Kayu Ulin Penghasil kayu keras dengan Produk Pemanfaatannya

Indonesia merupakan wilayah kepulauan terbesar dan terluas di dunia dengan memiliki 17.000 lebih pulau-pulau yang tersebar dari sabang hingga merauke. Indonesia yang berada di garis khatulistiwa dengan mempunyai iklim tropis yang dimana dapat membuat berbagai macam tumbuhan menjadi subur sehingga menjadikan negara ini mempunyai kekayaan alam yang cukup melimpah contohnya hutan-hutan yang masih terjaga akan kelestariannya.

Selain itu juga Indonesia disebut-sebut sebagai paru-paru dunia dengan mempunyai pulau terbesarnya yaitu Kalimantan. Mengapa demikian ?. karena dari segi hutanya yang masih terjaga kelestariannya ditambah lagi dengan berbagai macam jenis tumbuhan dapat kita temukan disana.

Salah satu jenis tumbuhan yang bisa kita jumpai disana yaitu pohon ulin, atau biasa masyarakat sekitarnya menyebut dengan sebutan si kayu besi. Pohon ulin jenis pohon yang satu ini merupakan jenis tumbuhan penghasil kayu keras.

Mengapa pohon ulin di sebut kayu besi ?. di dapat dari batang kayunya yang memiliki tingkat kekerasan yang sangat baik di bandingkan dengan jenis kayu lainnya sehingga tidak heran jenis tumbuhan yang satu ini kerap di manfaatkan bagi sebagian orang.

Nah, bagi anda yang belum mengetahui jenis tumbuhan yang satu ini ataupun ingin mengetahuinya lebih dalam, apa saja yang terdapat dari pohon ulin. Simak ulasan yang kami berikan dibawah ini.

Pohon ulin jenis penghasil kayu keras

Batang pohon kayu ulin
Pohon ulin merupakan jenis tumbuhan yang termasuk golongan kayu keras yang hampir sama dengan kayu jati, kayu merbau, dan jenis kayu keras lainnya.

Hanya saja dibandingkan dengan jenis kayu keras lainnya, kayu dari pohon ulin memiliki tingkat yang paling tinggi, dapat di lihat dari segi daya tahan dan juga keawetannya, tidak heran jenis yang satu ini di juluki sebagai si kayu besi bukan.

Pohon ulin tidak hanya tumbuh di daerah kalimantan saja, melainkan tersebar juga di salah satu daerah Provinsi Sulawesi. Memang ada yang mengatakan hasil dari olahan kayu ulin dari kedua daerah tersebut mempunyai perbedaan, namun walaupun memiliki perbedaan seperti sebutan jika tetap dilihat dari segi kualitas tidak diragukan lagi.

Bagi masyarakat setempat khususnya daerah kalimantan, sering mempergunakan hasil dari pohon ulin sebagai bahan baku material rumah, sebab di percaya kayunya dapat dipergunakan hingga puluhan tahun lamanya.


Disamping itu juga pohon yang satu ini jika di sisir dari batang pohon hingga buahnya dapat dimanfaatkan berbagai macam tujuan.

Agar mengenal lebih dekat dengan pohon ulin yang pastinya masih banyak pertanyaan, yuk kita simak penjelasan yang satu ini.

Mengenal pohon ulin

Pohon ulin memiliki batang kayu yang lurus dengan tajuk yang berbentuk bulat dan rapat. dengan memiliki tinggi pohon sekitar 50 meter dan berdiameter 120 cm.  Pohon ulin umumnya tumbuh di ketinggian sekitar 500-600 mdpl.

Disamping itu pohon ulin mempunyai tingkat kekerasan kelas I yang menjadikan pohon ini kuat dalam segala hal untuk dipergunakan, dan juga memiliki tingkat keawetan kelas I, sehingga tidak di pungkiri lagi akan keunggulan yang dimilikinya bahkan dapat dipergunakan puluhan tahun lamanya.

Untuk kayu ulin dapat kita ketahui lebih jelas jika dilihat dari warnanya yaitu coklat gelap yang terkesan kokoh dan juga memiliki bobot yang lebih berat di bandingkan dengan jenis kayu jati.

Selain itu juga pohon ulin terdapat manfaat bagi kesehatan manusia yang didapat dari buahnya. Buah ulin memiliki manfaat seperti dapat mengobati bengkak dan menghitamkan rambut.

Adapun cara proses pengolahannya untuk dijadikan obat kesehatan yaitu pertama buah ulin harus dikeringkan terlebih dahulu setelah itu dicampurkan dengan minyak kelapa barulah dapat dipergunakan untuk mengobati bengkak dan menghitamkan rambut bahkan dapat mencegah tumbuhnya uban pada rambut.

Banyak yang mempergunakan obat tersebut terutama di daerah kalimantan yang biasa mempergunakan buah ulin sebagai bahan campuran obat karena memiliki banyak khasiatnya.

Adapun kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada kayu ulin 

Seperti yang sudah kita ketahui dari penjelasan sebelumnya bahwa kayu ulin memiliki banyak manfaatnya, akan tetapi tidak dipungkiri juga terdapat kelebihan dan kekurangan dari kayu ulin, seperti.

Kelebihan yang terdapat dari kayu ulin :

  • Dengan tingkat kekerasan dan keawetannya kelas I, sehingga dalam berbagai olahan pemanfaatan dapat dipergunakan hingga puluhan tahun lamanya.
  • Mempunyai daya tahan dari serangga seperti rayap.
  • Dapat dipergunakan dalam kondisi cuaca apa pun.
  • Memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.
Kekurangan yang terdapat dari kayu ulin :

Kayu ulin sebenarnya hampir tidak mempunyai kekurangan, itulah mengapa jenis ini di sebut sebagai kayu besi dan memiliki tingkat yang paling tinggi diantara jenis kayu keras lainnya, hanya saja jika dilihat dari segi harganya terbilang cukup tinggi selain kualitas yang dimilikinya disebabkan oleh populasi di alam mulai berkurang di tambah lagi pertumbuhan pohon ulin cukup lambat sehingga mulai susah untuk didapat.

Namun dengan populasi di alam yang mulai berkurang sehingga sampai-sampai pemerintah turun tangan dalam mengahadapi hal ini, karena banyak hasil yang dapat dimanfaatkan dari kayunya yang menjadikan berbagai cara dilakukan agar menjaga kelestarian pohon ulin di alam seperti salah satu contohnya yaitu menanam bibit pohon ulin.

Terlepas dari apa yang sudah dibahas mengenai pohon ulin, lalu pemanfaatan apa saja yang di hasilkan dari olahan kayu ulin ?.

Pemanfaatan yang di hasilkan dari kayu ulin 

pemanfaatan kayu ulin

Dalam pemanfaatan kayu ulin, sebenarnya sudah banyak dirasakan dari hasil olahan kayunya terutama bagi masyarakat Indonesia. Seperti contohnya yaitu :

Sebagai bahan baku kontruksi

Kayu ulin dapat dipergunakan sebagai bahan baku kontruksi, mungkin jika anda memperhatikan seperti jembatan, bantalan rel kereta, pondasi bangunan dan lain sebagainya yang menggunakan bahan dasarnya kayu. Salah satu penggunaan kayunya berasal dari kayu ulin.

Mengapa hal itu terjadi ?..

Para ahli yang sudah meneliti akan daya tahan yang dimiliki kayu ulin, terdapat hampir semua bagian mempunyai kerapatan dan stabilitas yang paling stabil di bandingkan dengan jenis kayu lainnya, sehingga dengan begitu tidak diherankan dalam penggunaan dari kayu ulin dapat bertahan cukup lama bahkan hingga puluhan tahun lamanya.

Sebagai penutup lantai

pemanfaatan kayu ulin

Hasil dari pohon ulin yang di manfaatkan kayunya karena memiliki daya tahan sangat kuat menjadikan jenis kayu ini dapat diolah menjadi penutup lantai atau lebih tepatnya lantai kayu.

Berbicara lantai kayu seperti yang kita ketahui bahwa lantai kayu terbagi dalam dua penempatan yaitu indoor dan outdoor.


Untuk kayu ulin yang digunakan sebagai lantai kayu outdoor dengan nama jenisnya yaitu decking kayu ulin, yang dimana hal ini menjadi prioritas kayu yang terbaik dalam penggunaan lantai kayu outdoor.

produk decking kayu ulin
Kenapa yang terbaik ?...

Sebab decking kayu yang menggunakan kayu ulin hampir tidak mempunyai kekurangannya, bahkan dalam penerapannya dapat di tempatkan di berbagai macam lingkungan.

Dengan sifatnya yang mampu bertahan dari perubahan cuaca yang buruk, tahan paparan sinar matahari, tahan dari rayap, dan lain sebagainya sehingga decking kayu ini memang disebut-sebut sebagai decking kayu yang berkualitas paling baik.

Dalam penerapan decking kayu ulin banyak cara yang bisa anda aplikasikan dari bagian halaman rumah, teras rumah, area tepi kolam renang, dan lain sebagainya.

Decking ulin mampu menyesuikan berbagai tempat dengan perpaduan waran dan motif yang dimilikinya menjadi bangunan yang menggunakan olahan lantai terkesan lebih mewah dan elegan.

Bagi anda yang ingin tampilan rumahnya mempunyai lantai kayu berjenis decking kayu ulin. Anda tidak perlu hawatir dalam mencarinya sebab disini Toko Lantai Kayu Surabaya dapat membantu anda dalam hal ini.

Toko Lantai Kayu Surabaya tidak hanya menyediakan decking kayu ulin saja, melainkan menyediakan peroduk lainnya yang dapat membuat tampilan rumah anda terlihat lebih sempurna, bahkan kami juga menyediakan jasa pemasangan dengan dibekali tenaga profesional yang sudah banyak pengalaman dalam hal ini.

Kami juga menyediakan secara gratis bagi anda yang ingin berkonsultasi terlebih dahulu atau juga ingin memesannya secara langsung dapat menghubungi dengan nomor 08122042004