Produk Lantai Kayu Sonokeling

Produk Lantai Kayu Sonokeling

Membangun sebuah rumah pastinya impian bagi setiap orang terlebih jika tampilannya terdapat keindahan tersendiri dan disaat mempergunakannya dapat membuat nyaman bagi anda itulah cita-cita dalam membangun sebuah rumah bukan ?.

Oleh sebab itu bagi anda yang ingin membangun sebuah hunian serperti itu. Perlu diperhatikan dalam penggunaan bahan bakunya, seperti salah satu contohnya dalam penggunaan bahan baku penutup lantai.

Untuk bahan baku penutup lantai sendiri tentunya memiliki ragam jenis dan dibedakan dari bahan dasar yang dipergunakan dalam pembuatannya, seperti jenis lantai kayu yang menggunakan bahan dasarnya terbuat dari kayu. 

Jenis lantai yang satu ini mungkin terdengar sudah tidak asing lagi bukan. Ya, sebab lantai kayu kini menjadi tren dalam penggunaan untuk menambah hiasan interior rumah dengan beragam motif-motif kayu yang dimiliki pada permukaannya.

Perlu anda ketahui ternyata terdapat jenis lantai kayu dengan memiliki tampilan corak dan warna bernilai seni tinggi, memang hampir semua jenis-jenis lantai kayu terdapat nilai seninya namun untuk jenis yang satu ini bisa dikatakan cukup menarik bahkan memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan jenis lantai kayu lainnya, yaitu jenis lantai kayu sonokeling.

Lantai kayu sonokeling ini disebut-sebut memiliki kualitas yang hampir setara dengan lantai kayu jati sehingga menjadikan jenis yang satu ini mulai banyak dilirik dalam kebutuhan penggunaan sebagai penutup lantai rumah.

Baca juga : Harga Lantai Kayu Jati

Produk Lantai Kayu Sonokeling

Dalam penggunaannya lantai kayu sonokeling sangat cocok bagi bangunan dengan tampilan rumah yang bertemakan gelap sehingga menghasilkan tampilan yang elegan.

Dengan demikian hasil dari penggunaan lantai kayu sonokeling dapat menjadikan bangunan rumah terkesan artistik juga elegan.

Apalagi bagi anda yang menyukai atau memiliki selera warna tersebut akan merasa pas dan cocok dalam penggunaannya.

Tahukah anda bahwa untuk kayu sonokeling ini mulai susah untuk dijumpai dengan demikian pula pastinya memiliki harga yang cukup tinggi, agar lebih jelasnya lagi mari kita simak penjelasan yang satu ini.

Produk Lantai Kayu Sonokeling 

Sebenarnya banyak produk yang di hasilkan dari kayu sonokeling yaitu salah satu contohnya yang tadi sudah dibahas untuk digunakan sebagai penutup lantai bangunan yaitu produk lantai kayu.

Untuk produk lantai kayu yang dihasilkan dari kayu sonokeling terdapat dua jenis yaitu parquet dan flooring.

Dari kedua jenis tersebut merupakan kategori lantai kayu solid yaitu dimana dalam pengunaan bahan dasarnya mengambil langsung dari kayu sonokeling tanpa ada bahan campuran lain sehingga menjadikan produk tersebut memiliki daya tahan yang kuat dan dapat dipergunakan jangka panjang

Untuk membedakan mana parquet dan mana flooring, anda cukup melihatnya dari segi ukurannya. Jenis parquet pada umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil dan harga yang lebih terjangkau dibandingkan jenis flooring.

Namun dalam sisi penggunannya mempunyai kesamaan sebagai penutup lantai rumah, terlebih kualitas yang dimilikinya pun sama-sama berkualitas baik.

Akan tetapi apakah anda sudah mengetahui jenis kayu yang satu ini, nah bagi anda yang belum mengetahui apa itu kayu sonokeling yuk kita cari tahu, simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Kayu Sonokeling ?.....


Produk Lantai Kayu Sonokeling
Kayu sonokeling adalah jenis kayu keras yang dapat ditemukan didaerah hutan-hutan Jawa dengan ciri-ciri memiliki tinggi pohon yaitu 20-40 meter dan dapat tumbuh dengan baik jika tumbuh pada ketinggian 600 mdpl dengan curah hujan 750-5000 mm/tahun.

Dalam ketegorinya sendiri kayu sonokeling termasuk penghasil kayu keras dengan demikian jenis kayu yang satu ini sudah dipastikan tidak kalah hebatnya dengan jenis-jenis kayu keras lainnya.

Untuk karakteristiknya sendiri kayu sonokeling memiliki warna yang lebih didominasi oleh warna hitam serta coklat pada bagian lainnya terlebih terdapat motif garis lurus bergelombang.

Khususnya bagi para pengrajin kayu tidak akan melewatkan hasil olahan dari jenis pohon yang satu ini dalam berbagai pemanfaatannya.

Akan tetapi menurut data survei IUCN Redlist kayu sonokeling cenderung mengalami penurunan di habitannya.

Sebab dalam penggunaanya sering sekali dimanfaatkan dengan berbagai macam olahan kebutuhan baik sebagai bahan dasar pembuatan furniture maupun sebagai bahan baku kontruksi. 

Sehingga dengan kebutuhan yang meningkat keberadaan di alam mulai mengalami penurunan terlebih dalam membudidayakan pun sulit dilakukan.

Oleh sebab itulah pohon sonokeling mungkin bisa dikatakan terancam akan habitatnya namun untuk saat ini perhutani tidak diam saja dan mengambil langkah-langkah salah satunya dengan membudidayakan pohon sonokeling dengan cara diperoleh setelah penebangan yang nantinya tumbuh tunas-tunas baru, lalu diambil untuk menuju proses pembudidayaan agar tetap terjaga kelestariannya.

Terlepas dari apa yang sudah dibahas tadi, adapun keunggulan yang terdapat dari kayu sonokeling yaitu seperti :

  • Terdapat nilai seni yang di hasilkan dari motif dan warna pada kayu sonokeling.
  • Kayu sonokeling tidak mudah retak dan patah sehingga sering dimanfaatkan berbagai macam olahan kayu.
  • Gubal kayu sonokeling jika dalam kondisi kering dapat bertahan dari serangga seperti rayap dan juga tahan dari tumbuhnya jamur.

  • Daya tahan yang berkualitas baik sehingga hasil olahan dari kayu sonokeling dapat dipergunakan jangka panjang.

Dengan demikian kayu sonokeling menjadi salah satu jenis kayu yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi akan hasil dari kayu tersebut.

Manfaat yang di hasilkan dari kayu sonokeling

kayu sonokeling

Dalam pemanfaatan kayu sonokeling sebenarnya banyak manfaat yang dihasilkan dari kayu tersebut dengan berbagai kebutuhan olahan salah satunya seperti :

1. Penggunaan Mebel

Dengan teksturnya yang keras sehingga kayu sonokeling kerap sekali dipergunakan sebagai bahan baku pembuatan mebel seperti meja, lemari, kursi, dan lain sebagainya.

Karena motif dan keindahannya yang dimiliki kayu sonokeling menjadi daya tarik tersendiri untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku mebel.

2. Bahan pembuatan alat musik

Kayu sonokeling dapat dipergunakan sebagai bahan baku pembuatan alat-alat musik seperti gitar, piano, dan lain sebagainya.

Sebab dipercaya dari hasil penggunaan kayu sonokeling mempunyai hasil suara yang baik selain itu juga karena corak yang indah sehingga tidak dilewatkan bagi para pengrajin dan pabrikan dipergunakan sebagai olahan bahan dasar pembuatan alat musik.

3. Digunakan sebagai kerajinan tangan

Selain penggunaan mebel dan pembuatan alat musik ternyata beberapa dari hasil potongan-potongan kecil kayunya dapat juga di olah untuk di jadikan beberapa kerajinan tangan seperti hiasan patung, jam tangan, pipa rokok, gagang kacamata, dan lain sebagainya.

Sehingga dari hasil sisa olahan kayu sonokeling tidak terbuang sia-sia bahkan masih dapat dimanfaatkan berbagai kereasi kerajinan tangan.

4. Sebagai bahan dasar pembuatan lantai kayu

Dengan seiringnya waktu dan dilengkapi teknologi yang memadai kayu sonokeling dapat di olah sebagai bahan dasar pembuatan lantai kayu. Salah satu pabrikan dalam pembuatan lantai kayu yaitu perusahaan Lantai Kayu Surabaya yang tidak melewatkan jenis kayu yang satu ini untuk dimanfaatkan sebagai olahan lantai kayu seperti dijadikan parquet dan flooring.

Agar lebih jelasnya lagi mengenai olahan lantai kayu sonokeling yang dimiliki Lantai Kayu Surabaya, ikuti terus penjelasan yang kami berikan kepada anda. Ini dia spesifikasi dan daftar harga produk lantai kayu sonokeling, berikut ulasanya.

Spesifikasi dan harga produk lantai kayu sonokeling

Perusahaan Lantai Kayu Surabaya merupakan penyedia dan pemasangan lantai kayu yang sudah berpengalaman cukup lama sehingga dalama pengerjaannya dapat memberikan hasil yang sempurna pada bangunan rumah. Oke kita langsung saja salah satu produk yang dimiliki lantai kayu surabaya yaitu lantai kayu sonokeling dengan keindahan dan tampilan yang elegan, berikut penjelasannya.

Parquet kayu sonokenling

Produk Lantai Kayu Sonokeling
Parquet sonokeling, dimana lantai kayu sonokeling ini memiliki warna hitam terang sempurna dengan serat yang unik.

Parquet sonokeling memiliki ukuran dengan ketebalan 1,2 cm, lebar 4,5 cm, dan panjang 19-30 cm.

Untuk parquet sonokeling ini bisa anda miliki dengan dibandrol harga Rp. 220.000.
Dalam penggunaan parquet ini dapat memberikan tampilan rumah anda jauh lebih indah dari yang sebelumnya asalkan sesuai dengan peruntukannya.

Flooring kayu sonokeling

Produk Lantai Kayu Sonokeling
Flooring Sonokeling Grade B, dengan spesifiksai warna hitam sekitar 80% dan ada polet putih di kisaran 20%. inilah yang menjadikan tampilannya elegan.

Flooring sonokeling memiliki ukuran dengan tebal 1,5 cm, lebar 9 cm, dan panjang 30-90 cm.

Dengan harga yang dimilikinya yaitu Rp. 430.000

Itulah olahan lantai kayu dari yang dihasilkan kayu sonokeling. Dengan tampilan sampel nya saja sudah terlihat elegan dan unik dan tentunya didalam benak pikiran anda pasti sudah membayangkan bagaimana bagus dan menarikanya apabila lantai kayu sonokeling ini dipasang sebagai penutup lantai rumah anda. 

Bagi anda yang berminat untuk mempergunakan lantai kayu sonokeling atau jenis olahan lantai kayu lainnya yang dapat anda temukan di Lantai Layu Surabaya. Anda dapat menghubungi team marketing kami dengan nomer 08122042004