Berikut Cara Mempercantik Teras Halaman Rumah Minimalis

Desain halaman rumah minimalis

Desain halaman rumah minimalis – Menata dekorasi rumah dari segi interior dan eksterior dengan sebaik mungkin tentunya sudah menjadi kewajiban bagi si pemilik rumah. Terlebih untuk area teras atau halaman rumah yang menjadi garda paling depan.

Untuk mempercantik area teras halaman rumah, terdapat berbagai elemen yang harus diperhatikan. Pasalnya, setiap elemen memiliki keterikatan satu sama lainnya dalam menciptakan tampilan halaman yang sempurna.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai cara mempercantik tampian teras halaman rumah, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

3 Langkah Menata Dekorasi Teras Rumah Minimalis

1. Pertimbangkan Penempatan Tanaman Hias

Poin pertama yang harus kamu pertimbangkan dalam menata dekorasi teras rumah, yakni penempatan tanaman hias. Hal itu bukan tanpa alasan, karena posisi penempatan tanaman hias tersebut sangat berpengaruh terhadap tampilan teras rumahmu.

Pertimbangkan Penempatan Tanaman Hias

Supaya teras rumah terkesan cantik dan rapi, maka kamu bisa menempatkan pot tanaman hias secukupnya saja. Jadi, kamu harus membuat spot khusus sebagai media penempatan tanaman hias. Atau, kamu juga bisa menggunakan rak bertingkat yang terbuat dari kayu atau stainless steel.

Baca Juga: Desain dan cara yang Dapat Mempercantik Kolam Renang

2. Menyesuaikan Dekorasi Dengan Ukuran Teras

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa tema minimalis itu selalu mengedepankan konsep simple namun masih tetap berestetika. Dalam hal ini, ada baiknya untuk tidak menerapkan dekorasi yang berlebihan agar tidak terkesan sumpek.

Menyesuaikan Dekorasi Dengan Ukuran Teras

Kendati demikian, kamu juga masih bisa bereksperimen untuk mencoba beragam elemen dekorasi pada dekorasi teras minimalis. Bukan hanya itu, jangan lupakan penggunaan aksesoris seperti cushion yang bertekstur empuk dan karpet outdoor yang memiliki aksen.

3. Gunakan Furniture Outdoor

Pada dasarnya, jenis furniture indoor itu tidaklah cocok diaplikasikan di area outdoor. Maka dari itu, kamu harus memilih jenis furniture yang memang khusus untuk area outdoor. Ya, seperti meja, kursi, rak, dan lain sebagainya.

Gunakan Furniture Outdoor

Kabarnya, jenis furniture yang cocok digunakan pada area outdoor itu berbahan kayu. Selain kayu, kamu juga bisa menggunakan furniture outdoor yang terbuat dari bahan plastik atau stainless steel.

Selain itu, pilihlah jenis furniture yang ukurannya sesuai dengan bentuk luas teras rumah. Alhasil, maka tampilan teras rumah dengan furniture akan tampak lebih serasi dan berestetika. Kamu pun bisa mensiasati bagian sudutnya dengan menempatkan tempat duduk khusus area sempit.

Berbagai Inspirasi Desain Teras Rumah Terbaik

Setelah mengetahui tips menata dekorasinya, mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya mengenai ide desain teras rumah. Adapun mengenai berbagai desain teras rumah terbaik yang akan dibahas seperti berikut:

1. Desain Teras Minimalis

Sejatinya tipe-tipe rumah minimalis kerap ditemui di perumahan modern untuk penghuni yang tidak ingin ribet dalam urusan perawatan harian. Namun, model teras rumah yang satu ini juga tetap menjadi pilihan utama karena tampilannya yang kontemporer dan tidak mudah lekang oleh waktu.

Desain Teras Minimalis

Untuk mendapatkan desain teras rumah yang minimalis dan modern, maka harus didominasi oleh batu alam dengan warna minimalis seperti putih dan abu-abu. Hasilnya, tampilan teras depan rumahmu akan lebih sedap dipandang.

2. Desain Teras Bernuansa Natural

Desain Teras Bernuansa Natural

Guna menghadirkan nuansa natural, maka elemen pertama yang wajib kamu perhatikan itu adalah area lantai. Apabila lantai keramik sudah terasa sangat umum, maka saatnya untuk mengganti materialnya dengan menggunakan lantai kayu outdoor (deck wood).

Hal itu bukan tanpa alasan, karena penggunaan decking kayu dapat mempertegas kesan natural dan alami. Kendati demikian, tampilan lantai kayu juga masih tetap memperlihatkan sisi kemewahannya.

Artikel Serupa: Mengenal Decking Sebagai Lantai Khusus Outdoor

3. Desain Teras Bergaya Rustic

Desain Teras Bergaya Rustic

Bagi kamu yang sudah bosan dengan desain teras rumah pada umumnya, maka kamu harus mencoba desain yang satu ini. Dalam hal ini, kamu harus mendekor teras rumah dengan aksesoris bergaya rustic chic.

Cara mendekornya pun tergolong cukup mudah, yang mana kamu hanya perlu meletakkan dekorasi taman dengan tepat. Ya, seperti penempatan tanaman atau bunga-bungaan berwarna hijau agar tercipta nuansa yang lebih alami. 

4. Desain Teras Rumah Bergaya Kontemporer

Desain Teras Rumah Bergaya Kontemporer

Menurut informasi yang didapat, kaum millenial itu lebih menyukai pada hal-hal yang bergaya kontemporer. Apabila kamu termasuk kaum millenial, maka desain teras rumah yang satu ini merupakan pilihan paling tepat.

Dalam penataannya, kamu tidak perlu banyak menerapkan aksesoris atau furniture. Disini kamu hanya tinggal menepatkan sofa dan meja dengan warna yang serasi, serta beberapa furniture pendukung lainnya untuk menonjolkan kesan elegan.

Baca juga: 4 Rekomendasi Desain Kisi-kisi Kayu Terbaik Untuk Hunian

5. Desain Teras Rumah Bernuansa Ceria

Desain Teras Rumah Bernuansa Ceria

Seandainya kamu memiliki waktu luang yang memungkinkan, sebaiknya manfaatkan waktu luang tersebut untuk mempercantik tampilan desain teras rumah dengan nuansa ceria.  

Hal itu bertujuan untuk menghadirkan desain teras rumah dengan nuansa yang meriah, hangat, dan tetap nyaman. Namun, item yang harus kamu perhatikan di sini adalah bantal-bantal sofa yang bentuknya lucu dan unik.

Nah, itulah beberapa ide desain teras rumah terbaik yang bisa kamu coba.