Review Jenis Lantai yang Cocok Untuk Area Dapur

Jenis lantai untuk dapur

Jenis lantai untuk dapur – Selain kamar mandi, dapur juga merupakan salah satu ruangan yang memiliki tingkat kelembaban cukup tinggi. Itu sebabnya, mengapa lantai di area dapur kerap terasa licin sehingga harus lebih berhati-hati lagi saat berjalan diatas lantainya.

Kabar baiknya, ternyata ada beberapa jenis material lantai yang memiliki kemampuan tahan terhadap kelembaban dan air sehingga membuatnya cocok diaplikasikan di area dapur. Jenis, lantai seperti apa sajakah itu?

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan me-review beberapa jenis lantai yang cocok untuk area dapur. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya berikut.

6 Material Lantai Terbaik Untuk Area Dapur

1. Lantai Parket Solid

Bagi kamu yang ingin ruang dapurnya terlihat lebih Indah, natural, dan mewah, penggunaan lantai parket solid adalah jawabannya. Ya, sesuai dengan namanya, material lantai parket solid satu terbuat dari bahan kayu solid alias kayu asli.

Lantai Parket Solid

Mengingat materialnya yang terbuat dari bahan kayu asli, sudah pasti ia memiliki tingkat kekuatan dan keawetan lantai kayu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Selain kokoh dan kuat, lantai kayu solid juga bertekstur yang empuk dan kesat sehingga dapat meminimalisir risiko terpeleset. Ada berbagai jenis parket solid yang tersedia dipasaran, dimana masing-masing jenisnya memiliki karakteristik tersendiri.

Dalam hal ini, disarankan bagi kamu untuk memilih lantai parket dari jenis kayu jati grade A. Mengapa demikian?

Baca selengkapnya: Spesifikasi Parquet Jati Grade A

2. Lantai Batu Alam

Material lantai batu alam terdiri dari campuran batu andesit, batu paras jogja, dan batu basalto. Batu andesit memiliki karakter dan tekstur permukaan yang cocok diaplikasikan di area basah.

Lantai Batu Alam

Biasanya lantai batu alam tampil dengan warna abu-abu, sehingga akan menambahkan kesan mewah dan natural pada area dapur. Bukan hanya itu, bahkan lantai batu alam juga memiliki daya serap tinggi terhadap air sehingga sangat ideal diaplikasikan pada ruangan dapur.

Ketika lantai batu alam diberi sentuhan coating yang tepat, maka jangan heran jika tampilan ruang dapurmu akan semakin sedap untuk dipandang.

Begitu juga dengan batu basalto yang merupakan salah satu varian batu alam paling banyak digunakan untuk lantai dapur minimalis. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat tampilan batu basalto yang sangat natural dan elegan.

3. Lantai Keramik

Sudah bukan rahasia lagi bahwa keramik merupakan salah satu material lantai yang selalu menjadi andalan bagi kebanyakan masyarakat. Hal itu bukan tanpa alasan, karena harga lantai keramik yang relatif lebih murah dibanding jenis material lantai lainnya.

Lantai Keramik

Disamping harganya yang murah, lantai keramik juga bisa dipesan secara eceran sehingga dapat disesuaikan degan kebutuhan. Bahkan yang lebih menariknya lagi, lantai keramik tersedia kedalam berbagai motif pilihan.

Baca selengkapnya: Ini Dia Beberapa Motif Lantai Keramik Terpopuler

4. Lantai Linoleum

Pada dasarnya, material lantai Linoleum ini memang belum terlalu populer dikalangan masyarakat. Walau demikian, material lantai Linoleum merupakan pilihan yang paling tepat untuk diaplikasikan pada dapur minimalis.

Lantai Linoleum
foto@Grid.ID

Hal itu bukan tanpa alasan, karena lantai Linoleum memiliki sifat anti air dan tahan lembab sehingga membuatnya cocok diaplikasikan untuk ruangan dapur. Dari segi materialnya, lantai Linoleum ini terbuat dari campuran bahan serbuk kayu, serbuk flax, dan serat kain.

5. Lantai Granit

Apakah ruang dapurmu ingin terlihat lebih mewah? Jika iya, maka lantai di area dapurmu harus mengggunakan material granit. Pasalnya, penggunaan lantai granit mampu menghadirkan nuansa mewah dan elegan pada sebuah hunian.

Lantai Granit

Tak hanya menghadirkan kesan mewah saja, lantai granit juga sangat kokoh dan tahan lama. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini telah hadir granit buatan yang menyuguhkan beragam motif sehingga bisa dipilih sesuai konsep ruang dapurmu.

Namun, pori-pori pada lantai granit lebih rapat sehingga membuatnya tidak mudah menyerap cairan maupun kotoran. Belum lagi material lantai granit yang harganya relatif mahal, sehingga harus dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.

Artikel serupa: Kupas Tuntas Seputar Lantai Granit

6. Lantai Plester (Lantai Semen)

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa proses pengerjaan desain lantai semen ini sangat praktis dan ekonomis. Kendati demikian, ternyata penggunaan lantai semen dapat menghadirkan nuansa yang lebih elegan dan modern pada ruang dapur.

Lantai Plester (Lantai Semen)

Terlebih jika cara pengerjaannya dilakukan dengan benar dan tepat, yang dijamin akan membuat tampilan ruang dapurmu tampak lebih berestetika. Untuk mendapatkan hal tersebut, maka proses finishing yang artistic harus diberi perhatian ekstra.

Itu artinya, para pekerja harus memastikan permukaan finishing tidak bergelombang dan material semen yang digunakan harus terdiri carai campuran yang sama presisi. Ya, hal itu bertujuan agar tidak terjadi perbedaan warna lantai dan juga tidak timbul retak-retak di hasil akhirnya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai jenis-jenis material lantai terbaik yang cocok diaplikasikan pada area dapur. Bagaimana, apakah kamu berminat untuk menggunakan salah satu material lantai tersebut?