Rumah Anda Ingin Terbebas Dari Debu ?. Perhatikan Tips Dan Cara Ini

membersihkan rumah agar bebas dari debu

Rumah yang bersih tentunya memiliki sipat yang baik bagi kesehatan. Dalam menjaga rumah agar selalu bersih dan terhindar dari partikel-pertikel debu, dibutuhkan ketelatenan dalam  membersihkan rumah.

Walaupun di anggap sepele dalam membersihkan rumah, namun jika hal itu tidak di lakukan, lambat laun rumah akan semakin kotor yang di sebabkan oleh debu, bahkan hal yang tidak di ingikan pun akan datang menghampiri anda seperti timbulnya penyakit.

Oleh sebab itu informasi ini, yang mungkin penting bagi anda dalam hal membersihkan rumah agar terbebas dari yang namanya debu. Apalagi tips dan cara ini bisa dilakukan dengan mudah. Berikut ulasannya.

Tips Dan Cara Agar Rumah Terbebas Dari Debu

Menghilangkan debu pada rumah, memang hal termudah, jika dilakukan pembersihan pada rumah anda berkala, hal ini tentunya debu merupakan bagian partikel yang mudah di hilangkan namun juga cepat datang untuk kembali.

Untuk itu agar rumah anda terbebas dari debu, cobalah memperhatikan beberapa tips ampuh ini, yang mungkin bisa di terapkan pada hunian anda, berikut ulasannya.

1. Melakukan Bersih-Bersih Secara Berkala

membersihkan secara berkala

Membersihkan rumah, adalah hal yang merepotkan bukan ?. belum lagi jika anda memiliki buah hati atau adanya aktifitas yang padat. Hal tersebut yang membuat anda tidak sempat untuk membersihkan rumah.

Mungkin solusi yang tepatnya, anda hanya tinggal membayar orang untuk membersihkan rumah, namun perlu anda ingat, bagaimana jika itu sering di lakukan ?. tentunya dapat membuat anda boros soal keuangan.

Untuk membersihkan rumah dari debu, cobalah bersih-bersih secara berkala, caranya pada saat anda sedang berjalan di dalam rumah, gunakan lah sapu sambil anda berjalan. 

Atau juga untuk waktu-waktu yang tepat membersihkan rumah, anda bisa melakukannnya di pagi dan sore hari. waktu tersebut bisa diakatan jam kosaong sebelum dan sesudah melakukan aktifitas. Dengan begitu rumah anda pun akan selalu terjaga kebersihannya, bahkan terhindar dari partikel debu.

2. Membersihkan Setiap Furniture Yang Ada Di Rumah

membersihkan furniture rumah

Salah satu tempat bersarangnya debu di rumah anda, yaitu pada area benda-benda atau furniture yang ada pada bagian dalam rumah anda, seperti lemari, sofa, bingkai foto, meja, dan lain sebagainya. 

Keberadaan debu pada tempat-tempat tersebut sering sekali kita lupakan, faktor ini lah yang menjadi rumah anda menjadi sarangnya debu.

Untuk itu, cobalah memperhatian setiap funiture anda, untuk selalu menjaga kebersihannya. Cara membersih furniture, terbilang mudah. Anda hanya perlu membutuhkan sebuah kain basah atau juga vacum cleaner, untuk membersihkan area tersbut.

3. Membersihkan Karpet Yang Berada Di Dalam Rumah

membersihkan karpet

Karpet adalah gudang utama partikel debu untuk hinggap. Meskipun anda menggunakan vacuum cleaner, debu di karpet setiap hari akan selalu ada. Untuk itu anda mungkin juga perlu mencucinya sesekali atau setiap 3 bulan - 6 bulan sekali. Tapi, kita semua tahu bahwa mencuci karpet sangatlah sulit, walaupun sulit cara ini tidak setiap hari di lakukan. 

Karpet juga dikenal sebagai penyebab utama penumpukan partikel debu. Menghilangkan masalah utama pasti akan menyelasaikan masalah. 

Oleh sebab itu jika anda menggunakan karpet yang di aplikasikan pada hunian anda, cobalah untuk berfikir ulang untuk menggunakannya atau juga jika anda tetap menggunakan karpet, perhatikan untuk menjaga kebersihannya.

4. Batasi Penggunaan Alas Kaki Dan Cobalah Untuk Nempatkan Pada Luar Ruangan 

membatasi penggunaan alas kaki

Alas kaki adalah pembawa utama kotoran dan debu dari luar. Hal ini mungkin dianggap sepele, karena sipat debu yang jumlahnya sedikit tidak terlihat, namun bagaimana jika sering dilpakan, maka debu pun akan selalu bertambah bukan ?.

Untuk itu Cobalah membatasi penggunaan alas kaki di luar rumah dengan membuat rak terpisah di luar.

Bagaimana jika ada tamu atau keularga berkunjung ke rumah ?. Anda pun dapat membuat aturan bagi tamu atau kerabat saat berkunjung ke rumah anda untuk meninggalkan alas kaki mereka di luar rumah sebelum masuk.

5. Membesihkan Pada Bagian Jendela Rumah

membersihkan jendela rumah

Membersihkan rumah dari debu. Debu biasanya datang melalui udara, seperti jendela yang berfungsi untuk sirkulasi keluar masuknya udara. Untuk itu keberadaan jendela juga dapat menciptakan partikel debu pada hunian anda.

Dalam hal ini, cobalah untuk sering memperhatikan bagian jendela rumah, dengan cara membersihkan jendela secara rutin. Akan tetapi jangan melewatkan juga pada bagian tirai yang terpadang di jendela rumah anda, sebab hal ini tentunya debu pun menempel pada kain tirainya.

6. Bersihkan filter udara AC / Membersihkan Kipas Angin

membersihkan ac atau kipas angin

Ini mungkin sama pentingnya dengan bagian jendela. Meskipun udara yang berasal dari AC disaring, namun itu tidak berfungsi dengan baik jika ada tumpukan debu yang sangat banyak di filter.

Oleh karena itu, membersihkan filter AC secara rutin akan memastikan kualitas udara yang baik dan terbebas dari debu.

Disamping itu jika anda menggunakan kipas angin di rumah, untuk memperhatikan dari segi kebersihannya juga. Apalagi kipas angin tidak memiliki filter, hanya memberikan angin secara langsung. Oleh sebab itu biasanya kipas angin kerap sekali tempat bersarangnnya debu.

Untuk membersihkan kipa angin, itu tergantung tipe yang dipergunakan, pada umumnya kipas angin hanya perlu membuka dari bagian pelindung yang di beri baut. Anda hanya cukup membila piringan yang telah di lepas lalu di keringkan menggunakan kain keraing.

7. Membersihkan Lantai Rumah, Cara Ini Sangatlah Penting Dilakukan

membersihkan lantai rumah

Yang terakhir adalah point yang paling penting dan keberadaannya pun sering di lalui. Ya bena sekali, lantai adalah salah satu tempat bersarangnya partikel debu. Mengapa demikian ?, salah satu penyebabnya di karenakan penggunaannya sering di lalui untuk berlalu lalang saat berada di dalam rumah.

Sehingga hal ini perlu diperhatikan juga untuk menjaga kebersihannya, agar lantai rumah terhindar dari debu.

Cara membersihkan lantai rumah terbilang cukup mudah, bahkan anda pun sering melakukannya bukan ?. Namun perlu anda ketahui, bahwa dalam membersihkan lantai rumah tidak semuanya sama untuk di lakukan, contohnya seperti lantai keramik, dibersihkan dengan cara di beri cairan pembersih lantai hingga basah, lalu setelah itu di keringkan menggunakan kain pel.

Akan tetapi bagaimana jika rumah anda menggunakan lantai kayu ?. Beda halnya dengan lantai keramik yang harus di beri air terlebih dahulu. Untuk lantai kayu jika caranya seperti itu dapat membuat lantai kayu menjadi kusam bahkan rusak.


Membersihkan lantai kayu terbilang susah susah gampang, anda hanya perlu menggunakan kain kering atau sapu untuk membersihkan debu pada permukaan lantainya, karena sipat lantai kayu yang terlihat kinclong, sehingga debu yang menempel pun dapat dengan mudah dibersihkan.

Dengan begitu tampilan dan kualitas lantai kayu anda akan selalu terjaga, bahkan debu yang menempel pun akan hilang, sehingga rumah anda akan terbebas dari yang namanya debu.

Itulah penjelasan mengenai tips dan cara agar rumah anda terbebas dari debu, sehingga kualitas tampilan rumah pun akan terlihat indah , bahkan penyakit pun rasanya akan jauh dari keluarga anda.