Perbandingan lantai kayu dan karpet, mana yang lebih unggul ?...

Perbandingan lantai kayu dan karpet, mana yang lebih unggul ?...

 Penutup lantai di suatu bangunan rumah memiliki ragam jenis yang anda bisa gunakan kita sebut saja salah satu contohnya yaitu lantai kayu dan karpet. Tetapi dari jenis lantai tersebut tahu tidak bahwa lantai kayu dan lantai karpet memiliki perbandingan juga memiliki saling keterikatan.

Bagi anda juga yang bingung akan mempergunakan lantai kayu atau karpet untuk bangunan rumah anda perlu memperhatikan kegunaannya sebab dalam hal penggunaan lantai sendiri digunakan sebagai penutup lantai rumah akan tetapi tidak dipungkiri juga bukan memiliki penutup lantai dengan tampilan yang indah dan juga nyaman digunakan pastinya itu juga yang anda inginkan bukan ?..

Terlepas dari itu kali ini saya akan membahas perbandingan lantai kayu dan karpet, agar anda memahaminya lebih dalam sehingga dapat mempermudahkan bagi anda dalam hal memilih lantai kayu atau lantai karpet untuk dipergunakan pada bangunan rumah anda agar memiliki tampilan hunian yang lebih indah dan lebih nyaman saat dipergunakan.

Oke kita langsung saja ke topik pembahasan utama mengenai perbandingan lantai kayu dan karpet, simak penjelasan sebagai berikut.

➤ Karpet

Karpet hampir setiap bangunan rumah pastinya memiliki karpet untuk digunakan sebagai penamabah interior lantai rumahnya, akan tetapi bahwa karpet juga dapat dipergunakan secara menyeluruh di setiap sudut rungan dengan menggunakan jenisnya sesuai peruntukannya.

Karpet sendiri memiliki ragam jenis dan motif yang dimilikinya, untuk lebih mengenal jenis-jenis lantai karpet, yuk kita simak ulasan sebagai berikut.

Jenis-jenis yang dimiliki karpet dengan kualitas baik.

1. Karpet nilon

Perbandingan lantai kayu dan karpet, mana yang lebih unggul ?...

Karpet nilon memiliki serat yang cukup kuat dan tidak mudah lepas terlebih dalam penggunaannya sendiri memiliki warna yang cukup awet dengan begitu karpet nilon memiliki kualitas yang baik.

Dengan memiliki kualitas yang baik dan tampilan yang menarik karpet nilon dapat dipergunakan di berbagai ruangan dengan disesuaikan warna dan motifnya agar dapat menyesuaikan tema rumah anda untuk memberikan tampilan yang lebih indah.

2. Karpet wol

Perbandingan lantai kayu dan karpet, mana yang lebih unggul ?...

Untuk karpet wol memiliki tekstur permukaan yang lembut itu dapat karena dalam proses pembuatannya menggunakan bahan dasar seperti bulu domba dan rumput.

Karpet wol sendiri terbilang memiliki kualitas yang baik untuk dipergunakan karena menggunakan menggunakan bahan dasar alami dan juga memiliki tampilan yang indah terlebih nyaman saat dipergunakan.

3. Karpet polypropylene

Perbandingan lantai kayu dan karpet, mana yang lebih unggul ?...

Jenis karpet yang memiliki kualitas yang baik, untuk polypropylene merupakan bahan yang memiliki daya tahan terhadap jamur, tahan serangga dan juga tahan lama.

Tidak heran juga penggunaan karpet yang berbahan polypropylene sering sekali dipergunakan untuk kebutuhan rumah dengan memiliki kualitas yang baik.

4. Karpet loop pile

Perbandingan lantai kayu dan karpet, mana yang lebih unggul ?...

Karpet ini salah satu jenis karpet yang banyak juga diminati dan juga karena penggunaannya sendiri digunakan pada area yang luas dan juga area yang sering dilewati karena karpet loop pile menggunakan bahan dasarnya dari gabungan antara nilon, polypropylene, dan wol sehingga menjadikan jenis karpet ini nyaman digunakan terlebih memiliki daya tahan yang baik sehingga dapat dipergunakan juga dalam jangka panjang.

Itulah beberapa jenis-jenis karpet yang memiliki kualitas yang baik, disamping itu juga karpet memiliki nilai keunggulan dan kekurangannya juga yang dimilikinya, seperti.

Keunggulan karpet :
  • Memiliki banyak motif dan warnanya.
  • Mudah dalam proses pemasangannya.
  • Perawatan yang cukup mudah.
  • Memiliki harga yang terjangkau dengan disesuaikan jenisnya.

Kekurangan karpet :
  • Mudah terkena noda terlebih jika terkena tinta akan susah dibersihkan.
  • Rumah bagi para debu.
  • Warna dapat kusam jika tidak dirawat dengan baik dan juga jika sering dibersihkan.

➤ Lantai kayu

Lantai kayu yang mulai saat ini banyak diminati bagi sebagian orang karena memiliki tampilan yang indah dan memiliki ciri khas tersendiri seperti motif dan warna yang cukup beragam.

Tidak hanya disitu juga lantai kayu memiliki beberapa jenisnya dengan disesuaikan peruntukan yang akan dipergunakan pada bangunan rumah. 

Lantai kayu merupakan jenis lantai yang menggunakan bahan dasarnya dari jenis-jenis kayu keras yang berkualitas baik, dari jenis kayu keras tersebut memiliki perbedaan dari segi warna dan motifnya, dengan demikian lantai kayu memiliki ragam jenisnya.

Dalam penggunaan lantai kayu untuk bangunan rumah yang sering sekali dipergunakan yaitu menggunakan jenis parket solid karena memiliki daya tahan yang kuat dan juga jenis lantai kayu yang memiliki kualitas yang paling baik dibandingkan parket laminate dan parket engeered.

Parket solid sendiri memiliki beberapa jenisnya dengan disesuaikan jenis kayunya, berikut beberapa jenis kayu yang diupergunakan sebagai parket solid.

Jenis-jenis yang dimiliki lantai kayu dengan kualitas baik.

1. Parket solid kayu jati

Perbandingan lantai kayu dan karpet, mana yang lebih unggul ?...

Solid kayu jati merupakan jenis lantai kayu yang menggunakan bahan dasarnya dari kayu jati, untuk kayu jati sendiri memiliki tampilan yang indah dengan warna coklat gelap hingga coklat cerah dengan disesuaikan kualitasnya.

Solid jati terbagi menjadi tiga jenis yaitu Grade A, Grade B, dan Grade C dari jenis tersebut yang memiliki kualitas yang paling baik yaitu Grade A karena memiliki warna yang lebih merata dengan lebih dominan coklat gelap selain itu juga memiliki daya tahan yang lebih stabil.

2. Parket solid kayu merbau

Perbandingan lantai kayu dan karpet, mana yang lebih unggul ?...

Parket solid yang satu ini menggunakan bahan dasarnya dari jenis kayu merbau, untuk kayu merbau memiliki daya tahan dan awet yang berkualitas baik terlebih memiliki tampilan warna coklat kemerahan dengan begitu dapat membuat tampilan rungan terkesan mewah dan elegan.

3. Parket solid kayu sonokeling

Perbandingan lantai kayu dan karpet, mana yang lebih unggul ?...

Parket solid dengan menggunakan kayu sonokeling yang memiliki daya tahan dan awet yang berkualitas baik.

Untuk jenis ini bisa dikatakan menarik karena memiliki warna hitam dan corak garis dengan begitu dapat membuat tampilan rumah yang menggunakannya memiliki ciri khas tersendiri.

Disamping itu juga lantai kayu tidak hanya digunakan pada area indoor, ternyata bisa juga dipergunakan pada area outdoor seperti area halaman rumah dan area tepi kolam renang, dengan menggunakan jenis decking yang berbahan dasarnya kayu ulin.

4. Decking kayu ulin

Perbandingan lantai kayu dan karpet, mana yang lebih unggul ?...

Decking kayu ulin merupakan jenis kayu keras yang memiliki tingkat kekerasan dan keawetan yang berkualitas baik sama halnya dengan jenis lantai kayu lainnya, decking ulin juga memiliki tampilan yang indah, nyaman saaat digunakan dan memiliki daya tahan terhadap perubahan cuaca yang buruk sehingga jenis ini memang peruntukannya pada area outdoor.

Selain itu juga decking kayu ulin memiliki ciri fisik pada permukaannya yang memiliki garis-garis gunanya untuk saat memijakan kaki tidak licin karena berada diluar ruangan dengan begitu aman saat anda mempergunakannya.

Dengan memiliki ragam jenis dan kualitas yang baik tidak heran juga bukan, lantai kayu memiliki beberapa keunggulan dan juga kekurangan yang dimilikinya seperti.

Keunggulan yang dimiliki lantai kayu :
  • Memiliki tingkat ketahan dan keawetan yang berkualitas baik.
  • Memiliki ragam jenis motif dan warna yang didapat dari kayunya.
  • Memiliki aroma khas yang didapat dari jenis kayunya.
  • Dapat membuat suasana rumah menjadi hangat.
Kekurangan yang dimiliki lantai kayu :
  • Mudah tergores pada permukaannya jika terkena benda tajam.
  • Butuh perawatan yang khusus agar dapat dipergunakan lama.
  • Warna dapat kusam jika pemakaian sudah lama dan harus di varnish ulang agar tampilannya seperti baru kembali.

Perbandingan lantai kayu dan lantai karpet, mana yang lebih unggul ?...

Perbandingan lantai kayu dan karpet, mana yang lebih unggul ?...

Dari kedua jenis tersebut antara lantai kayu dan karpet dengan memiliki kesamaan mempunyai beberapa jenis dan sama-sama berkualitas baik, Nah bagi anda yang bingung untuk memilih untuk mempergunakannya dan juga mana yang lebih unggul dari keduan jenis tersebut. Sebetulnya balik lagi kepada anda karena disesuaikan dengan selera anda miliki.

Sebab dengan begitu dapat membuat nyaman bagi anda bukan ?.. ya itu karena sesuai dengan keinginan anda dalam memilih jenis lantai yang akan dipergunakan pada bangunan rumah anda.

Oke, disini saya juga akan menjelaskan dari kedua jenis tersebut mengapa harus anda yang memilihnya. Sebetulnya antara lantai kayu dan karpet hampir memiliki keterikatan dalam penggunaannya seperti saat anda mempergunakan lantai kayu agar awet dan terhindar dari goresan yang disebabkan benda-benda tajam, anda dapat menutupinya menggunakan karpet pada bagian tertentu saja.

Dengan begitu lantai rumah anda dapat dipergunakan dalam kurung waktu yang cukup lama dan tidak hanya disitu juga tampilan lantai rumah anda memiliki keindahan tersendiri bahkan terdapat nilai estetikanya. Ada juga keuntungan lain terhadap rumah anda tampil lebih mewah dan elegan dengan memiliki ciri khas tersendiri.