Kayu Kamper, Kayu Yang Memiliki Banyak Manfaat-Nya

Kayu kamper, mungkin nama kamper seperti tidak asing pada telinga anda bukan ?, ya seperti yang kita tahu kamper atau naman lainnya kapur barus adalah bahan yang dipergunakan sebagai pembasmi serangga.

Akan tetapi, bukan itu yang kita maksud melainkan kamper merupakan nama tumbuhan yang dapat kita jumpai di daerah Kalimantan. Seperti yang kita ketahui Kalimantan mempunyai berbagai macam tumbuhan dan penghasil kayu berkualitas tinggi, yang salah satunya kayu kamper.

Apakah anda sudah mengetahui kayu kamper ini ?

Bukam hanya dipergunakan sebagai bahan pembuatan kapur barus saja. Kayu kamper pun memiliki daya tahan yang cukup baik, sehingga berbagai macam olahan kayu pun dapat dipergunakan menggunakan material bahan kayu kamper.

Secara umum kayu kamper yang dijual dipasaran dengan hasil kualitas yang baik yaitu jenis kayu kamper samarinda. 

Namun dengan seiringnya waktu kayu kamper dapat ditemukan di berbagai daerah Indonesia. Hal ini disebabkan karena kayu kamper menjadi komoditas penting penyangga perekonomian masyarakat di Indonesia. Mengingat manfaat perekonomian yang dihasilkan dari kayu kamper ini.

Untuk lebih mengenal apa itu kayu kamper. Anda dapat mengikuti terus ulasan yang saya berikan, berikut penjelasannya dibawah ini.

Karakteristik Yang Dimiliki Kayu Kamper


Kayu kamper berasal dari tumbuhan spesies ordo laurales dan disamping itu juga untuk pohon kamper memiliki tinggi sekitar 20-30 meter.

Tergolong sebagai salah satu penghasil kayu berkualitas tinggi yang diperoleh dari tingkat keawetanya kelas II dan tingkat kekerasannya kelas I dan II menjadikan kayu kamper dipercaya memiliki daya tahan yang baik walaupun tidak sekuat kayu jati. Namun, kayu kamper dapat diperoleh dengan harga lebih murah, di mana kualitasnya hampir sama dengan kayu jati.


Salah satu yang wajib kita ketahui dari kayu kamper ialah, terdapatnya serat yang lurus serta corak bergelombang sehingga tampilan yang dimilikinya pun cukup indah.

Tak heran bagi para pengrajin kayu kerap memanfaatkan kayu kamper sebagai bahan dasar material olahan kayu yang memiliki banyak manfaatnya ini. Namun tidak dilewatkan juga dari kayu kamper, terdapat nilai kelebihan dan kekurangnya seperti,

Keunggulan yang dimiliki oleh kayu kamper :

  • Memilik aroma yang seperti kita ketahui, sehingga rayap dan serangga lainnya tidak menyukai kayu kamper atau lebih tepatnay tahan dari rayap.
  • Walaupun kualitasnya masih dibawah kayu jati, akan tetapi kayu kamper memiliki harga yang terjangkau.
  • Tekstur serat yang berbentuk lurus serta bergelombang membuat para pengrajin kayu di melwatkan kayu yang satu ini.
  • Untuk populasi di alam kayu kamper masih dapat kita jumpai dengan mudah.

Kelemahan yang dimiliki oleh kayu Kamper :

  • Dapat menyusut jika sering terkena air.
  • Membutuhkan beberapa tahapan proses yang memakan waktu untuk dipergunakan sebagai bahan furniture.
  • Proses penghalusannya membutuhkan waktu lama karena permukaannya kasar dan keras. Teknik pengamplasannya pun harus tepat supaya bisa menghasilkan tekstur yang diinginkan.
  • Aroma khas yang dihasilkan kayu kamper bisa menyebabka alergi pernapasan dan iritasi kulit bagi Anda yang sensitif.Itulah penjelasan mengenai karakteristik hingga kelebihan dan kekuranagan yang dimiliki oleh kayu kamper. Sesuai dengan penjelasan diatas kayu kamper memiliki banyak manfaatnya. Untuk mengetahui lebih lanjutnya lagi, simak ulasan yang satu ini.

Manfaat Yang Dihasilkan Dari Kayu Kamper

Ada banyak manfaat yang di hasilkan dari kayu kamper salah satu contohnya berguna untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Bukan tanpa alasan, manfaat itu berasal dari berbagai macam kandungan kayu kamper, seperti dibawah ini.

Sebagai bahan pengobatan dan mengusir serangga


Kayu kamper terdapat kandungan borneol pada kristal kamper sangat tinggi. Borneol potensial sebagai bahan baku obat-obatan organik. Dahulu, minyak kapur telah digunakan dalam pengobatan tradisional penyakit ringan dan minyak gosok.


Senyawa borneol juga berpotensi menghambat aktivitas mikroba, bakteri dan mengandung antioksidan tinggi. Hasil uji bioaktivitas menunjukkan senyawa borneol mampu memperbaiki sistem saraf dan memiliki efek menenangkan. 

Tidak hanya dimanfaatkan bagi kesehatan saja. Hasil dari pohon kamper yang diolah menjadi kapur barus berkhasiat untuk membasmi serangga seperti rayap.

Dapat dipergunakan sebagai bahan baku kontruksi


Dari tahun ke tahunya sebagian besar hampir setiap bangunan rumah dan struktur bangunan komersial, dibangun menggunakan kayu, salah satunya menggunakan kayu kamper yang dipergunakan sebagai bahan material bangunan.

Kenapa demikian ?...

Karena kayu kamper masih dapat kita temukan dengan mudah sehingga menyebakan hampir semua struktur bangunan perumahan, jembatan, bangunan komersial ringan, pabrik dan tiang menggunakan kayu kamper.


Itulah penjelasan mengenai kayu kamper dengan berbagai macam manfaat yang dihasilkan, oleh sebab itu samapai saat ini penggunaan kayu masih dipergunakan berbagai macam kebutuhan. Maka dari itu dalam menjaga kelesatrian alam lingkungan hidup kita perlu memperhatikan kelesatrian dari beberapa jenis pohon yang ada di Indonesia ini, agar setiap menggunakan bahan kayu dapat kita temukan dengan mudah.