Dibalik Rahasia Kayu Kempas Berkualitas Tinggi, Ini Dia Penjelasannya

rahasia dibalik kayu kempas berkualitas tinggi

Kayu, yang sampai saat ini sebagai bahan material yang sering dipergunakan berbagai macam kebutuhan dengan memiliki macam-macam jenisnya mulai dari kelas menengah hingga kelas atas.

Di tambah lagi untuk Indonesia yang notabennya memiliki kekayaan kayu yang cukup beragam, maka tidak heran kayu sebagai nilai ekonomi yang di tinggi. Karena hampir setiap pembangunan tidak lepas dengan penggunaan kayu.

Kebutuhan kayu, kian ahri kian meningkat dengan adanya persaingan pasar yang cukup ketat, sehingga berbagai macam di lakukan, yang salah satunya memanfaatkan jenis-jenis kayu berkualitas tinggi contohnya seperti kayu kempas.

Kayu kempas, mungkin kedengarannya asing ya, berbeda dari kayu jati dan kayu merbau yang sudah di kenal luas serta populer akan kualitas yang dimilikinya. Namun untuk kayu kempas ternyata dalam kebutuhan kayu pun sering dipergunakan berbagai macam tujuan.

Ingin mengetahui lebih jelasanya lagi mengenai kayu kempas ?. Yuk kita simak penjelasan di bawah ini, mengenal kayu kempas lebih dekat hingga menghasilkan olahan produk yang berkualitas tinggi. Berikut penjelasannya.

Mengenal Kayu Kempas

mengenal kayu kempas

Kayu kempas yang tersebar di Negara Malaysia dan Indonesia. Untuk di negara tercinta ini kayu kempas dapat di temukan dengan yang tersebar di beberapa daerah seperti Sumatra, Kalimantan, dan Bangka Belitung.

Di samping itu keberadaan kayu kempas di tanah Jawa dan Sulawesi lumayan sulit untuk di temukan bahkan jarang sekali yang menggunakannya, sehingga kayu kempas sering di sebut sebagai kayu yang berasal dari Kalimantan dan Sumatra.


Kayu kempas mulai di kenal luas, karena persaingan di dunia kayu yang lumayan ketat, apalagi dari beberapa jenis kayu memiliki harga yang cukup tinggi. Dengan adanya hal tersebut kebutuhan penggunaan kayu kempas mulai di gemari bagi sebagian orang, terlebih jenis kayu ini memiliki harga yang terjangka.

Karakteristik Pohon Kempas

Pohon kempas pada umumnya memiliki tinggi pohon mencapai 30 - 40 meter, dengan memiliki ukuran panjang batang pohonya berkisar 25 meter serta berdiameter 120 cm.

Pohon kempas dapat di temukan dengan mudah pada area rawa atau berada di dataran rendah dibawah ketinggian 600 mdpl. Untuk saat ini status pohon kempas belum termasuk ketegori tumbuhan yang dilindungi, sebab masih banyak di temukan dengan mudah di alam bebas.

Bukan berarti dalam hal tersebut, kita tidak menjaga kelestarian pada pohon kempas ya, dengan menjaga kelesatarian alam terutama pada pohon kempas, gar kedepannya kita masih dapat merasakan hasil manfaat yang dimiliki dari kayu kempas.

Mengapa pohon kempas mulai banyak peminatnya ? sebab pohon kempas tidak mengeluarkan getah pada bagian batangnya, hal ini lah yang menjadi nilai unggul dari pohon kempas, mulai saat ini kebutuhannya meningkat.

Daya tahan yang dimiliki kayu kempas

Kayu kempas sebagai salah satu jenis kayu berkualitas tinggi, yang dimana dalam tingkat kekerasannya memiliki kelas I-II dan awet kelas III, kayu kempas soal keawetannya cukup rendah, tetapi dalam hal ini kayu kempas termasuk kategori kayu keras.

Dengan adanya daya tahan yang baik dan di tambah lagi tampilan yang menarik, sehingga kayu kempas sebagai jenis kayu keras yang memiliki ciri khasnya terendiri, apalagi kayu kempas banyak di manfaatkan berbagai macam kebutuhan, seperti penjelasan di bawah ini.

Ciri Khas Yang Dimiliki Kayu Kempas

ciri khas kayu kempas

Kayu kempas memiliki cir khas yang dimana pada bagian luar berwarna kelabu dan bisa juga putih kekuningan, bahkan ada juga yang terdapat kayu kempas warnanya merah kecoklatan, yang hampir menyerupai kayu merabu.


Tampilan yang indah dan menarik, sehingga amat sayang sekali kayu kempas tidak di manfaatkan dengan baik. Oleh sebab itu bagi para pengrajin kayu memanfaat kayu kempas dengan berbagai macam kebutuhan, yang di antaranya yaitu :

  • Sebagai bantalan rell kereta.
  • Bahan kontruksi bangunan.
  • Di jadikan kerajinan tangan.
  • Di olah untuk di jadikan furniture.
Sipat alami yang di hasil kan kayu kempas memberikan ciri khas tersendiri dan daya tahan yang berkualitas tinggi. Di samping pemanfaatan kayu kempas seperti contoh penjelasan di atas, ada pun kayu kempas yang di pergunakan sebagai lantai kayu outdoor.

Penasaran, rahasia apalagi yang ada pada kayu kempas untuk dipergunakan sebagai lantai kayu outdoor. Oke, untuk menghilangkan rasa penasaran anda, yuk kita simak penjlasan dibawah ini.

Kayu Kempas Sebagai Lantai Kayu Outdoor

decking kayu kempas

Kayu kempas yang sudah diakui karena sipat daya tahan berkualitas baik serta terdapat tampilan warna yang indah, maka dari itu kayu kempas di pergunakan sebagai lantai kayu, yang di aplikasikan pada bagian area outdoor.

Lantai kayu outdoor kayu kempas atau bisanya orang menyebutnya decking kayu kempas memiliki tampilan estetik dan menarik. Penggunaan decking kayu kempas memberikan nilai keuntungan bagi yang menggunakannya, contohnya jika di aplikasikan pada bangunan rumah, dapat memberikan tampilan lebih dan memberikan ciri khas tersendiri.

Khususnya di Toko Lantai Kayu Subaraya decking kayu kempas yang memiliki ukuran 1,9 x 9 x 180 - 300 cm di bandrol dengan harga berkisar yaitu Rp. 290.000. Harga tersebut tentunya lebih terjangkau di bandingkan kayu ulin dan kayu merbau, yang notabennya memiliki harga yang cukup tinggi.

Maka dari itu decking kayu kempas dapat menjadi rekomendasi pilihan lain bila anda ingin menggunakan pada hunian anda, agar menciptakan nilai keindahan dan kenyamanan saat berada pada hunian anda.

Baca Selengkapnya : Mengenal Decking Sebagai Lantai Khusus Outdoor

Untuk membeli decking kayu kempas terbilang cukup mudah, anda dapat membelinya secara langsung atau pun melalui via whatsapp call center kami, dengan nomor : 08122042004

Itulah penjelasan mengenai kayu kempas yang memiliki kualitas tinggi serta dalam penggunaannya kian hari kian meningkat di pasaran. Terimakasih bagi anda yang telah mengikuti ulasan kali ini hingg selesai ,semoga penjelasan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan untuk anda.