Macam-macam Lantai Motif kayu | Solid | Laminated | Vinyl

Menutupi lantai dengan corak dari serat kayu merupakan salah satu cara menambah nilai seni pada hunian anda. selain menambah nilai seni menggunakann lantai bercorak kayu atau bermotif kayu merpakan langkah agar rumahmu lebih terlihat alami.

maka wajar jika dinegara-negara maju seperti Amerika dan Jepang penggunaan lantai kayu seperti sudah menjadi kewajiban.

tahukah anda, sebetulnya ada macam-macam jenis lantai motif kayu. bukan hanya dari lantai kayu asli. melainkan ada jenis-jenis bahan lain yang dirancang secara khusus menyerupai lantai kayu sebagai alternatif pengganti lantai kayu.

oleh sebab itu, untuk membantu anda menentukan pilihan dan membantu anda lebih mengenal tentang beragam lantai kayu, mari kita sama-sama membahas macam-macam lantai motif kayu ini.

Pada umumnya, ada 3 jenis lantai motif kayu. yaitu lantai kayu dari kayu asli yang disebut dengan lantai kayu solid, lantai Laminated, dan lantai Vinyl.

Lantai Kayu Solid
lantai kayu jati

lantai kayu bengkirai


Lantai kayu atau lantai parket, atau wooden floor merupakan lantai bermotif kayu yang terbuat dari100% kayu asli. bukan serbuk kayu. lantai kayu ini merupakan jenis lantai motif kayu terbaik dan memiliki kekuatan dan keawetan paling bisa diandalkan dibanding lantai kayu Laminated dan lantai Vinyl.

selain itu, lantai kayu solid khususnya kayu Jati, dan kayu lainnya juga memiliki corak yang berbeda-beda sehingga lebih menarik dilihat dibanding corak/motif buatan.

baca juga : macam-macam kayu yang digunakan untuk lantai kayu

hanya saja, lantai kayu solid memang memiliki harga yang cukup mahal dan jenis paling mahal diantara yang lain. ini wajar karena lantai kayu ini terbuat dari 100% kayu dan kayu yang diolah menjadi lantai kayu tidak sembarang kayu.

Lantai Laminated

Laminated atau lantai kayu Engineer merupakan jenis lantai kayu yang terbuat dari serbuk kayu yang dipres dengan mesin dan teknologi canggih sehingga membentuk lantai yang disebut HDF (high Density Fiber) kemudian bagian atasnya dilapisi dengan Alumunium Oxide partikel sehingga permukaannya lebih kuat dan lebih tahan gores dibanding dengan lantai kayu Solid dan Vinyl.

lantai Laminated / enginner banyak dipilih sebagai pengganti dari kayu solid karena harganya yang cukup terjangkau namun dengan bahan kayu meski bukand ari 100% kayu.

baca : sekilas tentang lantai laminated

Lantai Vinyl

Lantai Vinyl merupakan jenis lantai motif kayu yang terbuat dari dari bahan dasar PVC. tidak menggunakan kayu sama sekali. lantai ini lebih menyerupai karet dari pada kayu. lantai vinyl banyak dipilih karena harganya yang jauh lebih murah dibanding dengan lantai kayu solid dan laminated.

selain itu, lantai ini tidak terpengaruh pada perubahan cuaca, anti jamur, dan anti rayap karena bukan terbuat dari kayu asli.

baca : sekilas tentang lantai Vinyl

dibawah ini gambar perbedaan lantai kayu solid, laminated dan Vinyl
macam-macam lantai motif kayu

gambar paling kiri merupakan gambar lantai kayu solid, kayu solid terlihat berbeda-beda satu sama lain karena memang corak tersebut terjadi secara alami. lantai kayu yang diambil ini adalah jenis parket Jati.

sementara itu, gambar yang ditengah adalah gambar lantai laminated. terlihat pada gambar bahwa corak lantai hanya terletak pada bagian atasnya saja dan bawahnya hanya serbuk kayu.

dan yang terakhir gambar paling kanan adalah gambar lantai Vinyl. vnyl merupakan jenis lantai yang pleskibel, karena berbahan dasar PVC.

itulah perbeedaan lantai solid, Laminated dan Vinyl. semoga dengan adanya penjelasan diatas mampu membuka wawasan anda tentang lantai kayu dan bisa membantu anda dalam menetukan pilihan.

bagi anda yang ingin membeli lantai kayu bisa baca : harga lantai kayu terbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar