Desain dan cara, yang dapat mempercantik kolam renang

Desain yang dapat mempercantik kolam renang

Kolam renang merupakan suatu kontruksi buatan yang dirancang untuk diisi dengan air dan digunakan untuk berenang, bersantai, dan lain sebagainya. Kolam renang pribadi yang berada disuatu bangunan rumah adalah simbol status bagi pemiliknya sebab membutuhkan area lahan yang luas dan biaya perawatan yang besar.

Oleh karena itulah bangunan rumah yang mempunyai fasilitas area kolam renang, dapat dipastikan tampilan bangunannya pun mewah dan elegan.

Nah, bagi anda yang belum memiliki area kolam renang lalu menginginkan hal tersebut ada dirumah anda. Tidak perlu hawatir lagi sebab Toko Lantai Kayu Surabaya akan memberikan informasi yang mungkin penting bagi anda, yang ingin membangun kolam renang dengan desain yang dapat mempercantik hunian anda.

Baca Juga : Inspirasi Dekorasi Rumah

Agar tampilan kolam renang anda terlihat lebih sempurna dan juga nyaman saat dipergunakan, mungkin anda dapat melihat ulasan yang satu ini terlebih dahulu, mengenai cara membuat kolam renang pada hunian anda, berikut ulasannya.

Cara Membuat Kolam Renang Untuk Rumah

Cara mempercantik desain kolam renang

Ketika anda sedang berencana membangun kolam renang, hal yang pertama perlu anda lakukan adalah memulai dengan merancang kolam renang yang ingin anda bangun.

 Apakah bentuknya memanjang,  berbentuk lingkaran, dan seberapa dalam yang dibutuhkan untuk anda. Akan tetapi, semakin rumit desainnya maka semakin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan.

Oleh sebab itulah perhatikan juga dalam kasus tersebut, agar nantinya disaat anda membangunnya tidak dibuat repot akan hal tersebut.

Oke, kita langsung saja, bagaimana cara membuat kolam renang pada hunian anda. Simak penjelasan yang satu ini, seperti :

  • Lakukan pengukuran dan penggalian, pertama-tama hitunglah luas tanah yang akan anda bangun sebagai area kolam renang jika area yang akan anda usung memiliki ukuran yang luas, mungkin dapat menyewa alat konstruksi yang diperlukan biasanya paling tidak satu backhoe-traktor dan gali area tempat kolam renangnya.
  • Ratakan bagian dasarnya, setelah penggalian selesai selanjutnya harus meratakan tanah di dasar kolam serata mungkin. Karena ini penting agar pembangunan dinding dan lantainya lebih mudah. Ada banyak cara untuk meratakan tanah, namun bila Anda menginginkan lantai yang menurun kedalamannya, Anda memerlukan seseorang yang berpengalaman melakukannya.
  • Memasang rangka besi pada tepi dinding, setelah tanah digali dan diratakan, Anda sudah siap untuk memasang rangka dindingm, dimulai dengan memasang rangka kayu dan besi pada langkah ini pastikan dindingnya rata dan bertemu di tiap sisi agar nantinya rapih.
  • Memasang rangkaian pipa, anda hanya perlu membuat sistem pasokan dan penyaringan yang sesuai dengan peraturan daerah Anda. Disini lah dibutuhkan ketelitan dan perhitungan yang matag.
  • Memasang jalur listrik, pada tahap ini pekerjakan tukang listrik untuk memasang instalasi listrik yang diperlukan untuk sistem pencahayaan atau penyaringan karena teknik ini dibuthkan tenaga ahli dan profesional, apabila tidak bisa dibayangkan apa yang terjadi jika instalasi listrik yang buruk bertemu dengan air.
  • Tuangkan olahan beton lantai, ketika sistem rangkaian pipa dan listrik sudah masuk, Anda bisa mulai membangun dinding dan lantai. Sewa mobil pengaduk semen dan tuang beton lantai, ratakan dan haluskan setelah dituang. Pastikan Anda memperhatikan sudut lantai ketika membangun kolam dengan variasi kedalamannya.
  • Membangun dinding kolam. Setelah lantai selesai anda bisa mulai membangun dinding. Dinding kolam biasanya dibuat dengan bata atau beton. Pastikan bagian atas dinding yang dibangun rata dengan permukaan tanah.
  • Isilah kolam dengan air, ketika kolam renang sudah dipastikan selesai, barulah anda dapat mengisinya dengan air dan dapat dipergunakan dengan aman serta nyaman.
Itulah langkang-langkah cara membuat kolam renang dengan ringkas. Mungkin setelah anda membangunnya agar tampilan kolam renang terlihat lebih cantik dan nyaman saat dipergunakan. Disini saya akan memberikan tips mempercantik kolam renang pada bangunan rumah. Berikut penjelasannya.

Tips Mempercantik kolam renang

Dalam Mempercantik ataupun memperindah tampilan suasan kolam renang pada bangunan rumah, sebenarnya banyak cara yang bisa nada lakukan, salah satunya seperti penjelasan dibawah ini :

Membangun Taman di Sekitar Kolam Renang

Tips Mempercantik kolam renang

Membuat taman mini di sekitar kolam renang juga menjadi salah satu trik untuk mempercantik kolam renang pribadi anda di rumah. anda bisa menanam bunga atau jenis tanaman lain yang disukai oleh anda. Namun perlu diingat, jangan memilih tanaman yang daunnya mudah gugur. Karena bisa membuat kolam renang menjadi kotor.

Menambah lampu dapat menciptakan nilai eksotis disaat malam hari

Tips Mempercantik kolam renang

Cara mempercantik kolam renang yang pertama yaitu dengan memasang lampu pada bagian tepi kolam ataupun di dalam kolam. Pemasangan ini bertujuan untuk menambah kesan eksotis atau romantis kolam renang saat malam hari.

Cahaya lampu yang bersinar dari bawah air akan membuat Anda atau siapapun yang berada di kolam tersebut, lebih rileks dan fresh, sehingga suasana santai makin terasa.

Baca Juga : 8 Desain Rooftop Garden

Lantas kira-kira warna lampu apa yang ideal untuk digunakan? Untuk masalah warna lampu, sebenarnya dapat memilih sesuai selera. Selain warna dan bentuk dari cahaya lampunya pun juga bebas.

Tips Mempercantik kolam renang

Tak hanya lampu di dalam kolam saja yang perlu diperhatikan, tapi juga lampu yang ada diluar kolam atau tepian kolam. 

Dengan adanya tambahan lampu di pinggiran kolam, pasti bisa membuat tampilan kolam menjadi lebih menarik dan cantik.

Perlu menjadi pertimbangan untuk pemasangan lampu kolam renang, sebaiknya dipasang oleh orang yang ahli di bidang ini, karena ada resiko kelistrikan apabila salah dalam mengaplikasinkan. Anda bisa konsultasi terlebih dahulu pada orang yang ahli dibidang kelistrikan agar nantinya saat dipergunakan aman dan nyaman bagi anda.

Menambahkan Furniture Dapat Memperindah Suasana Kolam Renang

Tips Mempercantik kolam renang

Tips selanjutnya yaitu dengan penambahan barang furniture sperti kursi untuk bersantai merupakan salah satu furniture yang cocok ditempatkan di samping kolam renang.

Menambahkan beberapa furniture seperti kursi dan meja di area kolam renang bisa anda lakukan untuk memberikan kesan santai.

Memilih Teras Kolam Renang Yang Sesuai Dengan Tema 

Tips Mempercantik kolam renang

Daerah sekitar kolam renang juga harus Anda perhatikan. Salah satunya dengan memperhatikan teras kolam. Banyak cara yang bisa dilakukan dengan memberikan sentuhan dekorasi yang unik untuk mempercantik struktur fisik kolam renang Anda.

Dalam memelih teras kolam atau lebih tepatnya lantai kayu, harus pastikan bahan tersebut nyaman saat digunakan dan juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi seperti jenis penutup lantainya tidak membuat licin. Sebab jika tidak dapat membahayakan keselamatan anda saat sedang mempergunakannya.

Contohnya dalam memilih penutup lantai yang tepat pada area kolam renang dan memiliki tampilan yang terkesan alami, maka Anda bisa menggunakan bahan material penutup lantai yang berbahan kayu..

Baca Juga : Decking Kayu Sebagai Lantai Kayu Outdoor

decking kayu
Jenis penutup lantai yang bisa anda pergunakan yaitu lantai kayu outdoor atau biasa disebut juga sebagai decking kayu merupakan penutup lantai yang menggunakan bahan dasarnya terbuat dari jenis kayu keras seperti kayu ulin, bengkirai, merbau dan jenis kayu lainnya.

Kenapa memilih decking kayu ?...

Karena dalam penerapannya sering sekali dipergunakan sebagai penambah hiasan interior yang dapat menampilkan nilai keindahan dan juga estetik.

Hal mengapa anda perlu menggunakan decking kayu pada area kolam renang anda ? karena sifatnya yang dapat mempercantik suasan kolam renang juga terdapat tingkat keamanan yang tinggi sebab decking kayu terdapat fitur anti slip, yang dimana pada permukaannya memiliki garis-garis panjang bertujuan untuk membuat permukaan lantai menjadi kesat atau tidak licin.

Bagaimana menurut anda mengenai ulasan yang diberikan satu ini, apakah dapat membantu anda dari cara membuat kolam renang dan juga tips agar tampilan kolam renang anda menjadi lebih cantik. Ya, memang dalam hal membangun sebuah kolam renang diperlukan beberapa informasi yang perlu anda dapatkan agar saat menerapkannya dapat menghasilkan hasil yang sempurna.