi Multiplex akan dinilai dari beberapa aspek, mulai dari ketebalan, kerekatan, serta proses pemadatan veneer.

Multiplex terdiri dari beberapa lapisan venner kayu yang umumnya berjumlah tiga lapis. Pada masing-masing tipe Multiplex mempunyai tingkat ketahanan yang berbeda-beda. Semakin tebal ukurannya, maka akan semakin kuat pula daya tahan dari Multiplex tersebut.

Baca Juga: Kenali Jenis-jenis Kalsiboard Sebelum Menggunakannya

2. Plywood

Material plywood lebih dikenal dengan istilah “kayu lapis”, dimana ia berupa lembaran-lembaran irisan kayu tipis bertumpuk hingga mencapai ketebalan tertentu.

Nah, Lembaran kayu tipis tersebut nantinya akan disatukan dengan menggunakan lem khusus, kemudian diolah menggunakan mesin sehingga membentuk lembaran papan.

jenis plywood

Terdapat juga berbagai macam kayu yang dapat digunakan untuk dijadikan panel plywood, entah itu kayu keras maupun kayu yang bertekstur lunak.

Menurut informasi yang didapat, kekuatan utama pada plywodd ini ada di bagian serat yang tegak lurus. Apabila lembar pertamanya berserat horizontal, maka lembar diatas seratnya adalah vertikal, kemudian diatasnya lagi berserat horizotal dan seterusnya.

Dengan kata lain, pada setiap lapisan kayu akan dipasang berselang-seling serat kayunya. Hasilnya, pola seperti itu akan membuat teksturnya tampak kaku dan kokoh bagi susunan lembar-lembar kayu untuk menahan beban serta memperlambat masalah keretakkan.

Biasanya, satu lembar plywood terdiri dari lapisan kayu dalam jumlah ganjil. Jadi, jika lapisan paling bawah seratnya adalah horizontal, maka serat yang paling atasnya adalah vertikal.

Namun, ada pula beberapa plywood yang lapisan terluarnya berupa kayu dengan serat bagus. Sehingga jenis plywood seperti inilah yang paling banyak digunakan untuk finishing transparan.

3. Teak Block

Teak block adalah sejenis triplek yang bahan dasarnya terbuat dari serbuk kayu jati. Nantinya, serbuk kayu tersebut akan diolah dan di press sedemikian rupa hingga berbentuk lembaran-lembaran kayu.

jenis Teak Block

Mengenai fungsinya, Teak block biasa digunakan sebagai bahan flooring desain lantai atau dijadikan sebagai pelapis papan kayu. Meski ukurannya cukup tipis, namun Teak block ini sudah terbukti memiliki daya tahan yang cukup bagus.

Bukan hanya itu saja, Teak block juga memiliki tingkat keindahan yang begitu khas sehingga dapat meningkatkan nilai estetika pada hunian.

Artikel Serupa: Lantai kayu jati dengan harga yang cukup terjangkau

4. Blockboard

Blockboard terdiri dari potongan kayu kecil dengan ukuran 4 hingga 5 cm, yang kemudian akan dipadatkan menjadi lembaran papan. Potongan kayu yang digukanan harus memiliki tekstur lunak.

jenis Blockboard

Adapun ketebalan blockboard yang terbagi lagi menjadi dua bagian, yakni ketebalan 15 mm dan 18 mm. Sementara ukuran panjang dan lebarnya sekitar 240 cm x 120 cm, yang mirip dengan ukuran triplek.

Jenis olahan kayu yang satu ini memang banyak diminati untuk bahan baku pembuatan lemari dan rak. Dikarenakan blockboard terbuat dari bahan kayu bertekstur lunak, tentu saja daya tahannya pun tidaklah terlalu kuat.

Sehingga tak heran jika harga blockboard lebih murah jika dibandingkan degan harga triplek. Meski demikian, namun plywood ini dinilai masih lebih baik ketimbang jenis particle board.

5. Partikel Board

Jenis triplek berikutnya yang akan dibahas, yakni bernama Partikel Board. Triplek ini terbuat dari bahan limbah kayu yang diproses dengan cara dipanaskan dan di press, sehingga terbentuklah lembaran atau lempengan yang menyerupai kayu.

jenis partikel Board

Untuk menjadikannya tahan terhadap perubahan cuaca dan serangan rayap, biasanya Partikel Board ini akan diberi lapisan Wax.

Setelah resin, maka bahan kimia dan serbuk kayu akan dijadikan satu sehingga teksturnya menjadi padat. Bukan hanya itu, bobot dari Partikel Board juga akan di ratakan agar papannya terasa lebih ringan.

Nah, karena hal inilah yang membuat Partikel Board tidak mampu menahan beban yang terlalu berat. Biasanya partikel board kerap dijadikan untuk pembuatan berbagai jenis furniture, seperti meja, lemari, hingga pelapis lantai.

Demikianlah ulasan singkat mengenai jenis-jenis triplek, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan penambah wawasan.