Mengenal bahan finishing kayu yang aman bagi kesehatan

Lantaikayusurabaya.net - Bahan alami finishing kayu yang aman untuk kesehatan. Kita akan bahas bersama karena penting untuk diketahui bahan finishing apa yang digunakan pada lantai kayu Anda,apakah aman bagi kesehatan terutama untuk bayi dan lansia ?



Finishing kayu food grade belakangan ini banyak digunakan sebagai bahan yang aman bagi kesehatan keluarga,terlebih lantai kayu merupakan salah satu elemen rumah yang bersentuhan langsung dengan anggota tubuh.
Salah satu bahan alami untuk finishing kayu alami adalah lilin lebah (Beeswax). Merupakan bahan alami yang dihasilkan oleh lebah madu didalam sarangnya.

Beeswax ini dihasilkan dari lebah penjaga madu,untuk 10 Kg madu dapat menghasilkan 1 Kg lilin. Zat alami ini banyak dicari karena selain untuk finishing lantai kayu,juga digunakan pada industri kosmetik.

Adapun aplikasinya pada media kayu dapat mempertahankan fleksibilitas kayu dan mencegah kayu cepat lapuk. Aman digunakan pada peralatan makan,peralatan dapur berbahan kayu yang bersentuhan langsung dengan makanan.

Manfaat bahan alami untuk finishing kayu
  • Meningkatkan ketahanan substrate atau media terhadap perubahan cuaca.
  • Memperindah dan menajamkan warna kayu. Lantai kayu kusam akan cerah kembali,serat kayu terlihat lebih jelas.
Dengan perawatan rutin akan menambah umur panjang lantai kayu Anda,bahan alami ini bisa meresap kedalam pori-pori kayu yang akan memperindah lapisan kayu.

Langkah-langkah :

  1. Amplas permukaan kayu bersihkan dari kotoran,debu dan minyak. Langkah ini juga dimaksudkan untuk meratakan media kayu agar lebih gampang pada proses berikutnya.
  2. Ratakan bahan finishing alami ini pada seluruh permukaan  kayu menggunakan kain bersih, kemudian diamkan selama kurang lebih 5 menit,kemudian gosok menggunakan kain halus.
Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat.