Ternyata ini, perbandingan lantai kayu dan keramik

perbandinagn lantai kayu dan keramik
Sebelum mengetahui perbandingan antara lantai kayu dan lantai keramik perlu diketahui juga apa yang dimaksud dengan lantai, yaitu permukaan pada sebuah bangunan dan digunakan sebagai pijakan dalam suatu ruangan. Untuk lantai sendiri memiliki ragam jenisnnya, ya tidak di herankan lagi bukan dengan hal ini karena akan pertumbuhun yang mulai cukup pesat disektor pembangunan sehingga penutup lantai pada bangunan memiliki jenis-jenisnya.
Adapun bahan yang digunakan untuk pembuatan lantai seperti kayu, keramik, murmer, batu granit dan bahan lainnya. Dengan seiring perkembangan jaman dan dilengkapi teknologi yang memadai jenis-jenis lantai dapat diolah varian bentuk dan warnanya.
Terlepas dari itu disini saya akan menjelaskan perbandingan antara lantai kayu dan lantai keramik dalam perbandingannya tidak hanya dilihat dari bahan baku dasarnya saja seperti lantai kayu bahan dasarnya dari kayu dan lantai keramik bahan dasarnya dari tanah liat, perlu anda ketahui juga perbedaan lainnya, nah untuk lebih lengkapnya lagi, ikuti ulasan yang saya berikan sebagai berikut.

Mengenal Lantai Keramik 

perbandinagn lantai kayu dan keramik

Lantai keramik merupakan jenis lantai yang menggunakan bahan dasarnya terbuat dari tanah liat lalu dicetak dan proses pembakaran, gunanya agar memiliki kepadatan dan kekerasan yang baik juga tidak hanya disitu dengan seiringnya waktu lantai keramik dapat dicetak pada permukaannya dengan berbagai jenis motif yang dimilikinya.

Sehingga dengan begitu lantai keramik mempunyai tampilan yang indah saat dipergunakan, terlepas dari itu juga lantai keramik sudah familiar bagi kalangan orang, ya tidak diherankan lagi buka ?.karena dalam penerapannya sendiri hampir setiap bangunan rumah menggunakan lantai keramik sebab memiliki harga yang terjangkau dan mudah untuk didapat.

Kelebihan lantai keramik

  • Mudah saat proses pengolahannya.
  • Memiliki motif dan warna yang beragam.
  • Tidak mudah terbakar.
  • Tahan terhadap air.
  • Memiliki harga yang terjangkau.

Kekurangan lantai kemarik

  • Jika rusak atau pecah tidak bisa diperbaiki lagi.
  • Mudah pecah saat terjatuh dari ketinggian tertentu.
  • Jika saat digunakan terlebih kaki anda tidak memakai alas akan terasa dingin.
  • Permukaan lantai yang licin sehingga harus berhati-hati jika terkena air.

Penggunaan lantai keramik untuk bangunan rumah dilihat dari segi :

perbandinagn lantai kayu dan keramik


Ketahanan

Memiliki keawetan yang baik sehingga pemakaiannya akan bertahan dalam jangka waktu yang lama itu karena memiliki tingkat kepadatan yang berkualitas baik.

Tampilan

Karena memiliki ragam jenis motif dan warnanya sehingga dapat disesuaikan dengan selera anda masing-masing.

Perawatan

Untuk perawatannya bisa dikatakan mudah karena permukaan atanya ditak memiliki pori-pori sehingga jika terkena air atau juga noda dapat dengan mudah untuk dibersihkan.

Kenyamanan

Pastinya nyaman digunakan itu karena lantai keramik tidak memiliki perawatan yang ekstra terlebih dapat dipergunakan cukup lama sehingga anda tidak perlu lagi hawatir akan penggunaannya.


Mengenal Lantai Kayu

perbandinagn lantai kayu dan keramik

Lantai kayu merupakan jenis olahan lantai yang menggunakan bahan dasarnya terbuat dari jenis-jenis kayu keras dan tentunya memiliki kualitas yang baik sebab tidak semua jenis kayu dapat diolah untuk dijadikan lantai kayu hanya jenis kayu yang memiliki tampilan warna serta motif khas dan juga memiliki tingkat kekerasan dan keawetannya yang berkualitas baik.

Untuk jenis-jenis kayu yang dipergunakan seperti kayu jati, kayu merbau, kayu ulin, kayu bengkirai , kayu keruing dan lain sebagainya.

Dengan memiliki beberapa jenis kayunya tidak heran juga lantai kayu memiliki ragam olahannya sperti parket solid, parket laminate, dan parket engeered. Oke untuk kualitas yang paling baik diantara olahan lainnya jenis parket solid lah dianggap  memiliki kualitas yang paling baik itu karena tingkat kekerasan dan keawetannya bisa dikatakan setabil.

Disamping itu juga lantai kayu memiliki nilai unggulnya yaitu dengan memiliki syarat SNI dan pastinya aman untuk dipergunakan bahkan dapat dipergunakan juga dalam kurung waktu yang cukup lama.

Kelebihan dari lantai kayu

  • Memiliki tingkat keawetan yang bisa dikatakan sama dengan lantai keramik.
  • Mempunyai aroma khas yang di dapat pada kayu.
  • Memiliki tampilan yang indah karena beragam motif dan warnanya.
  • Saat dipergunakan suasana rumah akan terasa hangat dan juga saat memijakan kaki akan terasa empuk.

Kekurangan lantai kayu

  • Mudah tergores jika terkena benda-benda tajam.
  • Tidak memiliki ketahanan dari air sehingga jika terkenan air haru langsung dikeringkan.
  • Warna dapat kusam itu karena jika perawatan yang kurang diperhatikan dan juga biasanya telah digunakan cukup lama.
  • Memiliki harga yang cukup tinggi.

Penggunaan lantai kayu untuk bangunan rumah dilihat dari segi :

perbandinagn lantai kayu dan keramik

Ketahanan

Karena menggunakan bahan dasarnya terbuat dari jenis-jenis kayu keras dan tidak diherankan lagi akan kualitasnnya sehingga lantai kayu memiliki daya tahan yang baik dan tentunya dapat dipergunakan dalam kurung waktu yang cukup lama.

Tampilan

Memiliki motif dan warna permukaan yang indah sehingga saat diaplikasikan pada bangunan rumah anda akan terciptanya nilai estika bahkan terkesan mewah dan elegan.

Kenyamanan

Mempunyai aroma khas yang didapat dari jenis kayu tersebut sehingga nyaman saat sedang bersantai menikmati suasana rumah anda terlebih dapat membuat tampilan rumah menjadi bernuansa alam dan membuat suasana sejuk, damai dan tentram dengan begitu lantai kayu nyaman saat sedang dipergunakan.

Perawatan

Membutuhkan perhatian dalam perawtannya sebab jika tidak merawat dengan baik warna pada lantai kayu akan terlihat kusam dengan begitu nilai keindahnnya pun berkurang, nah jika warna menjadi kusam anda tidak perlu hawatir tinggal di varnish ulang dan tampilannya akan terlihat seperti baru kembali.

Memang tidak dipungkiri lagi bukan akan perawatan yang cukup membutuhkan perhatian akan tetapi jika melakukan perawatan dengan baik, tampilan rumah anda akan terlihat lebih indah dan juga terkesan natural.

Mana yang lebih Unggul ?...

perbandinagn lantai kayu dan keramik

Mengenai mana yang lebih unggul untuk dipergunakan pada bangunan rumah anda, masing-masing memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda walaupun sama-sama dipergunakan sebagai penutup lantai pada bangunan rumah.

Akan tetapi dari hal tersebut mana yang lebih bagus keduanya memiliki kualitas yang sama baiknya, nah jika anda melihat soal harga dan juga perwatan yang mudah dapat menggunakan lantai keramik untuk disisi lain jika anda melihatnya dari segi tampilan untuk keindahan pada bangunan rumah anda dapat menggunakan lantai kayu. 

Dengan begitu lantai kayu dan lantai keramik memiliki kualitas yang sama baiknya juga memang peruntukannya sendiri sama-sama digunakan sebagai penutup lantai bangunan rumah.

Posting Komentar