Mengulas Kayu Rengas, Dari Daya Tahan Hingga Manfaatnya

kayu rengas

 Kayu rengas — kayu yang sampai saat ini kerap dipergunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Macam-macam jenis kayu yang ada di Indonesia dapat kita temukan dengan mudah, terlebih ada beberapa jenis kayu yang cukup populer di kalangan masyarakat, seperti kayu jati, kayu merbau, dan kayu ulin.

Namun disamping kayu yang telah dikenal luas tersebut, ada juga lho salah satu jenis kayu dengan adanya ke unikan hingga manfaat yang di hasilkan bahkan telah dipergunakan berbagai macam kebutuhan untuk meningkatkan nilai ekonomi.

Kayu rengas merupakan jenis yang termasuk kategori penghasil kayu keras, dengan adanya beberapa karkateristik dan tekstur warna berkualitas baik, tak heran kayu rengas memiliki keunggulannya tersendiri. Untuk lebih jelasnya lagi, simak penjelasan di bawah ini.

Pohon Rengas 

pohon rengas

Pohon rengas merupakan jenis pohon besar dan memiliki batang kayu yang keras serta memiliki warna unik. Pohon rengas tersebar di beberapa negara di Asia Tenggara.

Khususnya di Indonesia pohon rengas dapat di temukan di beberapa daerah seperti Sumatra, Jawa, Dan Kalimantan. Daerah-daerah tersebut, memiliki kontur tanah dan iklim yang baik atau lebih tepatnya cocok untuk pohon rengas tumbuh.

Pohon rengas dapat tumbuh dengan baik jika tumbuh di dalam hutan hujan tropis dengan tipe curah hujan A dan B, kadang-kadang C, pada tanah yangberdekatan dengan genangan air tawar, di pinggir sungai atau berada di ketinggian sampai 300 mdpl.

Disamping pohon rengas memiliki kualitas yang baik, akan tetapi bagi sebagian orang malas untuk mendekati pohon yang satu ini. Karena pohon rengas memiliki getah beracun yang dapat menimbulkan reaksi berupa kulit gatal-gatal dan panas seperti terbakar. 

Namun di balik getah yang beracun, pohon rengas tetap menjadi salah satu nilai ekonomi khususnya para pengrajin kayu untuk di manfaatkan berbagai tujuan. Mengapa demikian ?. Itu semua karena karakteristik dari kayu rengas mempunyai kualitas tinggi, seperti penjelasan yang satu ini

Karakteristik Kayu Rengas

karakteristik kayu rengas

Setiap jenis kayu memiliki sifat dan karakter kayu yang berbeda-beda. Sifat atau karakter kayu tersebut yang menjadikan penentu dari kualitas dan fungsi dari suatu jenis kayu.

Kayu rengas memiliki bentuk batang yang bulat, dengan adanya lekukan yang berada di dekat pangkalnya. Batangnya banyak dan umumnya terdapat gemang batang, dengan panjang 90 hingga 120 cm, terkadang dapat ditemui banir setinggi 4 m atau akar tunjang tergantung kondisinya.

Untuk batang panjang kayu rengas dapat mencapai 30 meter, panjang batang bebas cabang 10 – 20 m, dan diameter dapat mencapai 60 cm. Dengan adanya batang kayu rengas yang nyaris sempurna ini, sehingga untuk pengolahan pun dapat mempermudah dalam pemotongannya.


Karena kayu rengas memiliki kualitas yang tinggi dan dipergunakan untuk berbagai macam tujuan, tidak heran jika kayu ini mempunyai daya tahan yang baik dan tekstur warna yang unik. Contohnya seperti penjelasan di bawah ini.

Daya Tahan Kayu Rengas

Kayu dapat dibedakan atas kekuatan dan keawetan. Dimana kekuatan kayu merupakan daya tahan kayu terhadap beban yang mengenainya, sedangkan keawetan kayu merupakan daya tahan kayu terhadap organisme kayu.

Untuk Kayu rengas memiliki daya tahan yang baik, yang dimana untuk tingkat kekerasan memiliki kelas II dan tingkat awet memiliki kelas II, serta mempunyai berat jenis 0,59 - 0,8 g/cm.

Adanya durabilitas stabil dari kayu rengas, maka dapat kita simpulkan bahwa kayu rengas termasuk kategori penghasil kayu keras.

Tekstur Dan Warna Kayu Rengas

Tekstur kayu rengas sedikit agak kasar namun pada bagian terasnya memiliki warna merah darah, kadang-kadang dengan garis-garis berwarna lebih tua. Untuk gubalnya sendiri berwarna coklat muda, semu-semu merah jambu hampir putih.

Dengan adanya daya tahan yang baik dan juga memiliki tampilan yang unik, sehingga kayu rengas pun sering diergunakan untuk berbagai macam tujuan. Ingin tahu apa saja kah itu, yuk kita simak pada penjelasan di bawah ini.

Manfaat Yang Dihasilkan Kayu Rengas

manfaat kayu rengas

Produk kayu olahan di Indonesia telah banyak yang diekspor ke negara lain. Tentunya ini dapat menambah sumber penghasilan dan devisa negara.

Adanya dukungan dari teknologi yang semakin canggih, memberikan peluang untuk memproduksi produk yang berbahan dasar kayu yang lebih variatif. Sehingga kayu rengas sering di manfaatkan untuk dijadikan bahan baku konstruksi, mebel, dan di jadikan lantai kayu outdoor.


Ingin tahu seperti apa kualitas dari kayu rengas dengan adanya olahan manfaat tersebut ?. Ikuti terus ulasan ini sampai selesai, agar anda tidak ketinggalan setipa informasi dari kayu rengas. Simak ulasannya.

Kayu Rengas Sebagai Bahan Baku Konstruksi, Kuat Dan Awet

 Kayu rengas sebagai bahan baku konstruksi yang mulai banyak digunakan di Indonesia, antara lain untuk keperluan rumah tinggal, jembatan dan lain sebagainya. Keuntungan dari kayu rengas yaitu sebagai bahan struktur bangunan yang tahan terhadap gempa dan juga dapat dipergunakan jangka panjang.

Apalagi bangunan yang menggunakan bahan baku dari kayu rengas memiliki nilai estetika yang tinggi, maka dari itu kayu rengas dalam belakangan ini telah digunakan sebagai bahan baku konstruksi dengan nilai ekonomi yang tinggi.

Kayu Rengas Sebagai Pembuatan Furniture

Memilih jenis kayu berkualitas tinggi untuk olahan furniture, tentu menjadi langkah pertama yang harus diperhatikan. Dengan memilih kayu yang tepat, maka akan bisa membuat furniture yang tidak hanya memiliki kualitas yang bagus, namun juga bisa bertahan dengan lama.

Adanya hal tersebut, kayu rengas dapat dipergunakan juga sebagai bahan dasar pembuatan furniture seperti meja, lemari, kursi, dan lain sebagainya. Terlebih harga yang dimiliki kayu rengas terbilang terjangkau, sehingga para pengrajin kayu tidak melewatkan kayu rengas sebagai bahan dasar pembuatan furniture.

Manfaat Untuk Lantai Kayu Outdoor / Decking Kayu

decking kayu rengas

Kayu rengas tidak hanya dipergunakan untuk bahan baku konstruksi dan furniture saja, melain kan sering dipergunakan sebagai material penutup lantai yang biasa di aplikasikan ada area outdoor.

Seperti yang kita ketahui untuk produk lantai kayu outdoor atau biasa orang menyebutnya decking kayu dapat memberikan efek yang berbeda terhadap tampilan bangunan.

Decking kayu rengas, yang hampir sama halnya seperti decking kayu ulin dan kayu merbau. Juga memiliki tampilan yang estetik dengan adanya motif dan warna pada permukaan decking kayu rengas. 


Disamping itu, untuk decking kayu rengas, ketika anda sedang berjalan pada permukaanya dapat memberikan rasa nyaman dan aroma khas yang dimilikinya. Maka tak heran kebutuhan decking kayu rengas mulai banyak diminati.

Itulah penjelasan mengenai kayu rengas, mulai dari pohon hingga manfaat yang dihasilkannya. Sehingga tidak heran, sampai saat ini pun kayu memang sebagai bahan baku yang laris dipasaran, dengan dipergunakan untuk berbagai macam tujuan.